Kehamilan

Sedang Puasa Saat Hamil Muda? Ikuti Panduan Ini

May 7, 2020 | Anisya Fitrianti
feature image

Menjalankan ibadah puasa saat hamil muda sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Menurut kepercayaan Islam, sebenarnya ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun jika kamu ingin tetap menjalankan ibadah puasa saat hamil muda bukanlah masalah besar.

Pada kondisi hamil muda atau trimester ketiga adalah periode kehamilan ketika bayi menunjukkan pertumbuhan yang cepat. Selama periode ini, bayi membutuhkan lebih banyak nutrisi dan jumlah mineral dan vitamin dalam jumlah banyak untuk mempertahankan pertumbuhan yang cepat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester di Inggris, puasa saat hamil muda sebenarnya tidak membahayakan bagi ibu maupun bayi dalam kandungan.

Meski begitu beberapa penelitian lain menunjukan bayi yang lahir dari perempuan yang puasa memiliki berat badan yang sedikit lebih rendah. 

Puasa saat hamil muda

Tidak ada perbedaan skor Apgar antara bayi yang dilahirkan perempuan berpuasa maupun perempuan yang tidak berpuasa. 

Puasa saat hamil dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir yang lebih rendah, terutama jika puasa terjadi pada trimester pertama. Namun, penelitian lain menemukan bahwa perbedaan berat lahir pada bayi sangatlah kecil.

Bayi yang lahir dari ibu yang puasa saat hamil dapat tumbuh menjadi sedikit lebih pendek dan lebih tipis. Tetapi tidak usah terlalu khawatir, perbedaan ini sangatlah kecil.

Meski keseimbangan darah berubah saat puasa, hal ini tidak berbahaya bagi kamu ataupun bayi dalam kandungan.

Berbagai penelitian mengenai kehamilan dan puasa masih berlangsung hingga saat ini. Perdebatan mengenai puasa saat hamil muda juga masih dibicarakan oleh berbagai ahli medis. 

Jika kamu ingin tetap melaksanakan ibadah puasa saat hamil muda, tidak perlu terlalu khawatir. Berikut panduan yang dapat dilakukan sebelum memutuskan puasa: 

Bagaimana agar puasa tetap lancar saat hamil muda?

  • Lakukan pemeriksaan atau konsultasi ke dokter sebelum mulai berpuasa. Kalau kamu ternyata memiliki diabetes, puasa saat hamil sangat tidak dianjurkan lho.
  • Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cola.
  • Banyak minum air agar tidak dehidrasi.
  • Batasi jam kerja dan hindari kelelahan.
  • Hindari aktivitas fisik yang menguras energi.
  • Atur asupan gizi saat puasa dan sahur. Pilihlah menu yang dapat baik untuk kesehatanmu.  
  • Hindari stress.
  • Konsumsi suplemen dan multivitamin.

Meski puasa dalam keadaan hamil muda tidak dilarang, tapi kamu harus waspada saat tubuhmu memberikan tanda-tanda yang tidak baik. Jika tubuh terus mengindikasikan kondisi yang memburuk lebih baik hentikan puasa. 

Kapan harus hentikan puasa saat hamil?

Jangan memaksakan diri jika pada saat puasa tubuh kamu mengalami gejala-gejala berikut:

  • Berkurangnya frekuensi buang air kecil disertai dengan perasaan sering haus.
  • Jika mengalami mual dan muntah lebih baik segera ke dokter.
  • Sakit kepala, rasa sakit di bagian tubuh lain serta demam.
  • Warna urin yang gelap dan berbau kuat.
  • Kelelahan ekstrim.

Tips berbuka puasa bagi perempuan hamil muda

Nah, selain tips di atas, kamu juga harus berhati-hati ketika waktu berbuka tiba. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Jangan makan terburu-buru

Saat puasa sistem pencernaan sedang beristirahat sehingga makanlah secara perlahan-lahan. Selain itu, konsumsi makanan dengan potongan yang kecil supaya tubuh tidak kaget saat mencerna. 

  • Berbukalah dengan air 

Hindari berbuka puasa dengan meminum minuman berkafein seperti kopi, teh, teh hijau, dan cola. Cukup minum air untuk mengembalikan cairan dalam tubuhmu yang hilang selama puasa.

  • Hindari makanan berlemak

Sebaiknya saat berbuka puasa jangan konsumsi makanan daging olahan seperti sosis, nugget serta makanan lain yang tinggi kandungan lemak. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Glazier, J.D., Hayes, D.J.L., Hussain, S. et al. The effect of Ramadan fasting during pregnancy on perinatal outcomes: a systematic review and meta-analysis. BMC Pregnancy Childbirth 18, 421 (2018).

Ziaee, V., Kihanidoost, Z., Younesian, M., Akhavirad, M. B., Bateni, F., Kazemianfar, Z., & Hantoushzadeh, S. (2010). The effect of ramadan fasting on outcome of pregnancy. Iranian journal of pediatrics, 20(2), 181–186.

Babycentre.co.uk. Fasting during pregnancy.

Parenting.firstcry. Fasting during pregnancy. 

    register-docotr