Kesehatan Pria

7 Obat Kuat Alami Ini Ampuh untuk Kesehatan Seksual Pria!

September 6, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Banyak orang yang mencari obat kuat alami untuk mengatasi masalah disfungsi seksual yang mereka alami. Meskipun minim efek samping, tapi beberapa di antaranya masih memerlukan banyak uji klinis untuk membuktikan kemanjurannya.

Disfungsi ereksi yang merupakan salah satu bentuk disfungsi seksual dikatakan pakar dari UW Health selalu mengalami kenaikan 10 persen per dekadenya. Dengan kata lain, 50 persen pria yang berusia 50 tahun dan 60 persen pria berusia 60 tahun mengalami masalah ini.

Untuk mengatasi masalah ini, dunia medis sudah mengenal beberapa pendekatan, salah satunya adalah viagra. Meskipun demikian, ada juga obat kuat alami yang minim efek samping seperti berikut ini:

1. Obat kuat alami dalam kopi

Tidak ada yang menyangka kalau minuman yang akrab di lidah orang Indonesia ini juga merupakan obat kuat alami. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas – Houston School of Public Health mencatat pengaruh asupan kafein terhadap penurunan disfungsi ereksi.

Penurunan prevalensi ini dialami oleh subjek penelitian mereka yang masuk dalam golongan orang dewasa yang berusia di atas 20 tahun. Pengaruh ini sangat dirasakan mereka yang mengonsumsi 170-375 mg kafein per hari yang setara dengan 2-3 cangkir kopi.

Penurunan prevalensi ini terjadi pada mereka yang mengalami obesitas, kelebihan berat badan dan hipertensi, tapi tidak demikian pada yang mengalami diabetes. Dan karena diabetes adalah salah satu penyebab terkuat disfungsi ereksi, maka hasil tersebut tidak mengherankan.

2. Makanan yang mengandung karotenoid

Salah satu obat kuat alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah adalah makanan yang mengadung karotenoid. Makanan ini mengandung pigmen berwarna merah, kuning dan oranye yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal fertility and sterility, menemukan adanya pengaruh karotenoid terhadap kemampuan sperma bergerak di saluran reproduksi perempuan. Para peneliti menyebut hal ini dipengaruhi oleh lycopene dalam karotenoid.

Makanan yang kaya akan karotenoid antara lain adalah:

  • armenian plum
  • aspragus
  • hati sapi
  • brokoli
  • wortel
  • jagung
  • jambu kelutuk
  • mangga

3. Obat kuat alami dalam tomat

Tomat bisa menjadi salah satu obat kuat alami, lho. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasi dalam Journal of National Science and Vitaminology.

Penelitian tersebut menyebut pria yang banyak memakan tomat yang sudah dimasak memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat ketimbang mereka yang kurang memakannya.

4. Makanan pedas

Bagi kamu penggemar pedas, berbahagialah, karena makanan yang dapat meningkatkan selera makanmu ini merupakan salah satu obat kuat alami. Setidaknya, hal itulah yang dikatakan dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam Physiology & Behavior.

Penelitian tersebut menyebut pria yang menambahkan saus cabai untuk membuat makanan mereka terasa pedas memiliki level testosteron yang tinggi. Hal ini disinyalir disebabkan oleh capsaicin yang merupakan komponen dalam cabai.

5. Obat kuat alami dalam ikan

Penelitian yang dipublikasi di The Journal of Nutrition menemukan adanya pengaruh makanan terhadap kesuburan, salah satunya adalah ikan. Dari 155 pria yang menjadi responden, mereka yang memakan ikan lebih banyak ternyata memiliki kualitas semen yang lebih baik.

Tidak hanya itu, kuantitas sperma dan morfologinya pun tercatat lebih baik daripada mereka yang kurang makan ikan. Jumlah sperma pada mereka yang kurang makan ikan berjumlah 102 juta sementera mereka yang banyak makan ikan dapat mencapai 168 juta.

6. L-citrulline

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Urology mencatat jika asam amino yang secara alami ditemukan di dalam semangka ini ternyata bisa menjadi obat kuat alami. 

Dalam kajian tersebut, pria dengan disfungsi ereksi ringan yang mengonsumsi L-citrulline melaporkan jika mereka sangat puas terhadap hasilnya asam amino ini. 

Beberapa makanan lain yang mengandung L-citrulline adalah:

  • Labu
  • Ketimun
  • Pare
  • Labu manis

7. Maca

Kamu tentu tidak asing dengan tumbuhan yang berasal dari Peru ini. Beberapa suplemen kesehatan seksual di pasaran seringkali mencantumkan maca sebagai bahan utama merea.

Oleh karena itu, tidak heran jika sebuah penelitian yang diterbitkan dalam CNS Neuroscience & Therapeutics menyimpulkan maca bisa meningkatkan libido 10 pria yang menjadi subjek penelitian mereka.

Mereka yang dijadikan subjek penelitian memiliki kelainan disfungsi seksual yang  disebabkan oleh selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI). Selama penelitian, mereka diminta untuk mengonsumsi 3 gram maca per hari.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr