Puasa

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Puasa Agar Tak Mudah Sakit

April 26, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Menahan haus dan lapar selama berpuasa bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan seharian. Agar aktivitas tetap lancar, maka kamu perlu mencoba cara-cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa yang efektif.

Ini sangat penting mengingat daya tahan tubuh adalah benteng pertama untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh semangat. Lalu bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa, ya?

Kondisi daya tahan tubuh saat puasa

Tubuh mengalami berbagai perubahan saat menjalani ibadah puasa. Terkadang ini membuat kita berpikir, bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa agar tetap sehat seharian.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi yang hanya bisa masuk di saat sahur dan berbuka. Saat aktivitas yang dijalani begitu banyak, tubuh menjadi lebih mudah lelah karena kamu tak bisa ‘mengisi ulang’ energi di saat itu juga.

Tak perlu khawatir, hal ini wajar terjadi, kok. Seiring dengan berjalannya waktu tubuh akan beradaptasi dengan sendirinya.

Cara-cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu tetap produktif tanpa harus khawatir kelelahan selama berpuasa di bulan Ramadhan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Siasati menu sahur dan berbuka

Menyesuaikan jam makan di pagi hari menjadi sebelum subuh memang perlu usaha ekstra. Terkadang hal ini menjadi alasan untuk asal-asalan memilih menu sahur karena masih mengantuk atau terburu-buru.

Jangan biarkan kebiasaan ini terus terjadi. Usahakan bangun tepat waktu agar kamu bisa menyiapkan menu sahur yang sehat dan bernutrisi.

Hal yang sama juga berlaku di saat berbuka. Seharian menahan haus dan lapar tidak berarti kamu bisa bebas makan apa saja sepuasnya. Makan secukupnya dan tetap perhatikan keseimbangan gizi pada hidangan berbuka.

Sedikit tips, awali buka puasa dengan memakan sebutir kurma karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh. Jadi metabolisme tubuh tak akan kaget saat menerima asupan lain nantinya.

2. Pastikan asupan cairan tetap tercukupi

Mengatur asupan air selama berpuasa memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika pada hari-hari biasa kamu bisa minum kapan pun saat merasa haus, kini kamu harus memutar otak untuk mengakalinya.

Solusinya kamu bisa mengoptimalkan asupan cairan tersebut pada saat sahur dan berbuka. Kamu juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jambu air, dan sejenisnya.

Selain mengandung vitamin yang diperlukan tubuh, buah-buahan tersebut juga berfungsi untuk melengkapi kebutuhan cairan tubuhmu.

3. Tidur siang saat ada waktu

Bulan Ramadhan biasanya identik dengan upaya mencari pahala sebanyak-banyaknya. Salah satu momen yang banyak dihabiskan untuk tujuan tersebut adalah malam hari hingga menjelang subuh.

Lalu bagaimana dengan waktu istirahat yang kamu butuhkan? Seharian beraktivitas kan, cukup membuat tubuh letih dan ingin beristirahat. Tenang, kamu tetap bisa beribadah dan beristirahat dengan optimal, kok.

Coba akali dengan menyempatkan tidur siang sejenak. Cara ini dapat membantu kamu terhindar dari gangguan tidur yang mengarah pada menurunnya daya tahan tubuh.  

4. Tetap sempatkan berolahraga

Meskipun Ramadhan kali ini sebagian besar akan kamu lewati di dalam rumah, kamu harus tetap menyempatkan diri untuk aktif bergerak.

Kamu bisa mulai dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan seperti yoga, atau bahkan senam sederhana. Olahraga adalah cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa yang efektif karena mampu membuat tubuh melawan virus.

Ada banyak tutorial olahraga di media sosial yang bisa kamu lihat selama diam di rumah saja. Semua bisa kamu tonton secara gratis.

5. Hindari stres

Terakhir kamu harus menjaga mood agar tetap waras. Jangan sampai pahala puasa berkurang karena kamu mudah stres dengan hal kecil.

Tetap tenang dan usahakan untuk selalu melihat sisi positif dari semuanya, ya. Caranya tetap bersyukur atas nikmat sekecil apapun yang kamu miliki dan kurangi membaca berita-berita negatif yang membuat kamu tertekan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

A healthy Ramadan https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html diakses pada 22 April 2020

How to boost your immune system https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system diakses pada 22 April 2020

Why dates are the best food to break your fast https://www.thejakartapost.com/life/2018/05/20/why-dates-are-the-best-food-to-break-your-fast.html diakses pada 22 April 2020

9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health diakses pada 22 April 2020

    register-docotr