Kesehatan Seksual

Berhubungan Seks Pasca-operasi Caesar: Kapan Waktu yang Tepat & Posisi yang Aman

August 9, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Anggapan setelah melahirkan dengan operasi caesar tidak memiliki masalah saat ingin melakukan hubungan seks, ternyata tidak seluruhnya benar.

Beberapa pasangan, pada umumnya bisa melakukan kembali hubungan seks setelah satu atau satu setengah bulan pasca-melahirkan. Beberapa yang lain mungkin perlu waktu yang lebih lama.

Berhubungan seks setelah melahirkan caesar bisa menjadi hal yang enggan dilakukan bagi sebagian pasangan, terutama pihak istri. Apalagi luka jahitan yang cukup panjang di bagian perut kerap membuat Moms merasa tidak nyaman.

Supaya kamu dan pasangan lebih nyaman, ketahui saat yang tepat untuk berhubungan seks setelah melahirkan caesar.

Waktu penyembuhan dan pemulihan pasca-operasi caesar

Dokter biasanya menyarankan Moms untuk berada di rumah sakit selama beberapa hari dalam proses pemulihan. Selama waktu itu pula, rahim butuh waktu sekitar satu setengah bulan untuk kembali ke ukuran normal dan leher rahim kembali menutup.

Hal ini penting karena leher rahim harus kembali menutup agar hubungan seksual dapat dilanjutkan dengan aman. Pemulihan rahim setelah operasi caesar harus melewati pemulihan bekas jahitan pada daerah perut.

Beberapa bahkan bisa mengalami mati rasa atau kesemutan selama berbulan-bulan paska operasi.

Namun, tak perlu khawatir karena hal tersebut umum terjadi, selama rasa sakitnya tidak meningkat dan tidak disertai dengan gejala lain seperti demam.

Waktu berhubungan seks pasca-operasi Caesar

Setelah Moms melakukan operasi caesar, wajar jika melakukan kembali hubungan seks mungkin terasa tidak terlalu nyaman seperti sebelumnya. Ini merupakan hal yang normal terjadi pada mereka yang baru saja melahirkan.

Tidak ada waktu yang pasti untuk menjawab kapan waktu yang tepat untuk pasangan kembali melakukan aktivitas seksualnya. Karena kondisi fisik masing-masing Moms tentu berbeda setelah melahirkan, terlepas itu melahirkan normal maupun caesar.

Biasanya, Moms akan menunggu antara empat hingga enam minggu sebelum memulai kembali hubungan dengan pasangan setelah menjalani operasi caesar.

Beberapa pasangan mungkin merasa siap untuk melanjutkan hubungan seksual lebih cepat daripada yang lain, namun lebih baik dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Yang terpenting tentu setelah Moms merasa yakin aman dan nyaman untuk melakukannya lagi.

Posisi seks yang nyaman

Sebelum berhubungan seks, sebaiknya komunikasikan dengan pasangan soal posisi seks yang nyaman. Moms bisa mencoba posisi yang tidak memberi tekanan pada perut.

Kondisi saat pertama kali melakukan hubungan paska melahirkan, mungkin Moms akan merasa takut. Hal itu bisa dipahami karena seks bukan hanya perihal fisik, tetapi juga mental.

Minta pasangan untuk membuat Moms menjadi merasa lebih rileks, seperti memijat punggung atau pinggang. Lakukan gerakan-gerakan ringan yang membuat pasangan senang.

Penting untuk diperhatikan juga, jika vagina menjadi terasa kering, tidak ada salahnya untuk menggunakan pelumas vagina untuk mengurangi rasa nyeri saat penetrasi seksual.

Yang perlu juga diperhatikan, pilih posisi berhubungan seks yang membuat Moms merasa nyaman. Seperti posisi menyamping atau posisi penetrasi dari belakang bisa dicoba.

Segera temui dokter jika mengalami hal ini

Jika setelah waktu yang diperbolehkan tiba untuk melakukan hubungan seks tetapi terasa menyakitkan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Begitu juga ketika mengalami peningkatan rasa sakit atau pendarahan pada bekas jahitan. Biasanya jika bekas luka terasa menyakitkan, itu adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang salah.

Masalah tersebut dapat berupa bekas jahitan yang terbuka dan menjadikan terasa perih, memerah, atau membengkak. Hal seperti ini harus diwaspadai, karena tidak menutup kemungkinan bisa menjadi infeksi.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

 

– Healthline.com, How to Enjoy Sex After a C-Section, diakses 6 Agustus 2020

https://www.healthline.com/health/pregnancy/sex-after-c-section#recovery

 

– Flo.health, First Intercourse After C-Section: 7 Things to Be Aware Of, diakses 6 Agustus 2020

https://flo.health/being-a-mom/adjusting-to-motherhood/relationships-and-sex/first-sex-after-cesarean

 

-Verywellfamily.com, When Can You Have Sex After a C-Section? diakses 6 Agustus 2020

https://www.verywellfamily.com/sex-after-a-c-section-2759420

 

– Womenshealthmag.com, How Having a C-Section Affects Your Sex Life, diakses 6 Agustus 2020 http://www.womenshealthmag.com/mom/c-section-sex-life

    register-docotr