Puasa

Ini Lho Sejuta Manfaat Kurma bagi Kesehatan Selama Puasa

May 1, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kurma adalah kudapan yang sering dijumpai pada saat bulan suci Ramadan. Selain sebagai kudapan, manfaat kurma untuk buka puasa juga perlu kamu ketahui agar kondisi kesehatan kamu tetap fit selama puasa.

Kurma adalah menu populer di seluruh dunia yang banyak digunakan sebagai pemanis alami dalam smoothie, jus, hingga produk panggang seperti kue dan muffin.

Ingin tahu manfaat kurma lainnya? yuk, simak artikel di bawah ini.

Setiap kurma mengandung sekitar 60 hingga 70 persen gula serta memiliki jumlah serat dan zat besi yang tinggi sehingga ampuh melawan anemia.

Berikut adalah sejuta manfaat kurma bagi tubuh:

Mempunyai nilai gizi tinggi

Manfaat kurma untuk buka puasa
Manfaat kurma untuk buka puasa. Sumber Foto: Netz.id

Dengan mengonsumsi satu buah kurma sehari, bagus untuk kamu yang sedang menjalani diet sehat dan seimbang. Ini tidak mengherankan, karena kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa kurma hampir merupakan makanan yang ideal karena mengandung berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan.

Pengisi kadar gula alami tubuh

Ketika gula darah kamu rendah, biasanya kamu akan cenderung merasa lapar. Kondisi tersebut dapat memicu meningkatnya nafsu makan secara tak terkendali.

Untungnya, kurma mengandung nutrisi dan gula alami yang dapat mengisi kembali kadar gula darah sehingga kamu tak merasa lapar. Jadi, sangat direkomendasikan agar kurma dikonsumsi saat buka puasa dan sahur.

Meningkatkan energi

Kurma dapat memberikan kamu alternatif sebagai makanan yang bisa memberikan energi. Tentu kamu membutuhkannya saat beraktivitas karena kurma mengandung banyak gula alami seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi dalam tubuh, sehingga kamu tidak cepat merasa lemas.

Mengatur pergerakan usus

Kurma dikemas dengan kaya serat. Serat membantu metabolisme tubuh dalam memindahkan hasil makanan dalam perut, sehingga dapat membantu kerja usus untuk mencegah munculnya sembelit.

Selain itu, kurma juga dapat meningkatkan pergerakan usus yang sehat serta dapat dijadikan sebagai pencahar, yang dapat membantu meredakan gejala sembelit.

Kaya magnesium

Keunggulam kurma yang lain adalah kaya magnesium. Sementara kandungan magnesium sendiri telah banyak terbukti bisa untuk mengurangi peradangan, serta risiko penyakit lainya seperti penyakit kardiovaskular, dan radang sendi.

Memperkuat tulang

Kurma juga mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Semua mineral ini membantu kamu menjaga dan memelihara tulang yang sehat, sekaligus melindungi dari osteoporosis.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kurma juga kaya akan kalium, yang membantu dalam proses mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Ini penting untuk sistem tubuh yang vital seperti jantung, otak, dan ginjal agar berfungsi dengan baik.

Jika tekanan darah kamu bagus, tentu hal tersebut bisa mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya, sehingga makan kurma secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung kamu.

Meningkatkan kesehatan mata

Memakan satu buah kurma sehari, bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi dari rabun. Alasan di balik ini adalah karena kurma mengandung vitamin A, beta karoten, lutein, dan xanthin dalam jumlah yang sehat, yang sangat penting untuk penglihatan sehat dan dapat membantu mencegah degenerasi makula.

Mencegah beberapa bentuk kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma mengandung selenium. Mineral ini dipercaya dapat mencegah dan mencegah beberapa bentuk kanker.

Kurma juga telah ditemukan untuk mengobati kanker perut, serta melindungi paru-paru dan mulut karena kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Mengobati anemia

Zat besi adalah komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan berapa banyak oksigen yang ada dalam darah.

Karena kurma mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, maka kurma merupakan cara yang bagus untuk mengobati kekurangan zat besi secara alami seperti anemia.

Setelah kamu tahu manfaat kurma untuk buka puasa, tidak ada salahnya kamu juga mengonsumsi kurma selain di waktu tersebut, seperti saat sahur misalnya. Mengonsumsi kurma, untuk menjadi alternatif makanan sehat juga layak untuk kamu masukkan dalam daftar belanja.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr