Kesehatan Seksual

3 Gaya Seks Tantra yang Bisa Bikin Suasana Jadi Makin Intim, Mau Coba?

September 18, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tantric sex atau seks tantra merupakan teknik meditasi kuno yang berasal dari kepercayaan Hindu dan Buddha di Tibet. Seperti halnya yoga dan Zen, makna seks tantra juga tentang kesadaran fisik dan spiritual.

Seks tantra membuat kamu mengenal tubuh kamu dan pasangan. Ini juga membuat kamu dan pasangan mengetahui apa yang dibutuhkan.

Berbeda dengan hubungan seks lain, orgasme bukanlah tujuan dari seks tantra, melainkan koneksi dan saling merasakan hubungan yang dalam bersama pasangan.

Hal-hal menarik saat melakukan seks tantra

Gaya atau posisi saat melakukan seks tantra tidak begitu berbeda dengan gaya saat berhubungan seksual seperti biasa.

Hanya saja, karena seks tantra tidak mengutamakan orgasme secara cepat dan memburu, maka beberapa hal menarik untuk membangun koneksi juga perlu kamu ketahui saat ingin melakukan seks tantra.

Berikut beberapa di antaranya:

Ciuman tantra

Ciuman tantra tidak jauh berbeda dengan ciuman yang bisa dilakukan. Hanya saja, ciuman saat melakukan seks tantra dilakukan dengan gerakan yang lebih lambat.

Ciuman tantra sangat direkomendasikan saat kamu melakukan seks tantra dengan posisi Yab-Yum. Rasakan kehangatan bersama pasangan, berbagi napas secara perlahan dan cium dengan merasakan sensasi yang sensual tersebut.

Posisi Yab-yum

Yab-yum dipercaya sebagai gaya terbaik saat melakukan seks tantra. Yab-yum merupakan posisi berhubungan seksual dengan gaya tradisional yang mampu membantu menyelaraskan energi bersama pasangan.

Cara melakukan posisi Yab-yum adalah dengan meminta pasangan laki-laki untuk duduk di lantai dengan bersila. Kemudian pasangan perempuan duduk di atas paha pasangan dan meletakkan kaki di sekitar tubuhnya.

Jika perlu, kamu bisa meletakkan bantal di bawah punggung agar terasa lebih nyaman.

Posisi Yab-yum bisa dilakukan dalam keadaan telanjang maupun berpakaian. Saat melakukannya, sesama pasangan harus saling berpelukan sepenuhnya dan mencoba saling menyelaraskan napas.

Posisi ini mengandalkan kedekatan sehingga dipercaya sangat mampu meningkatkan keintiman antar pasangan.

The relaxed arch

Posisi the relaxed arch atau posisi melengkung dengan santai merupakan posisi seks tantra yang juga banyak digemari oleh pasangan. Posisi ini biasanya dilakukan setelah kamu dan pasangan melakukan posisi Yab-yum.

Pada satu kepercayaan, siapapun yang bisa mempertahankan posisi the relaxed arch dan mampu mengendalikan energi yang keluar, maka pasangan tersebut akan menikmati orgasme yang tidak bisa dibayangkan.

Berikut cara melakukan posisi the relaxed arch:

  • Minta pasangan laki-laki untuk duduk tegak di tempat tidur atau lantai dengan kaki lurus
  • Kemudian kamu duduk di atas pangkuan pasangan
  • Saat tubuh merasa nyaman, mulailah melengkungkan punggung ke belakang secara perlahan
  • Istirahatkan kepala kamu di antara kedua kaki pasangan laki-laki, lalu pegang pergelangan kaki pasangan apabila kamu bisa meraihnya

Persiapan penting sebelum melakukan seks tantra

Melansir Women’s Health, konselor seksualitas dan seksolog klinis, Dawn Michael, PhD, mengatakan bahwa seks tantra mengutamakan keselarasan untuk meningkatkan keintiman yang lebih dalam dengan menggunakan napas, sentuhan dan energi.

Oleh karena itu, persiapan merupakan poin yang penting untuk kamu dan pasangan perhatikan sebelum melakukan hubungan seks tantra.

Berikut persiapan yang harus kamu perhatikan:

Persiapkan hati dan pikiran

Tantra merupakan teknik untuk melatih spiritual, yang artinya pikiran kamu akan ikut bermain bersama tubuh kamu. Saat kamu melakukan seks tantra, secara sadar kamu juga melatih pikiran, tubuh dan jiwa kamu agar selalu selaras.

Oleh karena itu, sebelum melakukan seks tantra, kamu dan pasangan disarankan untuk melakukan meditasi paling sedikit 10 hingga 15 menit. Meditasi ini akan membantu mempersiapkan tubuh dan pikiranmu sebelum melakukan seks tantra.

Kamu bisa melakukan meditasi dengan langkah-langkah berikut:

  • Fokus pada pernapasan
  • Luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk bernapas dengan lembut sampai ke perut dan punggung bawah
  • Lakukan peregangan selama beberapa menit
  • Saat kamu melakukan peregangan, kamu juga bisa sembari membersihkan pikiran dari hal-hal negatif yang membebani

Ciptakan ruangan yang nyaman dan intim

Menyiapkan ruangan yang nyaman dan intim akan membangun suasana hati atau mood yang lebih bahagia bagi kamu dan pasangan. Kamu bisa mengatur ruangannya sendiri sesuai minat kamu atau mengaturnya bersama-sama dengan pasangan agar koneksi bersama dalam terbangun.

Gunakanlah lampu yang lebih redup dan lilin aromaterapi sebagai penunjang suasana. Pilih sprei yang memberi kesan sensual seperti bahan sutra atau berwarna merah kecokelatan.

Matikan perangkat elektronik dan semua yang menurut kamu bisa mengganggu. Setelah ruangan siap, saatnya kamu membersihkan diri dengan mandi dan mengenakan sesuatu yang indah. Selamat mencoba!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Womenshealthmag.com (2019). Diakses 17 September 2020. Tantric Sex For Beginners: It’s Not All About The Orgasm
  2. Mindbodygreen.com (2020). Diakses 17 September 2020. What Is Tantric Sex? How To Practice Tantra’s Intimate Form Of Sex
  3. Healthline.com (2019). Diakses 17 September 2020. How to Practice Tantric Sex: 26 Tips for Masturbation and Partner Play
  4. Allabouttantra.info Diakses 17 September 2020. The posture of the Relaxed Arch
  5. Mensjournal.com  Diakses 17 September 2020. Tantric Sex 101: A Guide for Curious Couples

  

    register-docotr