Puasa

Minum Bikin Batal, Ini 5 Cara agar Tidak Haus saat Puasa

April 24, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Menahan haus merupakan tantangan utama dalam menjalankan ibadah puasa. Rasa haus yang berlebih dapat disebut sebagai dehidrasi. Namun, ternyata ada beberapa cara agar tidak haus saat puasa loh, apa saja itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Sebelum Ramadan Tiba, Yuk Cari Tahu Tips Puasa Sehat untuk Anak!

Apa penyebab dehidrasi?

Dehidrasi terjadi ketika kamu lebih banyak kehilangan cairan dibandingkan dengan yang kamu dapatkan di dalam tubuh.

Hal tersebut menyebabkan tubuhmu tidak memiliki cukup air dan cairan lain untuk menjalankan fungsi normalnya. Tidak memenuhi asupan cairan saat cuaca panas dan saat berolahraga juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Siapapun dapat mengalami dehidrasi, tetapi kondisinya sangat berbahaya jika dialami oleh anak kecil dan orang dewasa loh!

Adapun penyebab yang ditimbulkan dari dehidrasi pada anak-anak umumnya adalah diare hingga muntah. Pada orang dewasa dehidrasi lebih rentan terjadi karena mereka memiliki volume air yang lebih rendah di dalam tubuh.

Dehidrasi ringan biasanya dapat diatasi dengan minum lebih banyak cairan, sedangkan pada kasus dehidrasi berat harus membutuhkan penanganan medis secepatnya.

Tanda dan gejala dehidrasi

Merasa haus belum tentu merupakan indikator awal bahwa tubuh perlu cairan. Banyak orang terutama orang dewasa tidak merasakan haus hingga pada akhirnya mereka mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi cairan tubuh, terutama ketika cuaca panas atau pada saat kamu sakit.

Tanda dan gejala dehidrasi tidak dapat disamakan pada tiap orang. Karena tanda dan gejala dehidrasi berbeda-beda tergantung pada usia seseorang. Berikut adalah tanda dan gejala orang yang mengalami dehidrasi.

1. Bayi atau anak anak

  • Mulut dan lidah terasa kering
  • Tidak keluar air mata saat menangis
  • Popok tidak basah selama 3 jam
  • Mata cekung
  • Lesu dan cenderung mudah marah

2. Orang dewasa

  • Rasa haus yang ekstrem
  • Frekuensi urin yang sedikit
  • Urin berwarna gelap
  • Kelelahan
  • Pusing

Dehidrasi juga dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti masalah urin dan ginjal, kejang, hingga penurunan tekanan darah dan oksigen. Maka dari itu, sangat dianjurkan jika kamu mengalami tanda dan gelaja diatas sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

5 cara agar tidak haus saat puasa

Merasa haus saat berpuasa adalah hal yang normal. Untuk menjaga tubuh agar tidak cepat haus ternyata ada beberapa caranya loh! Berikut cara yang bisa kamu aplikasikan untuk mengurangi haus saat berpuasa.

Hindari minuman yang mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan soda sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan minuman berkafein memiliki efek untuk mengeluarkan cairan dalam tubuh kamu secara cepat dan berlebih.

Tak hanya itu saja, minuman dengan rasa yang manis dapat membuat kamu lebih cepat lapar.

Cara agar tidak haus saat puasa dengan perbanyak makan sayur dan buah

Banyak mengonsumsi sayur dan buah juga merupakan cara ampuh yang dapat mengurangi haus saat berpuasa.

Cairan bukan hanya dapat diperoleh dari air putih saja, melainkan juga dari buah-buahan. Hal ini dikarenakan sayur dan buah-buahan memiliki banyak kandungan serat yang dapat mengurangi haus dan lapar.

Sayuran yang paling popular untuk menangkal rasa haus adalah mentimun. Mentimun memiliki efek untuk menenangkan rasa haus dan mendinginkan tubuh. Mentimun juga dapat mengurangi gangguan neurologis dan mengandung serat selulosa bergizi.

Sedangkan pada buah sendiri semangka merupakan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi yakni mengandung 92% air yang sangat cocok dikonsumsi sebagai penangkal haus pada saat ingin berpuasa.

Jangan mengonsumsi makanan asin

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi seperti acar, ikan asin, serta makanan yang memiliki kandungan rempah-rempah tinggi sebaiknya hindari jika kamu tidak ingin merasa cepat haus saat berpuasa.

Makanan asin dapat memicu peningkatan keasaman lambung yang dapat memberikan efek pada tubuh untuk memproses cairan, sehingga meningkatkan rasa haus.

Konsumsi yoghurt, cara agar tidak haus saat puasa

Kandungan 85% air yang terdapat dalam satu cup yoghurt juga dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mengurangi rasa haus. Kamu bisa mengombinasikan yoghurt dan buah-buahan untuk dikonsumsi saat berpuasa. Tak hanya itu saja, yoghurt juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuhmu.

Hindari berkeringat

Aktifitas berlebih dan cuaca yang panas sebaiknya dihindari saat kamu berpuasa. Aktifitas seperti melakukan workout dan perubahan suhu yang drastis dapat membuat seseorang kehilangan banyak cairan. Sebaiknya lakukanlah hal tersebut saat sudah berbuka.

Bagaimana? Sudah tahu bukan cara agar tidak haus saat berpuasa, cara-cara diatas dapat kamu aplikasikan ketika kamu sahur dan berbuka. Selain dapat memerangi rasa haus, tubuhmu juga akan mendapatkan nutrisi yang baik. Jangan sampai haus dijadikan sebagai kendala saat berpuasa ya!

Baca juga: Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Puasa di Musim Pandemi

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic. Diakses tanggal 21 April 2020. Dehydration

Expat Women. Diakses tanggal 21 April 2020. 6 Ways to Feel Less Thirsty while Fasting

Egypt Independent. Diakses tanggal 21 April 2020. Ten Tips for Avoiding Thirst during Ramadan

    register-docotr