Kesehatan Seksual

Masih Bingung Apakah Kamu Bisa Hamil di Luar Masa Subur? Ini Faktanya!

November 8, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Peluang terbaik untuk hamil adalah jika kamu melakukan hubungan seksual di masa subur. Tapi, apakah kamu tidak bisa hamil di luar masa subur? Masih bisa, walaupun peluangnya kecil.

Masa subur sendiri merupakan saat di mana sel telur lepas dari indung telur (biasa disebut dengan ovulasi), serta lima hari sebelumnya. Jika kamu melakukan hubungan seksual di periode ini, maka peluang untuk hamil sangat besar.

Baca Juga: Yuk Kenali Tanda-Tanda Kamu sedang Berovulasi

Kapan ovulasi itu terjadi?

Sangat sulit untuk menentukan kapan waktu yang tepat ovulasi terjadi di dalam tubuh kamu. Tapi, biasanya ini terjadi sekitar 10-16 hari sebelum menstruasi kamu terjadi.

Siklus menstruasi biasanya terjadi selama 28 hari. Tapi, bisa berlangsung lebih cepat atau lebih lama dan situasi ini pun tergolong normal.

Dengan demikian, tidak tepat kalau kamu dikatakan memiliki masa subur di hari ke-14 di siklus menstruasi kamu. Karena kalau ternyata kamu memiliki siklus menstruasi yang panjang, misalnya 35 hari, maka masa subur kamu ada di sekitar hari ke-19 sampai ke-25.

Sementara jika kamu memiliki siklus menstruasi yang pendek, misalnya hanya 23 hari, maka ovulasi bisa saja terjadi di hari ke-7 hingga ke-13.

Apakah bisa hamil di luar masa subur?

Peluang untuk hamil di luar masa subur tergolong kecil. Situs kesehatan verywellfamily mencatat peluang hamil sehari setelah ovulasi sebesar 0 persen hingga 11 persen.

Karena itu, hubungan seksual idealnya dilakukan sebelum ovulasi jika kamu ingin hamil. Jika kamu sempat berpikir sebaliknya, maka kamu tidak sendirian, karena banyak perempuan yang mengira hubungan seksual harus dilakukan setelah ovulasi jika ingin hamil.

Laman yang sama mencatat setidaknya peluang untuk hamil berdasarkan waktu hubungan seksual adalah sebagai berikut:

  • 21 persen sampai 35 persen sebelum ovulasi
  • 10 persen sampai 33 persen di hari ovulasi
  • 0 persen sampai 11 persen satu hari setelah ovulasi
  • 0 persen sampai 9 persen dua hari setelah ovulasi

Angka-angka tersebut berdasarkan asumsi jika kamu melakukan hubungan seksual hanya satu kali di masa subur. Jika kamu melakukan hubungan seksual sebelum dan sesudah ovulasi, maka peluang kehamilan akan lebih baik.

Kenapa masih ada kemungkinan kehamilan di luar masa subur?

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu masih termasuk orang yang yakin tidak bisa hamil di luar masa subur? Coba pikir ulang ya, karena peluang itu masih ada.

Salah satu faktor di luar dugaan yang membuat kamu masih bisa hamil di luar masa subur adalah kesalahan perhitungan siklus menstruasi. Terutama jika ternyata siklus menstruasi kamu termasuk pendek.

Jadi, hati-hati ketika kamu terlalu percaya diri berhubungan seksual tanpa pengaman di akhir masa menstruasi. Karena bisa saja siklus menstruasi kamu pendek dan ternyata kamu sudah memasuki masa ovulasi.

Sperma sendiri masih bisa hidup di dalam rahim hingga 5 hari setelah berhubungan seksual. Jadi lebih baik gunakan pengaman jika kamu ingin melakukan hubungan seksual tanpa timbulnya kemungkinan kehamilan yang tidak direncanakan.

Baca Juga: Seberapa Penting Mencatat Jadwal Menstruasi? Ladies Wajib Tahu Ini

Peluang kehamilan setelah masa subur

Periode setelah masa subur disebut juga dengan fase luteal. Bagian terakhir dari siklus menstruasi ini berlangsung setidaknya 12 hari hingga 16 hari terakhir sebelum mulai menstruasi di siklus berikutnya.

Pertanyaan apakah bisa hamil di luar masa subur di periode ini sudah bisa dilihat dengan peluangnya yang kecil sebagaimana sudah disebutkan di atas. Hal ini terjadi karena progesteron mulai naik dan memberikan sinyal pada ovarium untuk tidak lagi melepas sel telur.

Akibatnya, lendir di serviks akan mengering dan akan ada penyumbat yang tercipta untuk mencegah adanya sperma yang masuk ke rahim. Karena sel telur sudah dilepaskan di masa ovulasi, maka di periode ini tidak ada lagi yang bisa dilakukan hingga bulan berikutnya.

Demikianlah segala penjelasan untuk menjawab pertanyaan apakah kamu bisa hamil di luar masa subur. Jangan salah hitung jika kamu tidak ingin memiliki kehamilan yang tidak direncanakan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Verywellfamily, diakses 02 November 2020. Your Odds of Getting Pregnant If You Have Sex After Ovulation
  2. Your fertility, diakses 02 November 2020. Your fertility right time for sex
  3. Parents, diakses 02 November 2020. Your Chances of Getting Pregnant Every Day of the Month
  4. National Health Service, diakses 02 November 2020. How can I avoid pregnancy?
  5. Healthline, diakses 02 November 2020. Can You Get Pregnant from Unprotected Sex Around the Time of Your Period?
    register-docotr