Puasa

Stop Minum Kopi Saat Sahur! Ini Bahayanya

April 22, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Kopi di era sekarang ini sudah menjadi salah satu gaya hidup bagi sebagian orang. Tetapi ternyata minum kopi saat sahur tidak dianjurkan loh, simak ulasannya di bawah ini yuk!

Apa bahayanya kalau kita minum kopi saat sahur?

Meski kopi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata minum kopi saat sahur sangat tidak dianjurkan.

Mengapa demikian? Karena saat sahur kita belum mengkonsumsi makanan apapun terlebih dahulu, ternyata bisa merusak sistem pencernaan kita.

Selengkapnya, simak berbagai efek samping yang bisa timbul akibat sering ngopi saat sahur di bulan puasa:

  • Kopi dapat meningkatkan produksi asam klorida dan cairan lambung di perut yang berfungsi membantu meleburkan makanan. Hal ini dapat menyebabkan zat asam klorida merusak bagian dalam perut dan membuat iritasi lambung.
  • Minum kopi saat sahur yaitu dapat memicu dehidrasi. Ini dikarenakan kopi memiliki sifat diuretik yang dapat membuat frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Apalagi saat berpuasa, kita tidak diperbolehkan minum sepanjang hari. Jadi, cairan yang keluar dari tubuh saat buang air kecil tak bisa segera digantikan.
  • Kopi juga berfungsi melepaskan hormon yang membuat kamu mengalami perubahan mood. Jangan heran kalau kamu suka tiba-tiba bete.
  • Minum kopi saat sahur juga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, pusing, dan sembelit. Berat badan kamu juga bisa menurun jika kamu tidak mengonsumsi makanan terlebih dahulu saat sahur.

Apa saja minuman pengganti kopi yang lebih sehat untuk sahur?

Walaupun minum kopi saat sahur tidak dianjurkan karena membahayakan tubuh, kamu tidak perlu khawatir kok. Ada alternatif minuman lain yang cocok diminum saat sahur.

Berikut daftar minuman sehat yang cocok dikonsumsi saat sahur.

  • Jus Buah

Makanan dan minuman yang kaya akan serat sangat dianjurkan saat sahur. Seperti minum jus buah yang kaya akan vitamin dan menyehatkan bagi tubuh kita.

Selain mencukupi kebutuhan mineral bagi tubuh, minum jus buah mampu meningkatkan konsentrasi tinggi dan mempertahankan agar tubuh tetap fit sepanjang hari.

  • Air Putih

Sudah tak asing lagi bahwa air putih sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tubuh kita sangat membutuhkan air putih di kehidupan sehari-hari apalagi saat berpuasa yang di mana kita harus menahan haus sepanjang hari. 

Kita dianjurkan meminum air putih saat berbuka puasa untuk menghindari dehidrasi pada tubuh kita. Meski dianjurkan, tetapi minum air putih secara berlebihan saat sahur juga sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan overdehidrasi atau kelebihan cairan tubuh.

  • Teh Hijau Hangat

Meski teh menjadi andalan bagi kita saat berbuka puasa, ternyata ada beberapa ketentuan mengonsumsi teh yang cocok untuk sahur. Bagi sebagian orang, teh manis hangat adalah minuman yang paling cocok sahur maupun berbuka.

Nah, untuk sahur, coba pilih teh hijau hangat.

Minum teh hijau hangat tanpa gula sangat disarankan untuk sahur karena dapat membantu membunuh bakteri yang ada di mulut.

Teh hijau juga sangat baik untuk menjaga berat badan sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi berat badanmu mengalami penggemukan selama bulan Ramadhan ini.

  • Susu Hangat

Susu memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita apalagi selama berpuasa. Minum susu sebagai pelengkap sahur akan menambah asupan cairan yang sangat baik bagi tubuh.

Kandungan vitamin yang dimiliki susu dapat memberi manfaat baik bagi kesehatan orang yang sedang berpuasa.

  • Yoghurt

Sudah tak asing lagi bahwa yoghurt memiliki kandungan yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat di usus yang sangat baik untuk pencernaan kita.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Livestrong.com (2019) diakses 21 April 2020. The Negative Health Effect of Drink Coffee. 21 April 2020 pukul 14.00
  2. Healthline (2018) diakses 21 April 2020. Coffee – Good or Bad?. 21 April 2020 pukul 14.50.
    register-docotr