Kesehatan Seksual

Benarkah Orgasme Bisa Mempercantik Kulit? Ini Penjelasannya!

September 25, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Orgasme adalah periode klimaks atau puncak reaksi dari aktivitas seksual, baik oleh pria maupun wanita. Pada pria, orgasme ditandai dengan keluarnya cairan semen. Tapi pada wanita, kondisinya bisa menjadi berbeda.

Banyak orang yang menganggap bahwa orgasme pada wanita bisa memengaruhi kecantikan kulit. Benarkah demikian? Jika benar, apa yang harus dilakukan agar bisa mencapai orgasme? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Tahukah Kamu Ternyata Ada 5 Jenis Orgasme yang Bisa Dirasakan Wanita, Loh!

Benarkah orgasme bisa mempercantik kulit?

Anggapan bahwa orgasme bisa mempercantik kulit adalah fakta. Meski tidak secara langsung, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kondisi tersebut. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian oleh sejumlah ilmuwan.

Berikut beberapa alasan mengapa orgasme bisa mempercantik kulit:

1. Mencegah munculnya jerawat

Orgasme dapat memberikan suasana menenangkan. Saat sedang stres, kadar oksitosin di dalam tubuh akan menurun. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon pemicu stres seperti kortisol secara masif. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh.

Kondisi ini tidak hanya dapat memicu peradangan pada kulit seperti psoriaris, tapi juga bisa memunculkan jerawat di wajah.

Orgasme bisa membuat tubuh lebih rileks. Dengan begitu, beragam efek pada wajah seperti munculnya jerawat bisa diminimalkan.

2. Mencegah tanda penuaan dini

Menurut sebuah penelitian oleh sejumlah ilmuwan di University of Michigan, Amerika Serikat, orgasme bisa meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh. Estrogen sendiri dapat mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit.

Hormon kewanitaan tersebut dipercaya bisa memengaruhi produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein penting yang bertugas menjaga kekencangan kulit.

Kadar kolagen yang rendah bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam, kerutan, dan garis-garis halus di sekitar mata. Terakhir, kolagen juga bisa mengunci kelembapan kulit dan menjaganya agar tetap tampak ‘berisi’.

3. Menjaga elastisitas kulit

Ketika sedang berhubungan seks, terjadi peningkatan laju aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk wajah. Itu artinya, semakin banyak oksigen yang disalurkan ke semua organ. Pasokan oksigen yang cukup bisa merangsang peningkatan kolagen.

Semakin banyak kadar kolagen, elastisitas kulit akan terjaga. Elastisitas kulit sangat erat kaitannya dengan tingkat kecerahan kulit. Salah satu tanda dari menurunnya elastisitas kulit adalah wajah kusam.

Itu artinya, secara tidak langsung, orgasme bisa membantumu untuk memiliki kulit yang cerah.

4. Wajah menjadi tampak lebih muda

Percaya atau tidak, orgasme ternyata bisa membuat wajahmu nampak lebih muda, lho. Ini karena saat kamu orgasme, kadar estrogen juga akan meningkat. Seperti yang telah dijelaskan, estrogen bisa berpengaruh pada tanda-tanda penuaan di wajah.

Selain itu, ketika kamu mencapai klimaks dalam berhubungan seks, tubuh melepaskan banyak hormon kesenangan seperti endorfin.

Ketika merasa senang, seseorang akan jadi lebih mudah untuk mengontrol stresnya. Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, orang yang bisa mengelola stresnya cenderung mudah tersenyum.

Riset lainnya menjelaskan, senyuman bisa membuat wajah nampak lebih muda. Dengan senyum, kamu akan terlihat lebih atraktif pula.

Tips agar mudah mencapai orgasme

Bagi sebagian wanita, orgasme adalah sesuatu yang sulit untuk didapatkan. Menurut sebuah penelitian oleh sejumlah ilmuwan di Valparaiso University, Amerika Serikat, tak kurang dari 40 persen wanita mengalami kesulitan orgasme.

Bahkan, tak sedikit yang mengaku tidak pernah mengalami orgasme sepanjang hidup.

Ada banyak hal yang memengaruhi kondisi tersebut, di antaranya adalah faktor hormonal, kurangnya rangsangan, hingga jenis aktivitas seksual yang dilakukan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah orgasme di antaranya adalah:

1. Senam kegel

Posisi dalam melakukan senam kegel. Sumber foto: www.pinimg.com

Senam kegel bisa membuat otot di sekitar panggul lebih lentur. Ini akan memengaruhi sensitivitas organ kewanitaanmu. Bahkan, mengutip dari Healthline, bukan tidak mungkin seorang wanita akan mengalami orgasme berkali-kali jika rutin melakukan senam ini.

Senam kegel adalah salah satu jenis senam yang relatif mudah dilakukan. Cobalah untuk menahan rasa ingin buang air kecil (menahan urine sebelum keluar) selama beberapa detik. Ini akan membuat otot di sekitar panggul berkontraksi. Lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Hindari sering masturbasi

Tips selanjutnya agar mudah mencapai orgasme adalah tidak sering masturbasi. Semakin lama kamu tidak melakukan masturbasi, organ kewanitaan akan semakin sensitif terhadap rangsangan. Stimulasi yang baik bisa membuatmu lebih mudah untuk orgasme, bahkan lebih dari satu kali.

Baca juga: Ssst… Ini 6 Penyebab Perempuan Susah Orgasme saat Berhubungan Seksual

3. Posisi dalam berhubungan seks

Percaya atau tidak, posisi dalam berhubungan seks bisa memengaruhi orgasme, lho. Dilansir dari Everyday Health, woman on top adalah salah satu posisi yang dipercaya bisa memudahkan wanita untuk orgasme.

Ketika terjadi penetrasi, penis akan memberi rangsangan lebih pada klitoris. Ini jelas berbeda jika kamu dan pasangan memilih gaya misionaris.

Nah, itulah fakta tentang manfaat orgasme yang bisa mempercantik kulit. Untuk memudahkanmu mencapai orgasme, bicarakan dengan pasangan apa yang harus dilakukan ketika melakukan hubungan seks.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 23 September 2020, What Can Orgasms Do for Your Skin?
  2. Healthline, diakses 23 September 2020, How Many Times Can Someone with a Vagina Come in a Row?
  3. Index of Sciences, diakses 23 September 2020, How Orgasms Keep Your Skin Healthy, Clear, And Glowing.
  4. Beauty Bay, diakses 23 September 2020, 6 Surprising Beauty Benefits Of Orgasm.
  5. Everyday Health, diakses 23 September 2020, The Top 3 Secrets to Achieving a Female Orgasm.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Women’s Attributions Regarding Why They Have Difficulty Reaching Orgasm.
  7. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Associations among physiological and subjective sexual response, sexual desire, and salivary steroid hormones in healthy premenopausal women.
  8. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, In the face of stress: Interpreting individual differences in stress-induced facial expressions.
  9. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 23 September 2020, Be Happy Not Sad for Your Youth: The Effect of Emotional Expression on Age Perception.

    register-docotr