Puasa

Sering Bikin Minder, Begini Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

May 6, 2020 | Fitri Chaeroni
feature image

Cara mengatasi bau mulut saat puasa adalah topik yang selalu muncul tiap Ramadhan datang. Ya, masalah ini selalu menerpa mereka yang berpuasa.

Meski kerap dianggap biasa, tapi bau mulut memengaruhi kepercayaan diri kita. Apalagi saat harus bertemu dengan orang lain. Kamu pasti pernah merasakannya juga kan?

Penyebab bau mulut saat puasa

Sebenarnya bau mulut yang muncul selama berpuasa ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Mulut kering

cara-mengatasi-bau-mulut-saat-puasa
Mulut kering. Sumber foto : https://adelaidecitydentalcare.com.au/

Dalam dunia medis mulut kering disebut dengan xerostomia. Kondisi di mana tidak ada cukup air liur di dalam mulut kita. Produksi air liur menurun drastis saat kita berpuasa.

Sebab kurangnya asupan cairan dan juga makanan. Nah, mulut kering ini adalah penyebab utama bau mulut yang dialami oleh orang puasa. Kenapa air liur begitu penting?

Dilansir dari Web MD, air liur berperan untuk menetralisir asam yang dihasilkan oleh plak, dan membersihkan sel mati yang ada di lidah, gusi, serta pipi bagian dalam.

Jika sel-sel mati ini tidak dibersihkan, maka akan terjadi penumpuan dan menyebabkan bau mulut. Air liur juga berperan membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

2. Kurang jaga kebersihan mulut

cara-mengatasi-bau-mulut-saat-puasa
Gosok gigi. Sumber foto : https://www.oralcareexpert.com/

Kebiasaan yang buruk seperti jarang gosok gigi dan tidak menggunakan dental floss secara rutin, juga berperan besar pada munculnya bau mulut. 

Saat kamu makan, makanan yang kamu kunyah di dalam mulut akan terselip di sela-sela gigi. Jika tidak dibersihkan dengan seksama, sisa makanan akan memunculkan plak di gigi.

Selain bisa mengiritasi gusi, plak dan sisa makanan ini juga bisa membuat bakteri makin betah tinggal di mulut kamu.

Tak hanya gigi dan gusi, kebersihan lidah juga harus diperhatikan. Sebab lidah juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

3. Makan makanan penyebab bau mulut

Apa yang kamu makan juga bisa jadi faktor pendukung munculnya bau mulut. Konsumsi makanan dengan bau yang tajam seperti bawang dan cabai bisa sebabkan bau mulut.

Penggunaan mouthwash hanya akan menghilangkan bau sementara. Bau mulut akibat makanan ini akan hilang setelah makanan tersebut selesai dicerna tubuh.

4. Merokok

Merokok. Sumber foto : https://www.discovermagazine.com/

Bagi kamu yang perokok, sebaiknya segera hindari produk-produk berbahan tembakau. Sebab ini juga bisa sebabkan bau mulut yang parah.

Selain bau mulut, merokok juga bisa sebabkan masalah lain. Mulai dari warna gigi yang menguning, gusi bermasalah, hingga kanker.

Cara mengatasi bau mulut saat puasa

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, langkah selanjutnya adalah menghindari faktor-faktor tersebut.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi bau mulut saat puasa di bulan ramadhan.

1. Gosok gigi dan rutin gunakan dental floss

cara-mengatasi-bau-mulut-saat-puasa
Dental floss. Sumber foto : https://www.insider.com/

Pastikan kamu membersihkan gigi dan mulut dengan seksama. Baik setelah berbuka dan akan tidur, dan utamanya setelah makan sahur.

Dilansir dari Egypt Today, menggosok gigi hanya membersihkan 60 persen kotoran dari permukaan gigi kamu. Oleh karenanya, gosok gigi saja tidak cukup.

Sempatkan untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Lakukan setidaknya sehari satu kali.

2. Rutin menggunakan mouthwash

Menggunakan mouthwash. Sumber foto : https://wmsmile.com/

Ya mouthwash memang tidak bisa menghilangkan bau mulut dalam waktu yang lama. Namun ia mampu membantu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

Gunakan antiseptic mouthwash untuk berkumur setelah kamu gosok gigi. Bisa juga diulangi pada siang hari. Namun jika ini bertentangan dengan keyakinan, kamu bisa konsultasi ke orang terpercaya.

3. Jangan lupa bersihkan lidah

cara-mengatasi-bau-mulut-saat-puasa
Pembersih lidah. Sumber foto : https://www.dowelldental.com/

Saat gosok gigi jangan lupa untuk gosok juga permukaan lidah kamu. Jika sikat gigi terasa tidak nyaman, kamu bisa gunakan scraper atau pembersih lidah khusus.

Scraper mampu membersihkan lidah dari sel-sel mati, bakteri, dan sisa makanan yang bisa sebabkan bau mulut.

4. Cukupi kebutuhan air minum

Minum air putih. Sumber foto : https://orlandoacupuncture.com/

Penyebab utama bau mulut adalah mulut kering, maka dari itu pastikan kamu minum cukup air saat buka puasa dan sahur.

Cukup minum juga bisa hindarkan kamu dari dehidrasi dan masalah lain yang bisa muncul akibat kurang cairan.

5. Hindari makanan penyebab bau mulut

Ada baiknya selama ramadhan kamu mengurangi konsumsi makanan yang berbau tajam. Seperti bawang, pete, jengkol, dan lain-lain.

Selain makanan berbau, kamu juga harus hindari makanan yang mengandung banyak gula. Dilansir dari Egypt Today, makanan manis bisa meningkatkan jumlah bakteri di mulut.

Bagi kamu yang merokok juga sangat dianjurkan untuk berhenti melakukan tindakan yang tidak sehat ini.

Mengapa bau mulut sulit hilang?

Bagaimana jika terjadi bau mulut berkepanjangan? Bagaimana jika bau mulut tetap muncul meski sudah tak puasa? Ada baiknya segera hubungi dokter.

Karena bau mulut berkepanjangan juga bisa mengarah pada kondisi medis tertentu. Seperti pneumonia, infeksi sinus akut, diabetes, refluks asam kronis, hingga masalah pada hati dan ginjal.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic. Diakses pada 23 April 2020. Bad Breath.

Medicine Net. Diakses pada 23 April 2020. Bad Breath (Halitosis).

Webmd. Diakses pada 23 April 2020. Dental Health and Bad Breath.

Webmd. Diakses pada 23 April 2020. What You Can Do About Bad Breath.

Egypt Today. Diakses pada 23 April 2020. How to Overcome Bad Breath While Fasting.

Pop Sugar. Diakses pada 23 April 2020. The Reason Intermittent Fasting Is Giving You Bad Breath.

    register-docotr