Puasa

Sering Merasa Mual saat Puasa? Ternyata Ini Loh Penyebabnya!

May 10, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Dalam menjalankan puasa kamu diharuskan untuk menahan rasa lapar dari subuh hingga sore hari. Tak sedikit dari kamu yang pastinya sering merasa mual saat puasa.

Hal ini pastinya sangat membuat kamu merasa tidak nyaman untuk beraktifitas. Ternyata ada beberapa penyebab kamu sering merasa seperti ini, kita simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Puasa di Musim Pandemi

Apa penyebab sering merasa mual saat puasa?

Perut mual sangat amat tidak nyaman apalagi saat kita menjalankan puasa. Bisa-bisa kamu akan sakit jika kondisi ini tidak cepat ditangani. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamu merasa mual saat puasa, berikut beberapa penyebabnya:

  • Langsung tidur setelah sahur

Memang rasanya begitu nikmat ketika kamu setelah habis makan sahur langsung melanjutkan kembali tidur kamu. Tetapi perlu kamu ketahui, bahwa hal ini yang menjadi salah satu kamu merasa mual saat sahur. 

Efek mualnya mungkin tidak secara langsung, tetapi kamu akan merasa mual saat siang hari dalam beraktifitas. Dimana tidur dalam keadaan perut kenyang akan meningkatkan asam lambung yang sangat berbahaya bagi tubuh kamu. Alangkah baiknya kamu menunggu sekitar 1 jam atau lebih sebelum melanjutkan tidur,

  • Menu sahur yang kurang sehat

Hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kamu merasa mual saat sahur. Kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka. 

Sebaiknya makan makanan yang bergizi dan memiliki banyak vitamin agar energi kamu tetap stabil dalam beraktifitas. Kamu  juga harus menghindari makanan yang berminyak, makanan pedas, asam, dan terlalu asin. 

Penyebab lain yang menjadi pemicu kamu merasa mual?

  • Terlalu kenyang

Memang sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk semua aspek apalagi untuk kesehatan kamu. Mungkin kamu beranggapan bahwa makan yang langsung banyak dapat membuat kamu menjadi sangat kenyang dan bisa makan lebih sedikit di waktu makan berikutnya, ternyata hal ini tidak baik untuk kesehatan kamu.

Makan terlalu kenyang saat sahur dapat menyebabkan asam lambung kamu naik dan dapat mengalami heartburn. Tak hanya itu saja, hal ini juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kamu yang bisa membuat kamu terkena obesitas dan diabetes.

  • Kurang minum air putih

Air menjadi faktor penting dalam kehidupan kita terlebih saat kamu berpuasa. Kamu diharuskan memiliki asupan cairan yang cukup. Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi jika kamu kurang minum air putih. 

Selain merasa haus, kurang minum air putih juga dapat menyebabkan kamu menjadi cepat lelah dan perut kamu akan terasa mual saat menjalankan aktivitas. Tak hanya bagi tubuh, kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein

Kopi dan teh adalah minuman yang paling banyak mengandung kafein. Memang minuman ini sangat mengugah selera, tetapi hal ini bisa menjadi penyebab kamu mual saat sahur dan berbuka. 

Mengonsumsi kafein dapat menyebabkan asam lambung kamu akan cepat naik yang bisa menyebabkan kamu merasa mual. Selain itu kamu juga akan merasa cepat haus, mudah lelah dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Baca Juga: Yuk Kenali, Pahami dan Cegah Penularan HIV/AIDS

Bagaimana cara mengatasi mual saat puasa?

Memang saat berpuasa tak sedikit orang yang mengalami masalah pada sistem pencernaan, salah satunya mual. Ada beberapa cara untuk kamu untuk mencegah terjadinya mual saat sahur dan puasa.

  • Pilihkan makanan sahur dan berbuka yang tepat

Memang ketika kita sahur dan berbuka puasa, kita menginginkan banyak makanan yang sangat menggugah selera. Mulai dari makanan pedas dan asam. Kamu bisa mencari alternatif dengan makanan yang tetap nikmat dengan bumbu rempah yang tidak terlalu pedas, dan memiliki serat yang tinggi seperti sayur dan buah

  • Minum air hangat

Hal ini merupakan cara sederhana dalam mengatasi perut mual saat sahur dan berbuka. Minum air hangat dipercaya dapat membuat perut terasa lebih nyaman. Agar lebih nikmat, kamu bisa mencampurkan air hangat dengan jahe agar perut kamu menjadi lebih hangat.

  • Makan jangan terlalu terburu-buru

Biasanya banyak orang yang makan saat sahur dan berbuka dengan terburu-buru agar bisa melanjutkan kembali tidur mereka ketika selesai makan. Dengan mengunyah secara perlahan, hal ini dapat membantu tubuh kamu dalam melakukan pencernaan. Dengan menerapkan hal ini, kamu bisa terhindar dari perut mual.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr