Kesehatan Seksual

7 Tips agar Kehidupan Seksual Pasangan yang Menikah Jarak Jauh Tetap Mesra

October 23, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Berada dalam pernikahan jarak jauh atau long distance marriage (LDM), bisa menempatkan kamu dalam posisi yang sulit dan serba salah. Mau tak mau, kehidupan asmara dalam rumah tangga pun menjadi sedikit lebih menantang.

Agar tak membosankan dan pada akhirnya hanya membuat hubungan menjadi hambar, yuk, intip beberapa tips agar kehidupan seksual dalam pernikahan jarak jauh bisa tetap mesra berikut.

Baca juga: Perlu Dihindari, 8 Jenis Makanan Ini Bisa Turunkan Gairah Sex

Bervariasi dalam komunikasi

Hal pertama yang harus disadari oleh pasangan pernikahan jarak jauh adalah pentingnya menjaga komunikasi.

Bukan hanya sekadar menelepon atau mengirim pesan, kamu juga harus lebih kreatif meramu komunikasi yang terjalin, agar bisa membuat kehidupan seks tetap menyenangkan.

Usahakan untuk menyelipkan pesan seksi secara rutin. Ini akan membantu kalian merasakan keberadaan satu sama lain, sekaligus menjaga romantisme dalam rumah tangga.

Beri kejutan dengan hadiah yang ‘nakal’

Mau tidak mau, jarak yang terbentang jauh akan membatasi pertemuan fisik di antara kalian berdua. Lalu bagaimana mengakalinya jika kalian saling merindukan satu sama lain?

Salah satunya adalah dengan memberikan kejutan berupa hadiah-hadiah yang ‘nakal’ secara spontan.

Tak perlu menunggu momen perayaan tertentu untuk melakukan hal ini. Justru dengan mengemasnya sebagai kejutan, hadiah-hadiah tersebut bisa membantu mengurangi rasa rindu akan kehadiran fisik di antara kalian berdua.

Sesekali lakukan phone sex

Jangan sia-siakan perkembangan teknologi yang saat ini ada di hadapan kalian berdua. Di tengah kesibukan yang dijalani, selalu sempatkan sesekali untuk melakukan phone sex, atau video sex dengan pasangan.

Pastikan untuk menyepakati waktunya terlebih dulu, agar kalian bisa meluangkan waktu khusus untuk melakukannya.

Perlu diingat pula bahwa tidak semua orang merasa nyaman dengan keintiman digital. Jadi selalu diskusikan batasan individu seputar foto, telepon seks, atau penggunaan webcam di antara kalian berdua, ya.

Atur suasana hati

Berbeda lokasi bukan berarti kalian akan kekurangan tempat untuk melakukan hal-hal yang romantis. Dengan sedikit kreativitas, kamu dan pasangan bahkan bisa menciptakan nuansa ruangan yang intim selayaknya sedang berada di bawah atap yang sama.

Kalian hanya perlu melakukan beberapa hal seperti mendekorasi ruangan dengan pernak pernik tertentu. Cari yang bisa membawa aura penuh cinta saat melakukan video call seks dan semacamnya.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Alat Bantu Seks Agar Tetap Aman dan Nyaman

Sampaikan fantasi seksualmu

Jangankan pasangan yang terpisah jarak, orang yang menikah dan tinggal dalam satu atap pun, kadang masih sering merasa sungkan menyampaikan apa yang diinginkan seputar seks pada pasangannya.

Jika sebelumnya kamu tidak pernah melakukan ini sama sekali, bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya. Justru inilah saat yang tepat untuk memulai, agar kalian bisa mengalahkan jarak yang ada dan membuat kehidupan seks tetap romantis.

Caranya mudah, cobalah untuk menyampaikan fantasi seksualmu melalui telepon atau bahkan dengan menulisnya bergantian dengan pasangan untuk dijadikan buku harian.

Tak hanya bisa membuat kalian jadi mencoba berbagai hal baru, ini juga bisa menjadi sarana untuk mengetahui keinginan terdalam seputar hubungan seksual di antara kalian berdua.

Jangan lupakan pertemuan langsung

Jika kamu dan pasangan bisa bertemu setidaknya seminggu atau sebulan sekali, manfaatkan waktu yang ada untuk membayar kurangnya kontak intim selama kalian terpisah selama ini.

Lakukan hal-hal menyenangkan seperti pergi makan bersama, bersantai di rumah, jalan-jalan ke taman, dan sejenisnya. Ini akan mengisi ulang romantisme yang hilang selama kalian terpisah oleh jarak dan tempat.

Setia

Terakhir, hal terpenting yang harus kalian lakukan adalah setia satu sama lain.

Pastikan untuk tetap berkomitmen dengan pasangan dan diskusikan secara terbuka batasan dan situasi apa pun yang dapat membuat kalian merasa tidak nyaman.

Selama kalian jujur satu sama lain, tidak ada alasan kalian tidak bisa melewati waktu terpisah.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

8 Sex Tips For Long Distance Relationships, https://www.bustle.com/articles/169761-8-sex-tips-for-long-distance-relationships-because-distance-makes-the-heart-grow-hotter diakses pada 22 Oktober 2020

6 Long Distance Relationship Sex Ideas to Keep Intimacy Spicy, Even From Afar, https://www.wellandgood.com/how-to-organize-your-vanity-walmart/ diakses pada 22 Oktober 2020

6 Ways to Make Long-Distance Marriage Work (Even When It’s Hard), https://www.mydomaine.com/how-to-make-long-distance-marriage-work-2492123 diakses pada 22 Oktober 2020

How to Make a Long-Distance Relationship Work, https://www.healthline.com/health/long-distance-relationships#general-tips diakses pada 22 Oktober 2020

    register-docotr