Puasa

Makan Banyak Saat Sahur Bisa Mencegah Lapar? Ini Faktanya

April 26, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Momen puasa pasti banyak dinantikan oleh para umat muslim di seluruh belahan dunia. Berbagai menu untuk berbuka puasa selalu disajikan di momen hangat ini. Bagi sebagian orang, makan banyak saat sahur dapat menunda lapar seharian.

Kira-kira apakah benar hal tersebut? Ternyata ini faktanya!

Efek makan banyak saat sahur

Setiap kita berpuasa, kita diwajibkan untuk menahan lapar dan haus mulai dari pagi hingga sore hari. Pastinya tubuh kita tidak mendapatkan banyak asupan energi, sehingga kamu terasa cepat lelah.

Banyak orang yang mengonsumsi banyak makanan saat sahur agar tidak cepat lapar. Ternyata makan banyak saat sahur tidak diperbolehkan, lho. Mengapa?

Nyatanya makan banyak saat sahur justru akan membuat orang yang berpuasa jadi tidak produktif. Ini karena lambung kita terbatas dalam menampung makanan.

Makan terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, yang bisa membuat kamu terasa lebih cepat mengantuk. Jangan sampai aktivitas kamu terganggu karena rasa ngantuk ini, ya.

Makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sahur

Pastinya saat berbuka puasa maupun sahur banyak berbagai menu yang disajikan di meja makan kita. Yang sudah kita tahu bahwa makan terlalu banyak saat sahur tidak dianjurkan, berikut beberapa makanan yang perlu dihindari saat sahur.

1. Terlalu banyak karbohidrat

Biasanya kita beranggapan bahwa makan banyak karbohidrat dapat menyimpan energi banyak saat beraktivitas. Sebaliknya, padahal ini justru membuat terasa cepat lapar.

2. Makanan yang Terlalu Asin

Hindari makanan asin saat sahur karena dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Bahkan yang lebih berbahayanya lagi, tekanan darah kamu akan meningkat dan bisa menyebabkan jantung kamu memompa lebih keras.

3. Mengandung kafein

Teh dan kopi adalah minuman yang banyak mengandung kafein yang kurang tepat diminum saat sahur. Hal ini dapat menyebabkan kamu menjadi lebih sering  haus.

Kandungan diuretik yang ada di kafein juga dapat menyebabkan kamu menjadi lebih sering buah air kecil sehingga cairan tubuh kamu dapat berkurang saat berpuasa.

4. Makanan yang Digoreng

Kamu sebaiknya harus menghindari makanan yang digoreng ketika kamu sahur dan berbuka puasa. Hal ini dapat menyebabkan perut kamu merasa kembung selama berpuasa.

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang dapat memperlambat penyerapan nutrisi dan berbahaya bagi usus kamu.

5. Makanan yang Terlalu Pedas

Memang mengonsumsi makanan pedas sangat menggiurkan bagi kamu yang suka banget makan pedas. Tetapi hal ini ternyata sangat tidak dianjurkan lho, seperti memperparah tukak lambung yang semakin luka, menimbulkan rasa nyeri dan terbakar pada perut.

Tips memilih jenis makanan saat sahur

Mengonsumsi banyak makanan saat sahur memang sebaiknya harus dihindari. Ketika kamu sahur sebaiknya kamu harus mongonsumsi makanan dengan kadar yang cukup.

Makanan yang baik untuk sahur harus berasal dari bahan-bahan yang bisa membuat kamu kenyang dan tidak berlebihan. Seperti karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein, dan susu rendah lemak.

Pilih makanan sehat seperti buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Misalnya vitamin C, E dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sayuran dan buah dapat memenuhi kebutuhan energi kamu agar aktivitas kamu sehari-hari akan terasa lebih semangat dan tidak mudah lelah.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr