Kesehatan Seksual

Jangan Terlalu Sering, Ini Bahaya Pakai Tisu Magic!

September 7, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Berhubungan seks tentu menjadi hal penting bagi suami dan istri agar hubungan tetap romantis dan juga harmonis. Tahukah kamu tisu magic banyak digunakan para pria agar lebih kuat di atas ranjang? Tak hanya itu, ternyata ini manfaat lain dari tisu magic.

Apa itu tisu magic? 

Bagi kamu yang belum tahu, tisu magic adalah tisu basah yang sering digunakan untuk mencegah ejakulasi dini pada pria. Cara kerja dari tisu magic ini dengan membuat penis mati rasa.

Oleh sebab itu, para pemakai tisu magic ini tidak akan merasakan sensasi penetrasi saat melakukan hubungan seks. 

Cara menggunakan tisu magic

Ketika kamu ingin menggunakan tisu magic ini, caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan tisu ke bagian penis dengan perlahan dan pastikan merata. Kemudian, biarkan cairan dari tisu magic itu mengering dengan sendirinya. 

Pada umumnya proses agar air dari tisu magic mengering membutuhkan waktu sekitar 5-15 menit. Saat akan penetrasi, cuci penis yang telah diolesi tisu magic dengan air hangat terlebih dahulu ya. 

Kandungan tisu magic

Sebelum menggunakan tisu magic, ada baiknya kamu lebih teliti kembali terkait dengan kandungan di dalam produk ini yang sudah dijelaskan pada bagian kemasan. Berikut beberapa kandungannya: 

  • Ethyl alcohol atau etanol
  • Polyethylene oxide
  • Benzalkonium chloride
  • Parfum

Kandungan lain yang terdapat dalam tisu magic yaitu ekstrak lidah buaya. Manfaat dari kandungan bahan alami tersebut untuk melembutkan kulit dan kandungan lainnya berupa triclosan dan cocamidoproply betaine

Bahaya kandungan tisu magic

Walaupun tidak ada jaminan bahwa tisu magic ini berbahaya, disarankan sebaiknya juga tidak terlalu sering menggunakannya. Sebenarnya tisu magic ini sama halnya dengan obat lain.

Berbagai zat yang terkandung dalam tisu magic pun dapat menimbulkan efek samping, termasuk alergi dan iritasi kulit. Berikut ini adalah beberapa efek samping dari kandungan tisu magic. 

1. Triclosan

Kandungan triclosan di dalam tisu magic ditemukan dapat membuat kulit rentan rusak karena alergi dan iritasi, serta membuat bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik.

2. Benzalkonium chloride

Ketika terlalu sering menggunakan tisu magic dapat membuat penis mengalami ruam, pembengkakan, dan iritasi kulit yang parah. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan zat benzalkonium chloride

3. Ethyl alcohol

Kandungan alkohol yang terlalu banyak di dalam tisu magic dapat membuat kulit iritasi. 

Zat yang sering digunakan dalam produk perawatan luka ini dapat menimbulkan keluhan berupa rasa perih dan menyengat pada kulit.

4. Parfum

Kamu perlu waspada bahwa kandungan parfum dalam tisu magic ini tidak hanya berbahaya ketika terserap pada kulit, melainkan juga saat aromanya dihirup. Parfum juga diketahui merupakan salah satu penyebab utama dermatitis kontak.

Sangat disarankan untukmu, sebelum menggunakan tisu magic sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal itu dilakukan untuk mengurangi risiko munculnya efek samping yang parah. 

Efek samping tisu magic

Tisu magic sering digunakan karena terbukti efektif dan membuat hubungan seks semakin romantis. Hal itu juga berdampak bagi keharmonisan hubungan saat berada di atas ranjang. 

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa efek samping menggunakan tisu magic tidak hanya bagi pria saja, tetapi juga bagi perempuan. Berikut ini beberapa efek samping dari menggunakan tisu magic:

1. Kepekaan penis menurun

Telah dijelaskan di atas bahwa, ketika menggunakan tisu magic penis akan lebih kebal dengan berbagai rasa. Lebih parahnya kamu juga bisa mengalami mati rasa dan membuat pria menjadi lebih tahan lama di ranjang. Hal itulah yang membuat kepekaan penis menjadi menurun.

2. Membuat iritasi vagina 

Lebih bahayanya jika kamu menggunakan tisu magic secara terus-menerus, malah akan membahayakan pasanganmu juga.

Ketika kamu menggunakan produk ini, tentu saja kepekaan pada penis berkurang, dan membuat pria membutuhkan gesekan yang lebih kuat untuk merasakan kepekaan saat penetrasi. Sehingga dapat meningkatkan potensi penis menjadi lecet dan iritasi pada dinding-dinding vagina.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr