Kesehatan Pria

Wajib Tahu! Ini 5 Masalah Kulit yang Sering Terjadi pada Pria

December 12, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Masalah kulit adalah keluhan paling umum baik pria maupun wanita. Ketika ini terjadi, dapat menurunkan kepercayaan diri pada seseorang. Masalah kulit dapat dialami oleh siapa saja, termasuk pria. Lantas, apa saja masalah kulit umum dialami oleh pria?

Baca juga: 5 Perawatan Wajah untuk Pria yang Mudah dan Praktis

Masalah kulit yang banyak dialami oleh pria

Masalah kulit memang seringkali dibicarakan oleh wanita, akan tetapi bukan berarti pria tidak mengalaminya. Terdapat beberapa masalah kulit pada pria yang perlu kamu tahu. Masing-masing kondisi memiliki penyebab yang berbeda. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit paling umum. Jerawat sendiri terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini dapat menyebabkan whitehead, blackhead, atau jerawat.

Kondisi ini paling umum tejadi pada masa remaja. Meskipun demikian, pria dewasa juga bisa mengalaminya. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu jerawat atau memperburuk kondisi jerawat, di antaranya adalah

  • Pola makan yang salah
  • obat-obatan tertentu, seperti obat yang mengandung kortikosteroid atau lithium
  • Stres (stres tidak menjadi penyebab jerawat, tetapi stres dapat memperburuk keadaan jerawat)

Salah satu penyebab yang utama timbulnya jerawat pada pria dewasa adalah, penggunaan produk rambut berminyak, yang dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Tak hanya itu, penggunaan steroid tertentu yang digunakan beberapa pria untuk memperbesar otot juga menjadi alasan lainnya.

2. Razor burn

Jika kamu pernah mengalami ruam merah setelah bercukur, kemungkinan besar kamu mengalami razor burn. Melansir dari Healthline, razor burn bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti:

  • Menggunakan pisau cukur yang sudah lama
  • Mencukur ke arah yang berlawanan dengan arah rambut
  • Bercukur terlalu cepat
  • Bercukur tanpa menggunakan krim cukur
  • Menggunakan produk cukur yang mengiritasi kulit

Kemerahan, benjolan merah kecil, sensasi terbakar, kulit sensitif atau gatal merupakan gejala dari razor burn. Untuk menghindari hal ini kamu bisa melakukan beberapa cara, seperti menggunakan produk cukur yang tepat.

Jika kamu menggunakan krim atau gel cukur, pastikan kamu membeli produk yang dapat melumasi kulit dengan baik.

Tak hanya itu, sebaiknya bercukurlah searah dengan pertumbuhan rambut, serta hindari menarik kulit dengan kencang saat bercukur. Setelah bercukur, bilas kulit dengan air dingin atau menggunakan waslap dingin. Ini berguna untuk menutup kembali pori-pori

3. Kulit kering

Kulit kering juga menjadi salah satu masalah kulit yang dialami oleh pria. Kulit kering bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar atau mengelupas, kulit pecah-pecah, atau bahkan gatal.

Perubahan cuaca dan kelembapan, paparan bahan kimia yang keras dalam sabun atau produk lain, tidak mencukupi asupan cairan, atau mencuci muka secara berlebihan adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit kering.

Nah, untuk menghindari kulit kering kamu bisa melakukan beberapa cara, termasuk menggunakan tabir surya, mengoleskan pelembap, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan air, serta membatasi asupan kafein.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Solusi Penanganan Terbaiknya

4. Kulit berminyak

Tak hanya kulit kering saja, masalah kulit lainnya yang juga banyak dialami oleh pria adalah kulit berminyak.

Melansir dari Medical News Today, kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit terlalu banyak membuat sebum. Sebum sendiri adalah zat berminyak yang dapat melindungi dan melembapkan kulit.

Sebenarnya, sebum penting utnuk menjaga kesehatan kulit. Namun, terlalu banyak sebum bisa menyebabkan kulit berminyak, pori-pori tersumbat, atau bahkan jerawat.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit berminyak, seperti genetik, iklim, pori-pori besar, menggunakan produk perawatan yang salah atau terlalu sering menggunakannya.

5. Lingkaran hitam di bawah mata

Tak hanya dapat dialami oleh wanita, pria juga bisa mengalami lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda. Kurang tidur adalah faktor yang paling terkenal sebagai penyebab dari kondisi ini.

Meskipun demikian, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa disebabkan oleh faktor lain, termasuk:

  • Kelelahan
  • Terlalu lama menatap layar televisi atau komputer
  • Dehidrasi
  • Paparan sinar matahari berlebih

Cara termudah untuk mengatasi mata panda yakni dengan mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Sebab, kurang tidur tidak hanya bisa menyebabkan mata panda saja, melainkan juga menyebabkan kulit tampak pucat, sehingga lingkaran hitam terlihat lebih jelas.

Nah, itulah beberapa masalah kulit yang banyak dialami oleh pria. Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya seperti menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, jangan abaikan kesehatan kulit, ya!

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan kulit, kamu bisa berkonsultasi melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Harvard Health Publishing (2019). Diakses pada 01 Desember 2020. Adult acne: Understanding underlying causes and banishing breakouts 

Healthline (2019). Diakses pada 01 Desember 2020. Everything You Need to Know About Razor Burn 

Healthline (2019). Diakses pada 01 Desember 2020. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?

Healthline (2018). Diakses pada 01 Desember 2020. 7 Causes of Oily Skin 

Lifestyle Asia (2020). Diakses pada 01 Desember 2020. Adult acne & dry skin: Common men’s skincare issues decoded by dermats 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 01 Desember 2020. Acne 

Medical News Today (2019). Diakses pada 01 Desember 2020. Top 6 remedies for dry skin on the face 

Medical News Today (2020). Diakses pada 01 Desember 2020. Top six home treatments for oily skin 

Tokyo Weekender (2020). Diakses pada 01 Desember 2020. 5 Common Men’s Skin Problems And How To Tackle Them Using Products You Can Find in Japan 

    register-docotr