Puasa

Manfaat Vitamin D saat Puasa, Bisa Turunkan Berat Badan!

May 16, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Benarkah vitamin D hanya berfungsi sebagai nutrisi bagi pertumbuhan tulang dan gigi? Mari kita bahas manfaat vitamin D saat puasa dan juga bagi kesehatan secara menyeluruh.

Vitamin D adalah nutrisi baik yang bisa kita dapat dari makanan yang kita konsumsi. Tapi, tubuh kita juga bisa memproduksinya sendiri saat terekspos sinar matahari.

Baca Juga: Bukan Cuma Ibadah, Ini Dia Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat vitamin D saat puasa

Jika ditelisik, vitamin D punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih saat kita berpuasa di bulan ramadan seperti sekarang ini.

Berikut beberapa manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh kita:

1. Penyerapan kalsium dan fosfor

Fungsi vital dari vitamin D salah satunya adalah mengatur penyerapan kalsium dan fosfor. Kandungan ini berperan pada pertumbuhan dan kesehatan tulang serta gigi.

Jika kamu kekurangan vitamin D maka risiko terjadinya osteomalasia atau tulang lunak, dan osteoporosis atau tulang rapuh akan semakin tinggi.

2. Tingkatkan sistem imun

manfaat-vitamin-d-saat-puasa
Sistem imun tubuh. Sumber foto : https://beaconpace.com/

Di tengah wabah corona, gencar sekali kampanye untuk berjemur demi meningkatkan sistem imun. Sebab, sistem imun yang rendah bisa tingkatkan risiko terinfeksi COVID-19.

Dilansir dari Harvard School of Public Health, berbagai penelitian telah meningkatkan kemungkinan adanya kaitan antara level vitamin D rendah dengan potensi terpapar COVID-19.

Dengan sistem imun yang baik, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Seperti flu, pilek, dan demam.

3. Bantu turunkan berat badan

Kerap alami kenaikan berat badan setelah ramadan karena pola makan tak terkontrol? Coba untuk mulai konsumsi makanan dan suplemen vitamin D.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menyebut orang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D secara rutin mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak.

Dibanding dengan objek lain yang mengonsumsi suplemen plasebo. Hal ini bisa terjadi karena vitamin D punya efek untuk menekan nafsu makan.

4. Kurangi level stres atau depresi

Ramadan pada 2020 ini memang berbeda, sebab kita harus menjalaninya di tengah wabah corona. Tak sedikit orang yang mulai stres karena harus karantina dan tak bisa beraktivitas normal.

Dilansir dari Healthline, ternyata vitamin D bisa berperan dalam mengurangi tingkat depresi seseorang. Orang depresi yang diberi asupan suplemen vitamin D ternyata mengalami penurunan gejala depresi.

Begitu pula penelitian yang melibatkan pasien fibromyalgia, ternyata orang dengan gejala depresi dan kecemasan berlebih punya level vitamin D yang rendah.

5. Cegah berbagai penyakit berbahaya

Penyakit Berbahaya. Sumber foto : https://dissolve.com/

Asupan vitamin D yang cukup juga bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya. Berikut beberapa diantaranya:

  • Menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara, usus, dan prostate.
  • Mampu turunkan tekanan darah, sehingga bisa hindarkan kamu dari darah tinggi dan penyakit cardiovascular, seperti serangan jantung.
  • Jauhkan risiko penyakit sklerosis.
  • Menurunkan risiko terserang diabetes tipe 2.

Ini faktor berkurangnya manfaat vitamin D saat puasa

Mengetahui manfaat di atas, pasti kamu ingin mendapatkannya juga kan? Nah, jika begitu maka kamu harus perhatikan beberapa faktor yang bisa sebabkan kurangnya vitamin D berikut:

  • Tinggal di area dengan polusi tinggi.
  • Menggunakan sunscreen. Dilansir dari Harvard School of Public Health, penggunaan sunscreen bisa kurangi tingkat penyerapan vitamin D sampai 90 persen.
  • Terlalu banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan.
  • Tinggal di perkotaan yang banyak gedung tinggi, sehingga kurangnya paparan sinar matahari.
  • Miliki warna kulit yang cenderung gelap. Pigmen pada kulit gelap mengurangi penyerapan vitamin D.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Kerap Ditanyakan Seputar Penggunaan Pantyliner

Tips dapatkan manfaat vitamin D saat puasa

Untuk memastikan kamu mendapat asupan vitamin D yang cukup saat ramadan ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut tips untuk dapatkan manfaat vitamin D saat puasa:

1. Dapatkan manfaat vitamin D saat puasa dengan berjemur

Ya, sinar matahari adalah sumber vitamin D alami yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Sebanyak apapun vitamin D yang kamu dapat dari sinar matahari, ini tak akan membuat kamu overdosis.

Dilansir dari Medical News Today, kita disarankan untuk berjemur selama 5-10 menit, sebanyak 2-3 kali per minggu. Waktu yang tepat antara jam 10 pagi sampai jam 3 sore.

Ada baiknya untuk gunakan baju yang lebih terbuka dan buka bagian lengan serta kaki. Pemilihan lokasi berjemur juga penting, pastikan kamu terpapar sinar matahari langsung.

Dilansir dari National Institute of Health, sinar matahari yang mampu memproduksi vitamin D tak mampu menembus kaca. Jadi paparan sinar di dalam ruangan tak akan ada gunanya.

2. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin D

Selain dari berjemur, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari berbagai jenis makanan. Berikut beberapa makanan yang bisa kamu pilih:

  • Kuning telur
  • Ikan yang tinggi lemak seperti salmon, tuna,dan sarden
  • Udang
  • Hati sapi
  • Jamur
  • Produk olahan yang diperkaya vitamin D. Seperti susu, sereal, yogurt, dan jus.

3. Suplemen vitamin D

manfaat-vitamin-d-saat-puasa
Suplemen vitamin D. Sumber foto : https://www.bbc.com/

Konsumsi suplemen vitamin D ini harus diperhatikan dosisnya. Sebab jika berlebih akan sebabkan beberapa masalah kesehatan. Gejala kelebihan vitamin D diantaranya:

  • Mulut kering
  • Hilangnya nafsu makan
  • Konstipasi
  • Diare
  • Muntah-muntah

Dilansir dari Medical News Today, berikut dosis konsumsi vitamin D harian yang diukur dengan ukuran IU (International Units) atau micrograms (mcg):

  • 0 – 12 bulan : 400 IU atau 10 mcg
  • 1 – 18 tahun : 600 IU tau 15 mcg
  • 18 – 70 tahun : 600 IU atau 15 mcg
  • 70 tahun ke atas : 800 IU atau 20 mcg
  • Ibu hamil dan menyusui : 600 IU atau 15 mcg


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 24 April 2020. The Benefits of Vitamin D.

Medical News Today. Diakses pada 24 April 2020. What are the health benefits of vitamin D?.

Medical News Today. Diakses pada 24 April 2020. Are you getting enough vitamin D?.

Webmd. Diakses pada 24 April 2020. Vitamin D: Vital Role in Your Health.

Harvard School of Public Health. Diakses pada 24 April 2020. The Nutrition Source: Vitamin D.

National Institutes of Health. Diakses pada 24 April 2020. Vitamin D Fact Sheet for Health Professionals.

    register-docotr