Puasa

Ramadan Tiba, Ini 6 Persiapan Puasa Ketika Lockdown

April 21, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Persiapan puasa apa yang biasa kamu lakukan untuk menyambut momen spesial ini?

Kalau tahun-tahun sebelumnya kamu terbiasa berbelanja bahan makanan untuk sahur dan berbuka ke supermarket, tahun ini sepertinya rutinitas persiapan puasa tersebut tidak bisa dilakukan dulu, nih.

Ya, adanya pandemi wabah COVID-19 mau tak mau mengharuskan kita mengubah banyak kebiasaan. Salah satunya terkait persiapan puasa di bulan Ramadan.

Kira-kira apa saja, ya, persiapan puasa yang perlu kita lakukan agar tetap lancar dan semangat meski di tengah lockdown seperti sekarang?

Persiapan puasa untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi

Di bulan Ramadan kali ini, daya tahan tubuh menjadi lebih penting dari biasanya. Karena, selain menjaga kesehatan selama puasa, kita juga tetap harus mempersiapkan sistem imun untuk melawan virus penyakit yang sedang melanda dunia saat ini.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan tubuh menjalani puasa di tengah pademi virus Corona, seperti berikut ini:

1. Merancang pola makan sehat

Jika di hari biasa saja kamu perlu menjaga asupan nutrisi agar tubuh tetap sehat, apalagi untuk persiapan puasa di tengah pandemi seperti sekarang.

Coba rancang pola makan sehat yang mudah diaplikasikan selama bulan Ramadan ini. Perhatikan keseimbangan asupan nutrisi selama sahur dan berbuka agar tubuh tetap kuat selama berpuasa.

Utamakan memilih bahan makanan yang segar agar manfaatnya tetap optimal saat masuk ke dalam tubuh.

Jangan lupa pastikan juga menu makanan yang telah kamu rencanakan diolah dengan cara yang higienis.

2. Rutin mengonsumsi suplemen vitamin atau ramuan herbal

Salah satu bekal utama agar puasa tetap lancar di bulan Ramadan adalah daya tahan tubuh yang baik. Selain menjaga asupan nutrisi, kamu juga bisa melakukan usaha ekstra dengan rutin meminum vitamin atau ramuan herbal.

Vitamin adalah salah satu elemen penting yang diperlukan untuk menunjang fungsi tubuh agar tetap bekerja optimal. Di tengah kondisi seperti sekarang, sudah pasti kamu butuh usaha ekstra untuk menjaga kekebalan tubuh agar lebih kuat daripada biasanya.

Jadi, tak ada salahnya mulai meminum suplemen tambahan atau ramuan tradisional seperti temulawak, madu, atau jahe agar daya tahan tubuh semakin baik.

3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Sebelum pandemi COVID-19 datang, mungkin kamu menghabiskan sebagian besar waktu untuk beraktivitas di luar ruangan. Saat itu bisa jadi kamu belum se-concern sekarang dengan upaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Sekarang setelah pemerintah menggalakan berbagai kebiasaan sehat untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut, kamu pun mulai terbiasa beraktivitas di rumah sambil melakukan rutinitas-rutinitas kesehatan yang ”baru”.

Mulailah dari rutin mencuci tangan, membersihkan diri sehabis bepergian, penyemprotan disinfektan, dan semacamnya. Ada baiknya kebiasaan-kebiasaan tersebut tetap dilanjutkan di bulan Ramadan, nih.

Selain bertujuan untuk berjaga-jaga agar tidak terkena penyakit, menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga menjadi peluang pahala di bulan Ramadan.

4. Membeli stok makanan untuk jangka waktu yang ditentukan

Agar puasa tetap berjalan lancar, tentu kamu perlu memiliki persediaan bahan makanan yang cukup di rumah selama masa pandemi ini. Tapi seperti yang kita tahu, saat ini kamu tak bisa bepergian keluar rumah seleluasa dulu.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membeli stok makanan untuk jangka waktu tertentu sebagai bahan amunisi selama Ramadan. Kategorikan bahan-bahan makanan yang diperlukan berdasarkan tanggal kedaluwarsanya.

Misalnya untuk makanan instan atau daging yang bisa bertahan lama di freezer, kamu bisa membelinya dalam jumlah yang cukup banyak. Sementara untuk sayur dan buah-buahan bisa dibeli untuk keperluan selama seminggu.

Jadi tak perlu khawatir kehabisan bahan makanan untuk sahur dan berbuka, deh.

Persiapan puasa di masa lockdown agar kesehatan mental terjaga

1. Jaga kualitas tidur

Banyak penelitian menyebutkan bahwa tidur memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mental. Di momen Ramadan, kamu juga bisa memperbaiki pola tidur agar pikiran tetap rileks selama berpuasa, lho.

Usahakan segera tidur setelah selesai menunaikan ibadah solat isya dan tarawih. Jauhkan gadget dari jangkauan saat kamu sudah berada di tempat tidur dan jangan lupa set alarm agar berbunyi di saat sahur telah tiba.

Tak hanya waktu beristirahat yang jadi semakin berkualitas, kamu pun bisa bangun sahur tanpa harus terburu-buru.

2. Menyesuaikan jadwal ibadah selama di rumah

Ibadah adalah salah satu cara menjaga diri agar tetap waras dan tenang selama musim wabah seperti ini. Selain untuk berefleksi, kamu juga bisa menjadikan ibadah sebagai media berserah diri.

Namun mengingat sekarang kamu tak bisa beribadah ke masjid, mungkin sudah saatnya mencari alternatif ibadah yang bisa dikerjakan dari rumah.

Jika sebelumnya kamu terbiasa buka bareng di restoran favorit, sekarang saatnya menghabiskan waktu untuk berbuka di rumah bersama keluarga.

Begitu pun dengan ibadah lain seperti sedekah takjil untuk di masjid. Kamu bisa menggantinya dengan bersedekah makanan ke pengemudi ojek online lewat aplikasi. Sama-sama bermanfaat, kan?

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr