Puasa

Benarkah Donor Darah Saat Puasa Berbahaya Bagi Tubuh?

May 7, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Menjalankan ibadah puasa terkadang membuat tubuh menjadi lemas. Begitu juga kegiatan donor darah saat puasa, banyak orang enggan melakukannya.

Dilansir dari pmi.or.id, sebenarnya melakukan donor darah itu mempunyai beberapa fungsi bagi sang pendonor.

Fungsi tersebut seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan secara psikologis, hingga dapat mendeteksi penyakit serius.

Apakah boleh melakukan donor darah saat puasa?

donor darah saat puasa
Donor darah saat puasa. Sumber gambar : www.shutterstock.com

Menurut penjelasan dari Dr Ameen Hussain Al Amiri di Gulf News, donor darah saat puasa tetap diperbolehkan dan waktu paling idealnya ketika waktu buka puasa.

Tetapi harus ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan karena saat puasa kita tidak ada asupan makan dan minum selama belasan jam.

Memang belum ada larangan untuk melakukan donor darah saat puasa. Meskipun demikian kamu juga harus berhati-hati karena bisa berisiko seseorang lemas bahkan hingga pingsan.

Seperti kita ketahui bahwa saat berpuasa seseorang harus menahan haus dan lapar selama belasan jam. Artinya sama sekali tak ada asupan gizi yang masuk sehingga energi yang ada pada tubuh akan sedikit berkurang.

Tak hanya itu saja, banyak orang juga berpotensi dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh.

Pasalnya saat berpuasa kamu tetap menjalankan aktivitas seperti biasa sedangkan cairan yang masuk tidak ada sama sekali. Hal tersebut dapat mengganggu sirkulasi darah.

Tips aman donor darah saat puasa

Ketika kamu ingin donor darah apalagi saat berpuasa pastikan bahwa kamu memiliki tubuh yang sehat ya. Hal itu penting diperhatikan karena unsur penting pada tubuh kamu akan ‘diambil’ alias darah.

Cukup lakukan hal sederhana, ketika sahur kamu sebagai pendonor harus memiliki asupan makan dan minuman yang cukup serta sehat. Salah satunya asupan yang banyak mengandung zat besi.

Menu sehat lainnya yang bisa kamu santap saat sahur ketika ingin donor darah seperti daging merah, ayam, ikan, kacang dan biji-bijian serta produk susu.

Selain itu konsumsi banyak air putih juga sangat disarankan untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Tak hanya sekadar asupan makan dan minum, kamu juga harus pastikan sudah beristirahat dengan cukup sebelumnya serta tidak dalam keadaan sakit. Pastikan kamu sudah masuk dalam kriteria standar kesehatan.

Pilihlah waktu pagi hari ketika tubuh masih bugar atau menjelang buka puasa. Hal tersebut demi menghindari hal-hal berisiko seperti pingsan ketika donor saat puasa.

Rutin donor darah membuat tubuh menjadi lebih sehat

donor darah
Donor darah buat tubuh lebih sehat. Sumber gambar : www.shutterstock.com

Donor darah memang sebaiknya rutin kamu lakukan tujuannya agar dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu donor darah diketahui dapat membantu menurunkan kekentalan darah.

Semakin kental darah yang mengalir di dalam tubuh kamu, akan membuat semakin tinggi terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Gesekan yang terjadi itu sebenarnya dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah. Sangat berisiko terjadinya sumbatan di pembuluh darah.

Manfaat lainnya ketika kamu rutin melakukan donor darah dapat menurunkan kolestrol, risiko kanker, berat badan, dan masih banyak lagi.

Donor darah bisa membuat perasaan lebih bahagia

Tanpa kamu sadari ketika mendonorkan darah perasaan kamu akan jauh lebih bahagia. Pasalnya kamu akan merasa dapat menolong sesama dengan tubuh sendiri.

Ketika kamu melakukan donor darah secara rutin maksimal 5 kali dalam 2 tahun itu sama saja kamu menolong beberapa nyawa sekaligus.

Sebelum melakukan donor darah, sebaiknya tidur cukup dan ada baiknya menghindari donor darah saat haid. Kamu dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kondisi ini kepada petugas Palang Merah Indonesia (PMI) sebelum memulai donor darah.

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas semoga dapat memotivasi kamu tetap melakukan donor darah saat puasa, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. gulfnews.com (2012) diakses 22 April 2020. Blood donation encouraged during Ramadan
  2. pmi.or.id (2013) diakses 22 April 2020. MANFAAT DONOR DARAH
  3. aboutislam (2019) diakses 22 April 2020. Is Donating Blood While Fasting Allowed?
  4. medicalnewstoday.com (2017) diakses 22 April 2020. Advantages and disadvantages of donating blood
  5. brmsonline.com (2018) diakses 22 April 2020. Health Benefits Of Donating Blood
    register-docotr