Kesehatan Seksual

5 Tips Menggunakan Alat Bantu Seks Agar Tetap Aman dan Nyaman

September 16, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bagi sebagian orang, alat bantu seks adalah benda yang wajib ada untuk membuat hubungan intim terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Jenisnya yang bermacam-macam, juga memungkinkan kamu untuk bereksplorasi lebih jauh, demi mencapai kepuasan yang diinginkan.

Meski menyenangkan, tapi jangan sampai kamu melupakan aspek kebersihan dan keamanan benda ini, ya. Nah, berikut tips memakai alat bantu seks.

Baca juga: Praktis dan Mudah Diolah, Apa Kandungan Gizi yang Dimiliki Telur?

Mengapa kamu harus hati-hati memakai alat bantu seks?

Dilansir dari Nhs, penggunaan alat bantu seks harus disertai tanggung jawab akan kebersihan dari benda tersebut.

Jika tidak, maka akan ada risiko menjadi media penularan penyakit menular seksual, atau jenis infeksi lain.

Beberapa jenis penyakit yang umum menyebar lewat benda ini adalah, klamidia, sifilis, herpes, vaginosis bakterialis, dan shigella.

Tips menggunakan alat bantu seks agar aman dan nyaman

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai cara memakai alat bantu seks yang benar. Itulah mengapa kamu harus mencari tahu tentang hal ini secara mandiri.

Namun mengingat cara pemakaian alat ini langsung bersentuhan dengan alat kelamin. Maka tingkat risiko terjadinya infeksi terhadap organ ini menjadi semakin besar jika dipakai secara sembarangan.

Sebagai langkah awal, dilansir dari Everydayhealth, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat ini seperti:

Kenali bahan alat bantu seks yang kamu miliki

Meski belum ada penelitian ilmiah yang menganalisis kaitan antara dampak bahan alat bantu seks terhadap kesehatan tubuh. Namun bukan berarti kamu boleh mengabaikan aspek penting satu ini.

Ada beberapa jenis bahan yang tidak dianjurkan dipakai dalam benda ini. Salah satunya adalah phthatales, yang banyak terdapat di dalam plastik. Bahan tersebut bahkan dilarang di Amerika Serikat, karena bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh manusia.

Alat bantu seks yang memiliki tekstur berpori juga cenderung dihindari. Permukaannya yang mudah ditembus membuatnya menjadi lebih mudah menularkan infeksi.

Baca juga: Ssst… Ini 6 Penyebab Perempuan Susah Orgasme saat Berhubungan Seksual

Cuci dan keringkan mainan seks secara rutin

Pemakaian alat bantu seks juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi saluran kencing, terutama pada perempuan. Ini karena seringkali kamu tidak sadar bahwa bakteri penyebab infeksi tersebut berpindah ke saluran kencing.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu harus menjalani hubungan seksual secara sehat, termasuk menjaga kebersihan alat bantu seks yang dipakai.

Apabila bahannya terbuat dari besi, kaca, atau kayu yang tidak digerakkan oleh tenaga baterai, cukup rendam benda ini ke dalam air hangat tanpa diberi sabun sama sekali. Setelah didiamkan beberapa menit, kamu tinggal mengelapnya sampai kering.

Dilansir dari Health, cara yang sama juga bisa digunakan untuk membersihkan alat bantu seks berbahan silikon, besi, maupun kayu yang dipasangi baterai. Hanya saja pastikan untuk tidak merendamnya selagi menyala, sehingga bisa membuatnya menjadi rusak.

Pakai kondom untuk mengurangi risiko infeksi

Kondom adalah benda wajib dipakai jika saat ini kamu rutin menggunakan mainan seks berbentuk lingga. Hal ini tetap berlaku meski kamu membersihkan mainan tersebut secara berkala.

Sebuah studi yang diterbitkan pada November 2014 di jurnal Sexually Transmitted Infections, menemukan jejak human papillomavirus pada vibrator yang dipakai sehari penuh, dan telah dibersihkan sebelumnya.

Baca juga: Begitu Lezat, Simak Berbagai Kandungan Gizi Susu Berikut Ini

Gunakan alat bantu seks sesuai dengan petunjuk

Setelah membeli mainan seks yang kamu inginkan, luangkan waktu sejenak untuk membaca aturan pemakaiannya.

Jika kamu masih pemula, coba alat ini secara bertahap, dan jangan ragu untuk berhenti apabila dirasa ada sesuatu yang mengganggu.

Beli dari penjual yang terpercaya

Industri mainan seks dewasa ini telah banyak mengalami perkembangan. Sayangnya belum ada aturan khusus yang menaungi hal ini.

Oleh karena itu, sudah semestinya sebagai pembeli, kamu pintar memilih toko atau penjual alat bantu seks yang aman dan terpercaya. Semua demi keamanan dan kenyamananmu sendiri.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference

 

Everything You Need to Know About Sex Toy Care and Cleanliness https://www.everydayhealth.com/sexual-health/a-guide-to-sex-toy-safety/ diakses pada 15 September 2020

Are sex toys safe? https://www.nhs.uk/common-health-questions/sexual-health/are-sex-toys-safe/ diakses pada 15 September 2020

The Essential Guide to Cleaning Your Sex Toys (Yes, There’s a Right Way to Do It!) https://www.health.com/condition/sexual-health/clean-your-sex-toys diakses pada 15 September 2020

    register-docotr