Puasa

10 Tips Tetap Sehat Selama Puasa di Tengah Wabah Corona

April 21, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Penting bagi kita untuk tetap sehat selama puasa. Terlebih dengan adanya pandemi virus corona atau COVID-19 yang tengah melanda Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Tim Pakar Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut bahwa puncak pandemi corona akan terjadi pada awal Mei hingga awal Juni.

Itu berarti kita harus menjalani bulan Ramadhan dan Idul Fitri di tengah wabah. Agar tetap sehat dan bisa menjalankan ibadah secara maksimal, apa yang harus kita lakukan?

Inilah 10 Tips Tetap Sehat Selama Puasa di Tengah Pandemi Corona

Baik WHO dan pemerintah Indonesia sudah menganjurkan kita untuk tetap di rumah saja selama pandemi corona.

Nah, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan agar tetap sehat selama di rumah aja.

1. Membuat to-do list harian

Karena adanya kebijakan belajar di rumah, kerja di rumah, dan ibadah di rumah, bukan berarti kamu bisa bersantai-santai ria.

Dilansir dari wmich.edu, Dr. Brian Fuller Direktur Konseling dari WMU’s Sindecuse Health Center menyarankan kita untuk tetap mempertahankan rutinitas seperti biasa.

Mulai dari makan di jam yang sama, tidur dan bangun di jam yang sama, dan melakukan aktivitas lain seperti olahraga maupun belajar secara teratur.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Calendar, ataupun aplikasi to-do list lain untuk mencatat rencana harian.

2. Pola makan yang sehat selama puasa

Karena dipaksa untuk terus di rumah, mungkin banyak dari kamu yang stok makanan dan snack berlimpah di dapur. Awas, jangan mudah tergoda ya!

Kamu harus tetap menjaga pola makan selama puasa di tengah pandemi ini. Jangan lupa perbanyak konsumsi sayur, buah, dan serat.

Penting pula untuk mengonsumsi makanan yang mampu memperkuat imun tubuh. Yakni yang mengandung beta karoten, Vit C, Vit D, zinc, protein, dan prebiotic.

3. Kurangi frekuensi ke supermarket

Di tengah pandemi, kamu memang masih diperbolehkan untuk keluar rumah. Salah satunya ke supermarket untuk membeli bahan makanan.

Namun sebelum pergi, ada baiknya untuk membuat food preparation. Yakni merencanakan menu apa saja yang ingin kamu buat selama satu atau dua minggu ke depan.

Dengan begitu, kamu bisa mencatat semua kebutuhan dan membelinya dalam satu waktu. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan belanja secara online.

Jika kamu memutuskan untuk pergi ke supermarket, pastikan untuk tetap jaga jarak. Dan langsung mandi serta mencuci pakaian saat sampai ke rumah.

4. Tetap aktif dan sehat selama puasa dengan olahraga ringan

Jangan lupa selalu menyempatkan untuk olahraga ringan. Bisa dimulai dengan peregangan di pagi hari sambil melakukan sunbathing alias berjemur.

Pada era digital ini kita juga semakin dimudahkan. Kamu bisa membuka YouTube dan melihat tutorial dari health expert, mulai dari yoga hingga aerobik.

Selain itu ada pula aplikasi HP yang bisa memberikanmu jadwal serta panduan olahraga harian. 

5. Sehat selama puasa dengan tidur cukup

Selama puasa, pola tidur kita memang akan berubah karena harus bangun sahur. Tapi tahukah kamu, tidur cukup sangat berguna untuk memerangi corona lho!

Dilansir dari The Philadelphia Inquirer, Timothy Craig menyebut tidur antara 7 sampai 9 jam sangat berperan untuk memperkuat imun tubuh.

Kurang tidur bisa menjadi faktor terjadinya peradangan. Maka dari itu sebaiknya jangan begadang, berangkat tidur lebih awal, dan dapatkan durasi tidur yang cukup.

6. Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Seperti yang kita tahu, corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan. Oleh karena itu ada baiknya untuk hentikan kebiasaan merokok.

Sebab merokok bisa sebabkan peradangan dan mengurangi kemampuan paru-paru untuk memerangi virus atau infeksi.

Kamu juga harus mengurangi frekuensi minum minuman yang beralkohol. Demi menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Hindari stres dan keep entertain yourself!

Selain kesehatan fisik, mental health juga harus kamu perhatikan. Jangan terlalu banyak overthinking dan perbanyaklah positive thinking.

WHO menyarankan kita untuk melakukan banyak hal yang bisa kurangi stres. Bisa dengan melakukan hobi yang kamu senangi.

Seperti melukis, bermain game, nonton film, maraton drama, atau sekedar tiduran sambil mendengarkan musik.

8. Kurangi baca berita soal corona

Dalam salah satu anjurannya, WHO menyarankan kita untuk mengurangi frekuensi membaca atau menonton berita soal corona.

Berita soal angka kasus positif corona dan korban meninggal yang bertambah setiap hari bisa saja justru membuat kamu panik dan stres.

Sementara itu, sebaiknya perbanyak informasi dan edukasi dirimu soal penyakit ini. Salah satunya melalui laman resmi dari WHO.

9. Stay connected!

Menjalani karantina mandiri memang memaksa kita untuk tidak bisa bertemu dan berkumpul dengan teman maupun saudara.

Pastikan dirimu selalu terkoneksi dengan orang-orang yang kamu cintai. Bisa dengan chat, email, video call, ataupun video conference.

Apalagi jika kamu perantau yang terancam tak bisa mudik. Pastikan untuk selalu berkabar dengan keluarga di kampung, agar kamu tak merasa sendiri dan terisolasi.

10. Please, stay at home!

Sampai semua pandemi ini berakhir, mari kita patuhi anjuran pemerintah dan WHO untuk melakukan physical distancing. Dengan cara tetap di rumah aja!

Ingatlah kalau kamu tidak sendiri, dan perlu kontribusi bersama agar pandemi ini bisa cepat berakhir.

Itu dia 10 tips yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat selama puasa. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir, dan kita bisa beraktivitas seperti biasa. Amin!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
register-docotr