Puasa

5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Makin Produktif saat Puasa

May 8, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Tetap produktif saat puasa bisa dilakukan melalui berbagai cara. Apalagi, Ramadan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Wabah COVID-19 mengakibatkan pola kerja berubah secara total.

Tantangan bekerja dari rumah selama berpuasa memiliki kesulitan sendiri. Mulai dari rasa kantuk yang pasti menyerang hingga kehilangan semangat karena jenuh bekerja.

Berikut tips agar kamu tetap produktif bekerja di rumah selama pandemi:

1. Perhatikan asupan gizi

Mulai mengatur pola makan dan konsumsi makanan mengandung gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat agar bisa memenuhi kalori yang dibutuhkan dan tetap produktif saat puasa.

Ketika waktu berbuka tiba, sebaiknya dimulai dengan konsumsi makanan yang manis, kemudian pilih makanan yang mudah diserap oleh tubuh seperti kolak atau kurma. Hindari makanan asam, pedas dan dingin.

2. Olahraga

Menyempatkan diri untuk olahraga akan membuat tubuh kamu sehat, bugar dan fit. Tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat karena akan menyebabkan tubuh lemas.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau lari santai di sekitar rumah. Dianjurkan saat berpuasa kamu melakukan olahraga di sore hari menjelang buka puasa, sehingga elektrolit-elektrolit yang hilang bisa segera tergantikan saat berbuka nanti.

3. Atur jam tidur

Jangankan kerja dari rumah, bekerja di kantor pun terkadang rasa kantuk menyerang apalagi ketika kamu sedang berpuasa. Rasa kantuk yang menyerang akan menghambat kemampuan agar lebih produktif saat puasa.

Untuk itu, disarankan agar kamu tidak melanjutkan tidur setelah sahur. Karena saat terbangun, kamu bisa merasakan efek yang kurang baik bagi tubuh seperti kepala pusing atau badan pegal-pegal.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti jam makan siang dengan tidur selama 20 menit, agar tubuh kembali mendapat kesegaran selama puasa.

Tidur siang mengembalikan energi saat puasa. Foto: https://www.liputan6.com/health/read/3584350/5-aturan-untuk-dapatkan-tidur-siang-penuh-manfaat

4. Rubah suasana tempat kerja

Untuk menghindari rasa jenuh, kamu bisa mencoba merubah ruangan tempat kamu bekerja agar suasananya terasa baru dan berbeda. Hindari bekerja dalam ruangan yang gelap karena kurang baik untuk kesehatan mata.

Mengutip Forbes.com, psikolog lingkungan Sally Austin dalam bukunya Built to Thrive: How to Build the Best Workplaces for Health, Well-Being, & Productivity menjelaskan bahwa betapa pentingnya faktor estetika seperti warna dinding dan tata letak furnitur dalam memengaruhi produktivitas kerja.

“Menciptakan ruang kerja yang nyaman dan sehat akan membuat kita merasa lebih bahagia ketika memulai kerja setiap paginya,” tutur Sally.

Perhatikan suasana ruang kerjamu. Foto: https://uangteman.com/blog/blog/jenis-kerja-dari-rumah/

Jauh lebih baik jika kamu memiliki ruang kerja pribadi agar setelah bekerja kamu dapat merasakan suasana yang berbeda ketika bertemu dengan keluarga.

5. Lakukan kegiatan yang menghibur

Jika kamu benar-benar sudah bosan atau lelah. Kamu bisa beristirahat sejenak dan lakukan hal-hal yang kamu suka. Kamu bisa bermain game, membaca buku, menonton video-video, mengecek media sosial atau tidur siang sejenak.

Menjaga suana hati ahar tetap nyaman saat bekerja akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kerja. Akhirnya akan membuat kamu tetap produktif saat puasa.

Nah, puasa bukan alasan untuk kita bermalsa-malasan ya. Tetap jaga kesehatan dan terapkanlah beberapa tips di atas agar kamu tetap produktif saat puasa.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. kumparan.com (2019) diakses 23 April 2020.  https://kumparan.com/kumparanwoman/tips-ramadhan-4-cara-untuk-tetap-produktif-bekerja-saat-puasa-1r2l6WfTcne/full
  2. forbes.com (2020) diakses 23 April 2020.  https://www.forbes.com/sites/adigaskell/2020/03/12/designing-the-best-workplace-even-when-its-at-home/#4271573d50b7
    register-docotr