Kesehatan Seksual

Memahami Apa Itu Biseksual, Orientasi Seksual selain Heteroseksual dan Homoseksual

December 17, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Orientasi seksual bukan hanya terbatas pada homoseksual (penyuka sesama jenis) dan heteroseksual (penyuka lain jenis) saja, lho. Kamu pun sebaiknya memahami apa itu biseksual.

Biseksual sendiri bisa dikatakan merupakan salah satu orientasi seksual yang tidak hanya terbatas pada menyukai jenis kelamin manapun. Biseksual bisa menyukai sesama atau bahkan yang berbeda jenis.

Jumlah signifikan biseksual

American Psychological Association (APA) menyebut jumlah biseksual di Amerika Serikat lebih banyak daripada golongan homoseksual, gay atau lesbian yang jumlahnya hanya mencapai 1,9 persen pria dan 1,3 persen wanita.

Berdasarkan catatan hasil kajian pada 2016 yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention itu, disebutkan bahwa jumlah biseksual wanita mencapai 5,5 persen dan biseksual pria mencapai 2 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa jumlah biseksual dalam golongan lesbian, gay dan biseksual (LGB), ternyata paling tinggi.

Baca Juga: Benarkah Pelecehan Seksual Masa Kecil Pemicu Seseorang Menjadi Pedofilia?

Sebenarnya, apa itu biseksual?

Biseksual biasanya hanya sebuah diksi yang dipakai untuk menggambarkan orang yang memiliki ketertarikan terhadap dua atau lebih jenis kelamin. Tapi, ternyata makna kata ini lebih luas pada beberapa orang yang mendeklarasikan diri mereka sebagai biseksual.

Situs kesehatan Healthline menyebut pada awalnya kata biseksual bukan merujuk pada ketertarikan terhadap jenis kelamin pria atau wanita, tapi juga pada sesama atau berbeda jenis kelamin.

Definisi tersebut bisa dikatakan paling masuk akal jika kamu melihat definisi dari heteroseksual yang berarti penyuka berbeda jenis kelamin dan homoseksual, penyuka sesama jenis. Itu sebabnya biseksual dapat mencakup keduanya, sesama dan berbeda jenis kelamin.

Meskipun demikian, biseksual tidak secara sederhana diartikan setengah homoseksual ataupun setengah heteroseksual, lho. Karena identitas biseksual ini unik, mereka tidak bisa dipaksa masuk ke dua kategori tersebut.

Bagaimana cara mengetahui kalau kamu biseksual?

Mengetahui orientasi seksual merupakan hal yang rumit. Terutama di lingkungan masyarakat yang mewajibkan kamu untuk menjadi heteroseksual. Menanyakan apa kamu itu termasuk biseksual, gay atau lainnya akan sangat sulit.

Ketika berbicara orientasi seksual, hal ini mengacu pada dua hal. Yakni daya tarik romantik (dengan siapa kamu memiliki perasaan dan hasrat hubungan romantis), serta daya tarik seksual (dengan siapa kamu ingin berhubungan seksual).

Terkadang, beberapa orang memiliki daya tarik romantik dan seksual terhadap kelompok orang yang sama dan terkadang tidak. Jadi, sangat mungkin jika kamu memiliki daya tarik terhadap lawan jenis, namun kamu tertarik secara seksual terhadap sesama jenis.

Oleh karena itu, situs kesehatan Healthline menyebut jika kamu sendirilah yang bisa mengetahui apa orientasi seksualmu.

Tidak menutup kemungkinan orang heteroseksual adalah biseksual

Memiliki hubungan dengan lawan jenis tidak selamanya menandakan kalau orang itu adalah heteroseksual. Karena sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, ketertarikan secara romantis dan seksual terkadang bisa tertuju pada siapa saja, apapun jenis kelaminnya.

Terkadang, memiliki hubungan romantik dengan jenis kelamin tertentu langsung dikaitkan dengan status orientasi seksual kamu, baik itu heteroseksual atau homoseksual. 

Namun berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bisexuality, disebutkan kalau banyak golongan biseksual yang mengaku kalau mereka lebih tertarik pada salah satu jenis kelamin daripada yang lainnya. Tapi faktanya, mereka tetap kelompok biseksual tulen.

Biseksual bukan sebuah fase orientasi seksual

Salah satu pendapat yang berkembang terhadap biseksual adalah orientasi ini dikatakan tidak nyata. Situs kesehatan Healthline menyebut banyak orang menganggap kalau biseksual adalah sebuah fase di mana seorang heteroseksual akan menjadi homoseksual.

Beberapa orang merasa kalau diri mereka adalah biseksual pada awalnya dan berakhir menjadi homoseksual, baik itu dari pihak pria atau wanita. Namun tidak sedikit juga orang yang selama hidupnya mengidentifikasikan diri mereka sebagai biseksual. 

Hal itu, sebenarnya, bukanlah sebuah masalah. Karena setiap orang bisa mengalami evolusi orientasi seksual. Baik itu mereka tetap menjadi heteroseksual, lalu menjadi biseksual ataupun homoseksual.

Demikianlah berbagai pengertian tentang apa itu biseksual. Pahami orientasi seksual kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr