Puasa

Cegah Sakit, Ini Vitamin yang Dibutuhkan Saat Puasa

April 27, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Agar tubuh tetap sehat saat menjalani puasa, jangan lupa tetap penuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Rutin mengonsumsi suplemen vitamin dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang selama berpuasa. Nah, karena itu piliihlah vitamin yang dibutuhkan saat puasa paling cocok untuk tubuh kamu. 

Misalnya pilihlah vitamin yang bisa diserap oleh tubuh dengan baik agar tetap bisa beraktivitas normal selama berpuasa. Saat ini, vitamin juga sudah tersedia dalam bentuk suplemen tambahan yang larut dalam lemak dan air.

Suplemen yang larut dalam lemak nantinya akan disimpan dalam sel-sel lemak di tubuh. Lemak yang sudah mengandung suplemen ini kemudian dibakar untuk menjadi energi. Sementara untuk suplemen yang larut dalam air biasanya akan keluar lewat urine. 

Jenis suplemen serta vitamin yang dibutuhkan saat puasa

Berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama puasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Agar puasa berjalan lancar, kamu wajib mengetahui jenis vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh!

Vitamin B dan C

Vitamin B can C mudah larut ke dalam air sehingga sangat bagus dikonsumsi selama periode puasa. Tapi perlu diketahui bahwa vitamin B biasanya menyebabkan rasa mual jika dikonsumsi saat perut kosong, jadi sebaiknya diminum setelah berbuka puasa.

Sementara itu, vitamin C sendiri lebih mudah diterima oleh perut kosong. Vitamin C juga mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama ketika berpuasa. Beberapa makanan dengan kandungan vitamin yang bisa dikonsumsi misalnya buah jeruk dan kiwi.

Mineral

Seng dan tembaga menjadi mineral pilihan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Kedua mineral ini dapat bekerja dengan baik, termasuk jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Zinc atau seng adalah nutrisi yang mampu membantu sistem imun melawan virus serta bakteri penyebab penyakit. Sementara itu, mineral tembaga juga mampu menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. 

Asam amino (BCAA)

Asam amino rantai cabang atau BCAA diketahui mampu memicu respons insulin. Mengonsumsi suplemen dengan kandungan asam amino dapat membantu mencegah rasa lapar. Hal ini karena asam amino mengandung protein tinggi sehingga mencegah ketidaknyamanan di pencernaan.

Sama seperti vitamin lainnya, asam amino bermanfaat cukup bagus untuk tubuh, terutama ketika berpuasa. Manfaat yang akan kamu dapatkan, seperti membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membentuk sistem kekebalan dalam tubuh.

Creatine

Suplemen lainnya yang bisa dikonsumsi selama periode puasa adalah creatine. Biasanya, enzim nonkalori ini banyak ditemukan di dalam daging merah yang dapat memberikan manfaat kognitif sekaligus fisiologis. 

Bagi kamu yang ingin tetap berolahraga selama berpuasa, bisa mengkonsumsi creatine untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Kandungan protein dalam creatine mampu menggantikan energi yang keluar setelah berolahraga.

Probiotik

Mengonsumsi suplemen probiotik selama periode puasa biasa membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi.

Dalam satu tablet probiotik terkandung satu miliar bakteri baik yang bagus untuk usus. Hal inilah yang membantu keseimbangan antara bakteri jahat dan baik dalam tubuh.

Suplemen probiotik juga memiliki beragam manfaat lain yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah membantu penyerapan makanan, melawan masalah pencernaan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sediakan makanan sehat saat berbuka puasa

Saat waktunya berbuka, pastikan juga kamu mengonsumsi makanan sehat, ya! Mulailah dengan makan secara perlahan dan tidak berlebihan. Hindari juga memakan makanan yang sulit dicerna ataupun produk mentah dengan serat tinggi. 

Makanan yang padat protein bisa menjadi pilihan kamu saat berbuka puasa. Beberapa makanan rekomendasi yang bisa dijadikan referensi menu berbuka puasa, seperti:

Smoothie

Minuman campuran buah atau sayuran mentah ini bisa dikonsumsi oleh tubuh karena teksturnya yang lembut. Nutrisi yang terkandung dalam smoothie mampu menggantikan energi tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

Buah kering

Buah kering seperti kurma merupakan sumber nutrisi yang sering dimakan ketika berbuka puasa. Selain itu, buah kering lain adalah aprikot dan kismis karena mengandung protein dan karbohidrat yang mudah dicerna.

Nah, itu dia beberapa suplemen serta vitamin yang dibutuhkan saat puasa. Selain mengonsumsi vitamin, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Jika ingin mengetahui asupan makanan lain yang cocok saat berpuasa, hubungi dokter ahli untuk lebih jelasnya, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Simply Supplements (2019) diakses 22 April 2020. Top Supplements for Fasting
  2. World Health Organization (2020) diakses 22 April 2020. WHO
  3. Top10supps (2020) diakses 22 April 2020. 10 Best Supplements to Take While Fasting

 

    register-docotr