Puasa

Tips Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

May 11, 2020 | Husni Efendi
feature image

Asam lambung naik saat puasa tentunya bisa mengganggu kamu beraktivitas di bulan Ramadan. Kira-kira bagaimana tips terbaik mencegah asam lambung saat puasa? Simak, yuk!

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin beberapa dari kamu percaya bahwa puasa dapat membantu membersihkan tubuh dari berbagai racun, yang mengakibatkan masalah kesehatan sehari-hari.

Faktanya, puasa bukan hanya tentang ritual keagamaan. Jika kamu mau berpuasa, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, khususnya bila kamu memiliki kondisi-kondisi khusus, misal mempunyai keluhan sakit perut seperti gangguan asam lambung yang sering naik.

Baca Juga: Supaya Ibadah Nyaman, Jangan Sampai Terkena Flu saat Puasa

Keluhan umum saat puasa

Biasanya, gejala umum yang ditemui adalah rasa nyeri di dada disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya. Misalnya, jadi sering bersendawa, atau merasakan mual dan muntah.

Tanda-tanda lainnya saat asam lambung naik biasanya juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa kering dan asam. Istilah lain dari naiknya asam lambung ini juga dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease), gangguan pencernaan asam, atau dispepsia.

Apa pun sebutannya, ketika ini terjadi, dapat mengiritasi lapisan kerongkongan, menyebabkan rasa sakit, rasa terbakar atau rasa asam di tenggorokan kamu, yang biasanya juga disertai hal-hal seperti batuk kering, masalah tidur atau kesulitan menelan.

Tips hindari asam lambung naik

Minum air hangat

Minumlah air hangat saat buka puasa atau sahur. Air hangat, dan bahkan air panas, bisa dibilang membantu menenangkan perut lebih dari air dingin, yang dapat mengiritasinya.

Minum air sedikit

Minumlah air dalam jumlah sedikit demi sedikit. Meminum air putih sedikit demi sedikit tapi relatif sering, akan lebih bagus, daripada kamu meneguk air minum yang banyak dalam waktu langsung bersamaan.

Tidur disangga bantal

Tidur disangga menggunakan bantal. Saat kamu tidur, perut akan mengirim asam ke tenggorokan jika kamu berbaring terlentang. Tidur dengan ganjalan bantal mengurangi kemungkinan ini, dan akan membantu mencegah sakit tenggorokan di pagi hari.

Hindari tambahkan sesuatu

Hindari menambahkan sesuatu pada air yang kamu minum. Air putih sudah cukup. Hindari meminum seperti jus lemon misalnya, yang dapat menyebabkan asam lambung kamu naik.

Kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah asam lambung naik saat puasa

Sementara untuk mencegah asam lambung naik saat puasa, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini.

1. Jangan makan secara berlebihan

Makan secara berlebih bisa menyebabkan perutmu menjadi merasa mulas. Makanlah porsi sedang saat berbuka puasa. Ini akan membantu menjaga perutmu agar tidak terlalu kenyang dan juga akan membantu mencegah produksi asam lambung yang berlebihan. Setengah porsi makanan pokok dari biasanya yang kamu makan dan beberapa kudapan kecil sudah cukup.

2. Jangan makan terlalu cepat, ini bisa membuat asam lambung naik saat puasa

Ketika kamu makan terlalu cepat, sulit bagi sistem pencernaanmu untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Yang terjadi malah kamu bisa menderita pencernaan yang buruk, yang meningkatkan peluang mengalami mulas.

Beberapa cara untuk membantu kamu supaya saat makan tidak terlalu cepat adalah, kunyah makanan  dengan saksama sebelum menelan, telan ketika memang makanan sudah terasa halus.

Kunyah dengan menggunakan metode hitungan 20 atau 30 kali, sebelum mulut mengunyah makanan berikutnya. Masukkan makanan ke dalam mulut secukupnya, jangan sampai penuh hingga membuatmu kesusahan dalam mengunyah.

3. Hindari makanan dan minuman ini

Ada beberapa makanan dan minuman yang layak bisa kamu jauhi, jika asam lambungmu tidak ingin cepat naik. Beberapanya di antaranya adalah, makanan yang digoreng (berminyak), daging tinggi lemak, saus krim, produk susu murni, cokelat, permen, makanan pedas, dan produk berbasis tomat.

Hindari juga minuman yang berkafein, berkarbonasi, alkohol, jus jeruk, atau jus lemon.

4. Jangan langsung tidur setelah makan

Berbaring dengan perut penuh setelah makan dapat menyebabkan isi perut menekan lebih keras.

Tunggu setidaknya dua hingga tiga jam setelah makan untuk tidur. Hindari juga memakan camilan tidak sehat tengah malam.

5. Untuk mencegah asam lambung naik saat puasa, jangan merokok

Merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, dan mulas adalah salah satunya. Hal ini terutama berlaku untuk kamu yang ingin mencegah asam lambung naik.

Merokok dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ini juga dapat meningkatkan pergerakan garam empedu dari usus ke lambung, yang membuat asam lambung lebih berbahaya.

6. Hindari minuman beralkohol

Alkohol dapat meningkatkan jumlah asam yang dihasilkan lambung. Jika terpaksa, pilihlah bir atau minuman anggur non-alkohol. Hindari sebisa mungkin minuman yang mengandung alkohol.

Baca Juga: Para Gamer Online, Hati-Hati Penyakit Tangan Ini Mengintai Kamu

7. Jangan terlalu stres, karena membuat asam lambung naik saat puasa

Stres belum terbukti benar-benar menyebabkan mulas. Namun, hal itu dapat menyebabkan perilaku yang dapat memicu mulas. Selama masa-masa penuh tekanan, rutinitas terganggu, dan menjadikan kamu tidak teratur saat makan dan olahraga.

Penting untuk menemukan cara untuk meredakan stres, dan dengan demikian membuat mulas yang berhubungan dengan stres akan lebih kecil kemungkinannya bisa timbul.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan hindari, untuk mencegah asam lambung naik saat puasa. Selamat mencoba, dan semoga lancar puasanya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

– Health.harvard.edu, diakses 23 April 2020, 9 ways to relieve acid reflux without medication

https://www.health.harvard.edu/digestive-health/9-ways-to-relieve-acid-reflux-without-medication

– Medicalnewstoday.com, diakses 23 April 2020, Fasting: Health benefits and risks

https://www.medicalnewstoday.com/articles/295914#The-potential-benefits-of-intermittent-fasting

– Leaf.tv, diakses 23 April 2020, How to Control Stomach Acid When Fasting

https://www.leaf.tv/articles/how-to-control-stomach-acid-when-fasting/

– aarp.org, diakses 23 April 2020, 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms

https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2017/foods-help-acid-reflux-fd.html

– livestrong.com, diakses 23 April 2020, Acid Indigestion When You’re Fasting: What You Need to Know

https://www.livestrong.com/article/449556-fasting-and-acid-indigestion/

– verywhellhealth.com, diakses 23 April 2020, 10 Things to Stop Doing If You Have GERD

https://www.verywellhealth.com/stop-doing-with-gerd-1742213

 

– keto2fast.com, diakses 23 April 2020, How to prevent Acid Reflux when Fasting

https://keto2fast.com/how-to-prevent-acid-reflux-when-water-fasting

    register-docotr