Kesehatan Seksual

11 Makanan yang Dipercaya Bisa Mengatasi Ejakulasi Dini

August 14, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mencapai klimaks sebelum waktunya merupakan hal yang sangat dihindari oleh setiap pasangan dalam berhubungan seks. Hal tersebut bisa membuat hubungan seks menjadi hal yang tidak memuaskan.

Namun, dipercaya ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengatasi ejakulasi dini. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalamnya. Apa saja, ya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu ejakulasi dini?

Ejakulasi dini adalah ketidakmampuan seorang pria untuk mengontrol ejakulasi selama berhubungan seksual. Ejakulasi terjadi lebih cepat dari yang pasangan inginkan.

Meskipun tidak berbahaya, namun hal ini bisa menyebabkan pasangan merasa malu dan kehilangan harga diri. Disfungsi seksual ini umumnya terjadi jika seorang pria sedang mengalami kecemasan berlebihan, depresi, ketidakseimbangan hormon, atau sedang mengalami cedera.

Penyebab ejakulasi dini

Penyebab ejakulasi dini juga ternyata bisa dari berbagai faktor, seperti:

Faktor psikologis

Pada faktor psikologis, ejakulasi dini bisa terjadi karena:

  • Tidak berpengalaman dalam hal seksual
  • Memiliki masalah citra tubuh
  • Terlalu bersemangat
  • Stress atau depresi
  • Pengalaman traumatis yang berhubunngan dengan seks

Faktor medis

Pada faktor medis, ejakulasi dini bisa terjadi karena:

  • Diabetes
  • Penyakit prostat
  • Masalah tiroid
  • Konsumsi obat-obatan
  • Alkohol yang berlebihan

Makanan yang dipercaya bisa menangani ejakulasi dini

Beberapa makanan bisa menjadi solusi untuk mengobati ejakulasi dini karena kandungan di dalamnya, jenis-jenis makanan tersebut meliputi:

1. Asparagus

Asparagus penuh dengan vitamin A dalam jumlah yang tinggi dan bisa mengatur testosteron. Tidak hanya itu, asparagus juga kaya akan vitamin C yang diketahui bisa meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan tekanan darah.

Maka dari itu, mengonsumsi asparagus dapat membantu kamu untuk mengontrol fungsi otot penis dengan cara yang lebih baik.

2. Wortel

Wortel mengandung antioksidan dan beta-karoten, yang bisa meningkatkan aliran darah ke alat kelamin selama berhubungan seks.

Kamu juga mencampur wortel yang sudah direbus dengan madu dan telur untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Oatmeal

Kadar testosteron dalam aliran darah bisa meningkat jika kamu rutin mengonsumsi oatmeal. Tidak hanya itu, oatmeal juga efektif untuk menbuat otot-otot penis lebih rileks.

4. Semangka

Semangka mengandung fitonurien yang disebut citrulline, yang bisa membantu meningkatkan libido dan mengatasi ejakulasi dini. Selain bisa dikonsumsi langsung, semangka juga bisa kamu jadikan sebagai campuran salad untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Jahe dan madu

Jahe dan madu dianggap sebagai salah satu jenis makanan afrodisiak, yang dapat meningkatkan libido dan energi. Untuk mendapatkan manfaat jahe, kamu bisa memarut dan menambahkan dalam berbagai jenis masakan.

6. Daun bawang

Daun bawang juga bersifat afrodisiak dan dapat membantu mengurangi gejala ejakulasi dini. Tidak hanya itu, mengonsumsi daun bawang juga bisa meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang tinggi. Allicin merupakan salah satu komponen yang dapat membantu meningkatkan dorongan seksual pada pria.

Bahan yang sering dijadikan sebagai bumbu masak ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Hal tersebut bisa membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kemungkinan kamu untuk mengalami ejakulasi dini.

8. Pisang

Memiliki kandungan yang kaya akan kalium, pisang bisa membantu tubuh dalam mengatur aliran darah. Buah ini juga mengandung enzim yang dikenal sebagai bromelain.

Bromelain sendiri dapat membantu libido meningkat dan mengurangi kemungkinan kamu untuk ejakulasi dini. Makan pisang secara teratur tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan stamina dan kadar testosteron, bahkan bisa meningkatkan jumlah sperma.

9. Alpukat

Buah alpukat dikenal sangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena buah berwarna hijau ini kaya akan vitamin dan bisa membantu mengatur aliran darah dalam tubuh.

Alpukat juga mengandung banyak lemak sehat dan asam folat, sehingga membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

10. Tiram

Tiram memiliki zat yang bisa merangsang libido atau yang biasa disebut dengan afrodisiak. Jenis makanan seafood ini juga kaya akan nutrisi dan seng yang tinggi.

Manfaatnya tak cuma dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga dikenal dapat mengurangi ejakulasi dini dan membantu mengatasi disfungsi ereksi.

11. Ikan

Ikan diketahui kaya akan asam lemak dan omega-3, yang dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan. Kedua masalah tersebut merupakan salah satu penyebab disfungsi ereksi.

Selain itu, mereka juga memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu memperlancar aliran darah. Ikan yang kaya akan asam lemak dan omega-3 adalah, salmon, makarel, dan tuna.

Baca juga: Mau Tahu Apa Saja Mitos vs Fakta tentang Aseksual? Simak Ulasan Lengkapnya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Thehealthsite.com (2018). Diakses pada 13 Agustus 2020. Want to stop premature ejaculation? Eat these foods
  2. Alphaenroute.com (2019). Diakses pada 13 Agustus 2020. TOP 10 FOODS TO CURE PREMATURE EJACULATION
    register-docotr