Puasa

Ingin Turunkan Berat Badan Selama Puasa? Ini Tipsnya

May 3, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Menurunkan berat badan dengan puasa telah menjadi rahasia umum. Namun faktanya tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik.

Banyak yang terlena mengonsumsi berbagai macam hidangan saat berbuka, sehingga pada akhirnya gagal menurunkan berat badan.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan agar bisa sukses menurunkan berat badan dengan puasa? 

Lakukan 4 tips berikut

1. Perhatikan kebutuhan kalori harian

Berpuasa bukan berarti melupakan kebutuhan kalori dengan makan sebebasnya. Secara umum kebutuhan kalori wanita dewasa sekitar 2.000 sementara untuk pria 2.500.

Namun, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Untuk memastikannya, kamu bisa gunakan berbagai aplikasi yang tersedia di ponsel pintarmu. 

Selain itu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter gizi agar niat untuk mengurangi berat badan selama Ramadan bisa tercapai.

2. Jangan tergoda makanan manis

Pada prinsipnya, untuk menurunkan berat badan kamu harus mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara berpuasa selama 12 hingga 14 jam.

Jika ingin merasakan makanan manis, cobalah diganti dengan minuman manis alami, misalnya jus dan buah-buahan yang tentunya juga lebih menyehatkan dan bernutrisi.

3. Perbanyak minum air putih

Banyak alasan kenapa minum air putih termasuk ke dalam tips sukses diet saat berpuasa, ini karena tubuh perlu cairan yang cukup. 

Saat puasa kamu harus tetap memenuhi kebutuhan air minimal 8 gelas per hari. Kebutuhan itu harus terpenuhi dari waktu berbuka hingga sahur. 

Di Indonesia sudah banyak yang melakukan cara 2-4-2 sebagai sistem minum air putih selama puasa, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas saat tarawih.

4. Tetap kenyang dan menjaga nutrisi

Diet saat berpuasa bukan berarti menyiksa diri. Kamu juga harus membuat tubuhmu mendapat asupan nutrisi dengan gizi seimbang.

Jangan lupa perbanyak sayuran berserat tinggi seperti bayam, brokoli dan juga kembang kol yang dapat membantumu merasa kenyang dengan jumlah kalori yang rendah. 

Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi buah alpukat yang kaya akan karbohidrat dan serat.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com diakses 22 April 2020 How Intermittent Fasting Can Help You Lose Weight
  2. Medicalnewstoday.com diakses 22 April 2020 Can water help you lose weight?
  3. Medicalnewstoday.com diakses 22 April 2020 How to begin intermittent fasting

 

 

    register-docotr