Puasa

Jadi Andalan Saat Puasa, Inilah Manfaat Timun Suri yang Perlu Kamu Tahu!

December 4, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Timun suri merupakan buah yang paling banyak diburu pada saat bulan Ramadhan. Manfaat timun suri yang utama adalah dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga.

Buah bertekstur lembut ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat berbuka puasa.

Tetapi tahukah kamu bahwa timun suri memiliki manfaat lainnya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kandungan kalori timun suri dan nutrisi lainnya

Timun suri merupakan buah yang termasuk dalam anggota labu-labuan (cucurbitaceae) seperti melon. Timun suri memiliki rasa yang menyegarkan karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi.

Kandungan yang terdpaat dalam timun suri. Sumber foto: https://www.shutterstock.com/

Oleh karena itu tidak salah jika kebanyakan orang saat bulan puasa menjadikan buah ini pilihan untuk berbuka. Tak hanya itu saja, kalori timun suri juga rendah.

Setiap satu cangkir porsi (104 gram), kandungan kalori timun suri hanya sebanyak 16 kalori. Sedangkan, untuk keseluruhan timun suri, yakni 11 ons (300 gram) mengandung 45 kalori.

Timun suri juga memiliki nutrisi lainnya seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, magnesium, potasium, asam linoleat, dan mengandung sekitar 95% air.

Dengan kandungan yang dimilikinya, mengonsumsi timun suri tentu saja dapat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Penuhi Asupan Gizi saat Puasa, Ini Makanan Wajib untuk Sahur dan Berbuka

Manfaat timun suri yang perlu kamu tahu

Buah berwarna kuning kehijau-hijauan ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh loh! Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengonsumsi timun suri.

1. Kaya kandungan air untuk mencegah dehidrasi

Memenuhi asupan cairan dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting. Kandungan utama yang terdapat dalam timun suri adalah air.

Komposisi 95% air yang terkandung di dalamnya dapat membuat kamu tetap terhidrasi dengan baik sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika tubuhmu terhidrasi dengan baik, kinerja fisik dan metabolisme dalam tubuh pun juga akan membaik.

Dalam sebuah studi menyatakan bahwa asupan buah dan sayuran dapat memberikan efek pada peningkatan status hidrasi seseorang.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Vitamin K yang terkandung di dalam timun suri sangat bagus untuk memelihara kesehatan tulang. Timun suri juga mengandung 19,9 miligram (mg) kalsium.

Orang dewasa umumnya membutuhkan 1.000-1.200 mg kalsium per harinya, tergantung dari jenis kelamin dan usia seseorang. Oleh karenanya, manfaat timun suri untuk pria maupun wanita ini bisa membantumu memenuhi asupan kalsium.

Tak hanya itu saja, vitamin K juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang dapat membuat kesehatan tulang tetap baik. Nah, jika kamu ingin kesehatan tulangmu tetap terjaga, kamu dapat mengonsumsi timun suri.

3. Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Antioksidan merupakan molekul yang menghambat oksidasi, yakni reaksi kimia yang membentuk atom reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan atau yang biasa kita kenal dengan radikal bebas.

Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, paru-paru, serta penyakit yang berhubungan dengan autoimun.

Sayuran dan buah (termasuk timun suri) biasanya kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi terjadinya risiko penyakit kronis. Ini adalah manfaat timun suri untuk pria atau wanita lainnya.

4. Mengurangi risiko penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakutkan dan paling mematikan.

Di dalam timun suri terdapat zat anti kanker. Maka dari itu, manfaat timun suri untuk pria atau wanita selanjutnya yang juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah ini adalah membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Sebagai anggota dari tanaman cucurbitaceae, timun suri memiliki nutrisi yang bernama cucurbitacin. Menurut sebuah artikel dalam International Journal of Health Services, cucurbitacin dapat membantu mencegah kanker dengan cara menghentikan reproduksi sel kanker.

Menurut sebuah studi pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam Jounal of Cancer Research menemukan bahwa suplemen cucurbitacin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas sebanyak 50%.

5. Mencegah penyakit jantung

Selain dapat dicegah dengan menjaga pola hidup sehat, salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi buah ini.

Menurut The American Heart Association (AHA), serat yang terkandung di dalam timun membantu mengelola kolesterol dalam tubuh sehingga mencegah masalah jantung.

Potasium yang terdapat dalam timun suri juga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. seperti yang diketahui bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4.096 mg potasium setiap hari dapat menurunkan penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung iskemik sebesar 37% dan 49%

Persentase tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi 1.793 mg per harinya.

Timun suri untuk ibu hamil

Meski biasanya tidak dianjurkan untuk diet kehamilan, mengonsumsi sejumlah kecil timun suri memiliki manfaat bagi ibu hamil.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsi timun suri, sebaiknya konsultasikanlah dulu pada dokter. Ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin saja dapat ditimbulkan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat timun suri untuk ibu hamil.

1. Rendah kalori

Timun suri memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga bisa mencegah obesitas. Tak hanya itu, timun suri juga bisa membuat kamu kenyang dalam waktu yang lebih lama dan mencegah makan secara berlebihan.

2. Vitamin B

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam timun suri dapat membantu meningkatkan mood. Tak hanya itu, timun suri juga dapat membantu meredakan kecemasan serta mengurangi stres.

3. Melancarkan pencernaan

Timun suri adalah sumber serat larut dan tidak larut yang bagus. Serat larut membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Sedangkan, serat tidak larut dapat membantu melunakan tinja dan mengobati sembelit, yang merupakan masalah umum selama kehamilan.

4. Mikronutrien penting

Manfaat timun suri untuk ibu hamil selanjutnya adalah kaya akan kandungan nutrisi. Antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, serta mangan, membuat timun suri dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, kandungan lain seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, zinc, serta yodium penting untuk perkembangan janin serta dapat mencegah kelainan dalam pertumbuhan.

Timun suri untuk asam lambung dan sistem pencernaan

Timun suri tinggi akan kandungan air yang dapat meningkatkan hidrasi tubuh. Tetap terhidrasi dapat membantu mencegah sembelit. Tak hanya itu, serat yang terkandung juga bisa membantu mengatur pergerakan usus.

Penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan. Melansir dari laman Livestrong.com, timun suri bersifat basa dan tidak mengandung lemak, sehingga mungkin tidak memperparah gejala asam lambung.

Meskipun demikian, timun suri untuk asam lambung tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak, pedas, atau asam. Sebab, makanan yang digoreng, asam, pedas, tinggi lemak lebih mungkin memperburuk gejala asam lambung.

Meskipun demikian, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter ya sebelum memutuskan mengonsumsi timun suri untuk asam lambung.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 24 April 2020. 7 Health Benefits of Eating Cucumber

Livescience (2017). Diakses pada 24 April 2020. Cucumber: Health Benefits and Nutrition Facts 

Medical News Today (2019). Diakses pada 24 April 2020. Health Benefits of Cucumber 

Livestrong.com (2020). Diakses pada 04 Desember 2020. Can You Eat Cucumbers With GERD? 

Mom Junction (2019). Diakses pada 04 Desember 2020. Cucumber During Pregnancy: Health Benefits And Side Effects

    register-docotr