Kesehatan Seksual

4 Tips Afterplay Ini Bikin Hubungan Intim Terasa Semakin Berkesan

September 13, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Kepuasan dalam hubungan seksual bukan hanya bisa membuat diri sendiri dan pasangan merasa bahagia. Namun, juga bisa menjadi kunci rumah tangga yang langgeng. Salah satu kunci untuk mendapatkannya, adalah dengan membiasakan diri melakukan afterplay.

Berbeda dengan foreplay yang sudah lumayan banyak dikenal, afterplay masih sering diabaikan oleh sebagian besar pasangan di sekitar kita.

Apakah kamu sendiri senang melakukannya? Jika belum, simak beberapa manfaat dan tips afterplay di bawah ini.

Apa itu afterplay?

Dilansir dari Thesun, afterplay bisa diartikan sebagai pendinginan setelah kamu dan pasangan melakukan hubungan intim.

Ini sangat penting, karena bisa menjadi media yang tepat untuk membangun kerekatan dan keharmonisan bersama pasangan.

Jadi jika selama ini kamu dan pasangan terbiasa langsung tidur, atau sibuk bermain gadget setelah bercinta. Mulai saat ini coba baca beberapa manfaat dan tips afterplay berikut, agar kalian semakin sayang satu sama lain.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Simak 15 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Menguatkan ikatan batin

Menurut Thehealthsite, ikatan emosional akan menjadi semakin kuat seiring dengan semakin intensnya hubungan fisik yang terjalin di antara sebuah pasangan.

Saling memeluk, memijat atau membelai setelah berhubungan intim, diketahui dapat membuat kamu lebih dekat secara mental dengan pasangan.

Meski memerlukan waktu, apalagi secara alami laki-laki memang lebih mudah tertidur setelah berhubungan intim. Tapi jangan putus asa dulu, karena jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini akan mendarah daging dengan sendirinya.

Membantu membangun hubungan yang sehat

Memberikan bentuk perhatian dan kasih sayang melalui gerakan tubuh setelah berhubungan intim, juga bagus untuk hubungan suami istri.

Selain bisa dilakukan untuk menyenangkan satu sama lain, membisikkan kata-kata manis satu sama lain, juga bisa membangun kepercayaan di antara kalian berdua.

Tak hanya itu, hal ini sekaligus juga dapat menanamkan nilai bahwa hubungan intim bukan hanya urusan syahwat belaka.

Membuat hubungan seks terasa lebih menyenangkan

Kepuasan hubungan intim tidak semata-mata hanya dinilai dari urusan orgasme atau tidak.

Namun, jika setelah itu kamu dan pasangan bisa sama-sama saling memaknai cinta di antara kalian berdua dengan melakukan afterplay sepenuh hati.

Kalian berdua pun akan merasa bahwa kegiatan ini semakin menyenangkan dan dinanti-nanti.

Baca juga: Begitu Lezat, Simak Berbagai Kandungan Gizi Susu Berikut Ini

Tips melakukan afterplay

Setelah mengetahui manfaat dari afterplay, sekarang saatnya melakukan beberapa langkah berikut, agar kalian termotivasi melakukannya setelah bercinta.

Mengobrol

Berbincang ringan setelah bercinta adalah aktivitas yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas komunikasi di antara kamu dan pasangan.

Di sini kamu bisa menyampaikan apa yang kamu inginkan dari pasangan, dan begitu pula sebaliknya.

Berciuman

Terkadang, saat bercinta hendak mencapai puncaknya, ciuman yang penuh makna menjadi sulit terjadi karena terburu oleh waktu.

Jika ini yang sering terjadi padamu, kamu bisa menciptakan momen yang satu ini dengan mengalihkannya setelah selesai bercinta.

Pijatan

Sentuhan dan pinjatan sensual yang dirasakan antara kulitmu dan dirinya, tidak hanya akan membuat tubuh terasa rileks. Tapi juga menjadi bentuk kasih sayang yang sangat berkesan.

Kalian bisa saling bergantian memijat, agar membangun ikatan emosi sekaligus kepercayaan satu sama lain.

Jangan lupa pakai minyak essential yang punya efek menenangkan, sehingga tubuh yang lelah setelah bercinta pun akan kembali terasa segar.

Mandi bersama

Setelah berjibaku saat bercinta, kamu dan pasangan bisa membersihkan diri bersama-sama di kamar mandi.

Sepanjang mandi, kalian bisa saling menyabuni badan satu sama lain, sambil berbincang ringan.

Kamu juga bisa memberikan ciuman kecil pada pasangan untuk menunjukkan betapa istimewanya dirinya.

Itulah beberapa tips melakukan afterplay yang bisa meningkatkan kualitas hubungan seksual dalam sebuah rumah tangga. Sudah tidak sabar untuk mencoba?

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference

PILLOW TALK Why afterplay is just as important as foreplay for sexual satisfaction… here’s five things to try, https://www.thesun.co.uk/fabulous/7220970/afterplay-important-foreplay-sexual-satisfaction/#:~:text=If%20you%20think%20of%20sex,part%20of%20your%20sexual%20scenarios. Diakses pada 11 Agustus 2020

5 reasons you must engage in afterplay post sex, https://www.thehealthsite.com/sexual-health/reasons-you-must-engage-in-afterplay-post-sex-bs1216-458278/ Diakses pada 11 Agustus 2020

How Important Is Afterplay? https://helloflo.com/how-important-is-afterplay/ Diakses pada 11 Agustus 2020

    register-docotr