Puasa

Cepat Dimasak, Ini 5 Pilihan Menu Sahur Praktis Anak Kost

April 28, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Supaya bisa sahur dengan teratur, waktu untuk menyiapkan makanan pun perlu lebih efisien. Terlebih untuk anak kost. Apa saja pilihan menu sahur praktis anak kost?

Sebaiknya hindari bergantung dengan makanan cepat saji seperti mie instan, ya. Meski mudah dan cepat dibuat, menu ini minim nutrisi untuk tubuh kamu.

Berikut 5 pilihan menu sahur praktis anak kost yang bisa kamu siapkan untuk Ramadhan tahun ini:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan menu sahur praktis anak kost yang bisa menjadi andalan. Tinggal tuang dalam mangkok, campurkan dengan susu yang kamu suka, menu sahur pun siap disantap.

Selain mengandung lebih dari puluhan kandungan nutrisi, oatmeal juga mudah untuk disajikan saat sahur.

Sebagai menu yang sehat, oatmeal juga mampu menghambat atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat di usus. Agar nutrisinya semakin beragam, campur oatmeal dengan buah-buahan juga, ya!

2. Kurma

Kurma bisa jadi menu camilan saat sahur yang praktis (Foto: Shutterstock.com)

Kurma bisa menjadi alternatif singkat sebagai menu sahur praktis anak kost jika terlambat bangun. Sebagian besar kandungan kurma diisi oleh karbohidrat.

Selain itu, kurma juga kaya asupan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Meski sederhana, anak kost tidak perlu takut kebutuhan gizinya tidak tercukupi walau hanya sahur dengan kurma. Ini karena kandungan nutrisi buah khas Ramadhan ini cukup besar.

100 gram kurma yang dikeringkan saja sudah mengandung 277 kalori dan 75 gram karbohidrat serta 7 gram serat.

3. Abon

Abon merupakan salah satu menu andalan bagi anak kost saat sahur. Penyajiannya praktis dan rasanya pun lezat saat disantap dengan nasi panas. Anak kost selalu menjadikan abon sebagai salah satu daftar penting menu sahur praktis yang harus tersedia.

4. Sarden

Ikan sarden selain praktis juga bergizi tinggi (Foto: Shutterstock.com)

Jika kamu memiliki waktu yang cukup untuk memasak, kamu bisa menyiapkan menu ikan sarden. Ikan sarden juga menjadi pilihan menu sahur praktis dan sehat.

Selain itu, mengonsumsi sarden memberi kamu beragam manfaat gizi, termasuk protein, vitamin, dan mineral.

5. Daging kornet

corned beef
Daging kornet yang praktis disajikan dengan nasi hangat (Foto: Shutterstock.com)

Daging kornet yang dikemas dalam kaleng bisa menjadi pilihan menu sahur yang praktis. Selain memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi, dalam 100 gram kornet juga mencukupi 215 kalori yang cukup untuk menjaga gizi kamu selama puasa.

Kornet bisa digoreng dengan campuran telur, kemudian ditambahkan nasi putih. Menu sahur praktis untuk anak kost yang lezat pun siap disajikan.

Untuk sarden dan daging kornet kalengan, kamu harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan saran penyimpanannya, ya.

Nah! Beragam menu sahur praktis untuk anak kos di atas bisa menjadi pilihan kamu agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Sekarang, tidak ada alasan lagi untuk kamu para anak kost melewatkan sahur, kan!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

healthline.com (2016) diakses 22 April 2020.   https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal#section4

healthline.com (2018) diakses 22 April 2020. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates

 

 

    register-docotr