Kesehatan Seksual

Bantu Korban Pelecehan Seksual dengan Lakukan 5 Cara Ini

August 17, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kasus pelecehan seksual kian hari semakin meningkat, namun sayangnya banyak dari kita yang lebih memilih diam daripada membantu korban atau melawan. Simak tips berikut jika orang terdekatmu menjadi salah satu korban pelecehan seksual. 

Tips membantu korban pelecehan seksual 

Kebanyakan korban kekerasan seksual mengungkapkan penyerangan atau pelecehan kepada teman terdekatnya. 

Ketika teman kamu mengalami hal tersebut, sebaiknya cobalah untuk mendengarkan, percaya, dan mendukung dengan cara positif.

Hal-hal seperti itu justru dapat memengaruhi proses penyembuhan mereka.

Melansir dari laman University of New Hampshire, kamu dapat membantu teman atau kerabat yang menjadi korban pelecehan seksual dengan melakukan beberapa cara berikut ini: 

1. Dengarkan dan beri dukungan

Memang akan agak canggung ketika seorang teman menceritakan diri mereka sebagai korban pelecehan seksual atau hubungan dengan pasangan bermasalah.

Untuk menghadapi situasi ini, hal terburuk yang dapat kamu lakukan adalah tidak melakukan apa – apa. Kamu tidak bisa menyelamatkan teman atau menyelesaikan masalah mereka, tetapi kamu bisa terus memberikan dukungan kepada korban.

Dukungan dan pengertian sangat penting saat momen seperti itu. Perlu kamu tahu bahwa mereka sangat butuh keberanian yang besar untuk berbagi pengalaman mereka tentang hal tersebut.

Cobalah untuk menciptakan kenyamanan secara emosional dan dukungan bagi para korban untuk mengungkapkan perasaannya.

Buatlah mereka nyaman untuk dapat berbicara denganmu serta pahami keadaannya dan jangan terburu-buru memberikan solusi dan konklusi.

2. Berikan kepercayaan

Alasan paling umum orang memilih untuk tidak memberitahu kepada siapa pun tentang pelecehan seksual adalah ketakutan bahwa pendengar tidak akan mempercayainya. 

Orang jarang berbohong atau melebih-lebihkan tentang kasus pelecehan, jadi jika seseorang memberi tahu kamu, itu karena mereka mempercayai dan membutuhkan seseorang untuk diajak bicara.

Jika orang yang selamat dari kasus pelecehan seksual itu berani untuk mengatakan bahwa mereka terluka, itu sudah cukup. 

Percayalah pada apa yang dikatakan temanmu. Mungkin sulit bagi mereka untuk berbicara dan mempercayai orang lain. 

3. Berikan dukungan 

Dukung orang yang selamat dari pelecehan seksual untuk mencari pertolongan medis dan melaporkan aksi pelecehan seksual kepada pihak berwenang.

4. Hormatilah privasi orang lain

Jangan beri tahu orang lain apa yang diceritakan korban pelecehan seksual kepadamu. Biarkan mereka memutuskan siapa yang akan diberi tahu. 

Penting diingat untuk tidak berbagi informasi dengan orang lain yang tidak terlibat dalam kasus tersebut.

Jika kamu merasa benar-benar perlu untuk memberikan informasi demi keselamatan korban, setidaknya mintalah izin dengan memberi tahu apa yang akan diceritakan dan dengan siapa informasi itu akan dibagikan.

Baca juga: Moms, Edukasi Seksual pada Anak Tidak Tabu! Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

5. Beri rasa aman

Bagian penting dalam membantu korban selamat adalah dengan mengidentifikasi cara-cara di mana mereka dapat membangun kembali rasa aman fisik dan emosional mereka. 

Tanyakan kepada temanmu apa yang membuat mereka merasa aman dan bagaimana membantu mereka mencapai hal tersebut.

Jika pelecehan masih berlangsung, bantu temanmu untuk merencanakan tentang apa yang harus dilakukan ketika keadaan dalam bahaya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Unh.edu (2020) diakses 14 Agustus 2020. Sexual Harassment & Rape Prevention Program (SHARPP)
  2. Rainn.org (2020) diakses 14 Agustus 2020. Tips for Talking with Survivors of Sexual Assault
  3. Nytimes.com (2019) diakses 14 Agustus 2020. How to Support a Friend or Loved One Who Has Been Sexually Abused 
    register-docotr