Kesehatan Seksual

Ketahui Cara Meningkatkan Libido Rendah untuk Kehidupan Seks Menjadi Lebih Baik

July 8, 2020 | Husni Efendi
feature image

Kamu merasa memiliki libido rendah, dan ingin meningkatkan kehidupan seks menjadi lebih baik? Ada beberapa cara meningkatkan libido yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari, simak yuk!

Libido rendah atau menurun menggambarkan penurunan minat dalam aktivitas seksual. Tingkat libido sesungguhnya bisa naik turun alias bervariasi sepanjang hidup, dan ini merupakan masalah umum yang memengaruhi banyak pria dan wanita.

Baca Juga: Kenali Mastitis Payudara: Infeksi Jaringan Payudara pada Ibu Menyusui dan Cara Mencegahnya

Cara meningkatkan libido secara natural dengan perubahan gaya hidup

Libido rendah kerap dikaitkan dengan masalah hubungan, stres, hingga kelelahan, namun dapat juga menjadi tanda masalah medis tertentu.

Kamu bisa menerapkan cara meningkatkan libido secara natural dengan beberapa penyesuaian pada gaya hidup, atau perawatan di rumah, sebagai berikut:

Olahraga teratur

Sebuah studi pada 2015 tentang pria yang menjalani terapi kekurangan androgen, yang menurunkan kadar testosteron. Diketahui bahwa olahraga teratur dapat membantu pria mengatasi masalah, seperti masalah citra tubuh, libido rendah, dan perubahan hubungan.

Cara meningkatkan libido dengan mempertahankan berat badan sehat

Cara meningkatkan libido salah satunya dengan mencegah obesitas. Beberapa riset menghubungkan antara kelebihan berat badan dan obesitas dengan dorongan seks rendah, bersama dengan faktor-faktor lain terkait berkurangnya kesuburan.

Beberapa orang yang kelebihan berat badan mungkin juga mengalami efek psikologis, seperti rasa percaya diri lebih rendah. Mempertahankan berat badan sehat dipercaya dapat meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis.

Berhenti merokok

Merokok dapat berdampak negatif pada sistem kardiovaskular. Kesehatan jantung yang baik tentunya penting untuk fungsi seksual yang baik. Orang yang merokok dipercaya akan menemukan tingkat energi dan dorongan seksualnya lebih meningkat, setelah mereka berhenti merokok.

Periksa obat

Lihatlah lemari obat kamu, bisa jadi obat-obatan kamu ada di belakang menurunnya libido.

Selain pil KB, beberapa obat termasuk obat tekanan darah tinggi, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), kecemasan, dan depresi, bisa jadi beberapa obat yang memberikan efek samping, dan kamu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Makan bersih (clean eating) sebagai cara meningkatkan libido

Sebuah penelitian menemukan hubungan antara kolesterol tinggi dan wanita yang sulit dengan gairah dan orgasme.

Ketika kolesterol menumpuk di arteri, biasanya membuat darah lebih sulit mengalir ke daerah panggul, yang menyebabkan sensasi lebih sedikit terasa, sehingga sulit orgasme. Kurangi kadar kolesterol dalam makanan kamu, dan lebih banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Mengonsumsi afrodisiak

Tahukah kamu cara meningkatkan libido yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu? Ya, buah ara, pisang, dan alpukat, misalnya, dianggap sebagai makanan peningkat libido, yang dikenal sebagai afrodisiak.

Makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan meningkatkan kehidupan seks yang sehat.

Kamu juga bisa mengonsumsi cokelat, yang dipercaya menjadi simbol gairah. Menurut sebuah penelitian, cokelat mempromosikan pelepasan phenylethylamine dan serotonin ke dalam tubuh, yang mana dapat menghasilkan efek afrodisiak dan peningkatan suasana hati.

Cara meningkatkan libido dengan mengonsumsi rempah

Saat makan malam, kamu bisa menambahkan sedikit kemangi atau bawang putih ke hidangan. Bau kemangi dapat merangsang indera, dan bawang putih mengandung kadar allicin tinggi dan meningkatkan aliran darah, dan efek ini dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi.

Ginkgo biloba, ekstrak yang berasal dari daun pohon ginkgo Cina, juga adalah ramuan lain yang dipercaya bisa mengobati disfungsi seksual yang diinduksi antidepresan.

Luangkan waktu untuk meditasi dan hilangkan stres

Meski kamu secara fisik merasa sehat, namun pikiran yang terganggu alias stres akan memengaruhi gairah seks. Wanita rentan terhadap efek stres dalam kehidupan seks. Di sisi lain, pria kadang menggunakan seks untuk menghilangkan stres.

Terkadang perbedaan dalam pendekatan seks ini dapat menyebabkan konflik. Untuk menghilangkan stres, kamu bisa berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, berlatih tai chi, hingga mengikuti kelas yoga.

Pertimbangkan akupunktur sebagai cara meningkatkan libido

Praktik akupunktur Tiongkok kuno, di mana seorang praktisi menempatkan jarum secara strategis di tubuh, juga dapat meningkatkan kehidupan seks kamu. Menyeimbangkan dan merilekskan tubuh dengan akupunktur telah lama digunakan untuk meningkatkan libido.

Kualitas tidur baik

Jangan disepelekan, tidur ternyata merupakan cara meningkatkan libido yang efektif. Tidur nyenyak dapat meningkatkan suasana hati dan energi secara keseluruhan.

Beberapa penelitian juga mengaitkan kualitas tidur dengan libido. Sebuah studi pada wanita menunjukkan bahwa tidur lebih banyak di malam hari, meningkatkan hasrat seksual mereka pada hari berikutnya.

Jaga hubungan tetap terkendali

Setelah bertengkar dengan pasangan, kemungkinan kamu tidak ingin berhubungan seks. Bagi wanita, kedekatan emosional penting untuk keintiman seksual.

Ini berarti konflik yang tidak terselesaikan dapat memengaruhi hubungan seksual. Maka dari itu, komunikasi sangat penting untuk membangun kepercayaan.

Bacaa Juga: Jangan Terlewat, Ini Daftar Imunisasi untuk Dewasa yang Perlu Dilakukan

Cara meningkatkan libido dengan obat medis dan terapi

Selain cara meningkatkan libido secara natural dan gaya hidup, berikut ini adalah cara meningkatkan libido melalui obat dan terapi, sebagai berikut:

Obat-obatan medis

Cara meningkatkan libido
Cara meningkatkan libido. Sumber foto: www.forbes.com

Dokter biasanya meninjau obat apa yang sudah kamu pakai, untuk melihat apakah ada di antara obat tersebut yang cenderung menyebabkan efek samping secara seksual. Misalnya, antidepresan, seperti paroxetine (Paxil) dan fluoxetine (Prozac, Sarafem), diketahui menurunkan gairah seks.

Beralih ke jenis obat antidepresan lain seperti bupropion (Wellbutrin SR, Wellbutrin XL), dipercaya bisa meningkatkan gairah seks. Beberapa obat untuk meningkatkan libido di antaranya Flibanserin (Addyi), Bremelanotide (Vyleesi), jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter.

Konseling seks

Cara meningkatkan libido yaitu dengan mencari apa akar permasalahannya. Berbicara dengan terapis seks atau konselor masalah seksual juga dapat membantu terkait dorongan seks rendah. Terapi biasanya mencakup pendidikan tentang respons dan teknik seksual.

Konseling pasangan juga akan membahas masalah hubungan, dan membantu meningkatkan perasaan keintiman dan keinginan.

Terapi hormon

Terapi hormon juga mungkin dilakukan untuk meningkatkan libido. Beberapa terapi hormon meliputi terapi estrogen, testosteron, prasterone (intrarosa), hingga ospemifene (osphena), dan kamu perlu berkonsultasi dengan dokter lebih jauh mengenai hal ini.

Terapi psikologis

Dalam banyak kasus, libido rendah menunjukkan keadaan psikologis tertentu, oleh karena itu terapi psikologis kerap juga disarankan. Kamu bisa membicarakan masalah ini dengan terapis, baik sendiri atau bersama pasangan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  • Everyday Health, 9 Natural Ways to Boost Your Sex Life https://www.everydayhealth.com/sexual-health/natural-ways-boost-sex-life, diakses 2 Juli 2020
  • Health, 15 Everyday Habits to Boost Your Libido https://www.health.com/sex/15-everyday-habits-to-boost-your-libido, diakses 2 Juli 2020
  • Healthline, Boost Your Libido with These 10 Natural Tips https://www.healthline.com/health/boost-your-libido-10-natural-tips#try-these-fruits, diakses 2 Juli 2020
  • Mayo Clinic, Low sex drive in women https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-sex-drive-in-women/symptoms-causes/syc-20374554, diakses 2 Juli 2020
  • Medical News Today, 10 ways to boost libido https://www.medicalnewstoday.com/articles/323918, diakses 2 Juli 2020
  • NHS, Loss of libido (reduced sex drive) https://www.nhs.uk/conditions/loss-of-libido, diakses 2 Juli 2020
  • WebMD, Rev-Up a Low Libido https://www.webmd.com/men/features/revving-up-low-libido, diakses 2 Juli 2020
    register-docotr