Puasa

Ternyata Puasa Punya Sejuta Manfaat bagi Kesehatan Otak

April 30, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Berpuasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim. Selain diharuskan menahan diri dari segala hawa nafsu, ada juga sejuta manfaat puasa untuk kesehatan otak yang perlu kamu ketahui.

Mungkin hal ini tak banyak diketahui orang, ternyata banyak manfaat puasa untuk kesehatan tubuh kamu loh, simak ulasannya yuk!

Apa saja Manfaat Puasa untuk Kesehatan Otak?

  • Berpuasa memang pada dasarnya adalah suatu ibadah bagi para umat muslim selama bulan Ramadhan. Ternyata banyak manfaat puasa untuk kesehatan otak kamu loh. Kita ketahui bahwa otak memiliki tugas penting untuk mengatur kinerja di dalam tubuh kita.
  • Menurut buku Michael Mosley berjudul “The Fast Diet” berpuasa dapat membuat pelepasan faktor neutropik yang berada di otak.
  • Para ilmuwan di Amerika Serikat (AS) juga menemukan faktor neutotropik meningkat selama berpuasa sehingga dapat meningkatkan fungsi otak.

Apa manfaat lain puasa selain untuk kesehatan otak?

Tidak hanya manfaat puasa untuk kesehatan otak saja, tetapi ada banyak manfaat lain yang sangat baik untuk kesehaan tubuh kamu loh. Apa saja manfaat lain puasa selain untuk kesehatan otak? Berikut ulasannya:

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Ternyata menahan lapar dan haus selama bulan puasa sangat berdampak baik untuk kesehatan jantung kamu loh. Tanpa disadari kamu diharuskan untuk menahan hawa nafsu dalam diri.

Hal ini otomatis membuat kamu harus menahan emosi yang artinya kamu sudah menjaga detak jantung kamu tetap stabil sehingga terhindar dari serangan jantung. Selain itu, dengan puasa kamu dapat mengontrol asupan makanan kamu agar terhindar dari penyakit berbahaya seperti jantung.

Kamu diharuskan mengonsumsi juga makanan dengan gizi seimbang misalnya jangan terlalu banyak karbohidrat, perbanyak sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh.

  • Meningkatkan kontrol gula darah 

Pastinya saat berpuasa kamu mengonsumsi makanan yang terbatas saat berbuka puasa dan saat sahur. Hal ini menyebabkan kadar gula darah kamu  menjadi lebih rendah. Hal ini sangat baik bagi penderita diabetes untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Sebaiknya kamu harus menjaga makanan yang kamu konsumsi saat berpuasa, misalnya mengonsumsi makanan manis yang alami seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain itu dianjurkan menggunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan minyak granola.

  • Mencegah kanker

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa selama sebulan dipercaya dapat mencegah kanker. Ini Karena berpuasa dapat meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pembentukan kanker.

Namun masih perlu penelitian lebih lanjut terkait bagaimana puasa dapat mempengaruhi perkembangan kanker.

  • Membantu penurunan berat badan

Pastinya bagi sebagian orang selain berpuasa juga memiliki tujuan lain seperti menurunkan berat badan. Tentunya selama berpuasa berat badan akan turun dengan sendirinya.

Selain itu. dibandingkan wanita, pria lebih berpotensi mengalami kekurangan berat badan. Hal ini dikarenakan komposisi lemak wanita lebih banyak dibandingkan pria.

Bagaimana menjaga tubuh sehat saat berpuasa?

Selain itu, kamu juga harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar selama puasa. Banyak cara yang dapat dilakukan seperti menjaga pola makan dan gizi yang seimbang, perbanyak air putih dan berfikir positif.

Ternyata banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita berpuasa. Yang paling penting kamu harus menjaga kondisi badan tetap fit dan jangan sampai terlalu lelah agar puasa lancar dan bermakna.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses 22 April 2020. Health Benefits of Fasting, Backed by Science. 22 April 2020 pukul 17.50.
  2. Brainfacts.org (2018) diakses 22 April 2020. How Does Fasting Affects in Brain? . 22 April 2020 pukul 18.00.
  3. Kompas.com (2019) diakses 22 April 2020. Tingkatkan Fungsi Otak Hingga Kesehatan Jantung, Ini 8 Manfaat Puasa. 22 April 2020 pukul 18.10.
  4. Detik.com (2019) diakses 22 April 2020. Ternyata Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan Otak Lho.22 April 2020 pukul 18.14
    register-docotr