Kesehatan Pria

5 Manfaat Daun Putri Malu bagi Kesehatan, Kamu Sudah Tahu?

December 19, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Selama ini daun putri malu (Mimosa pudica L.) memang tumbuh liar. Keberadaannya yang sering ditemukan di tanah lapang sering tidak diperhatikan, namun siapa sangka ada beragam potensi manfaat daun putri malu bagi kesehatan.

Sebuah naskah publikasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta menyebut kalau tanaman putri malu ini pertama kali ditemukan di Brasil. Tanaman ini tergolong cepat dalam berkembang biak, sehingga ketersediannya cukup tinggi.

Manfaat daun putri malu bagi kesehatan

Ada berbagai potensi manfaat daun putri malu bagi kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Berfungsi sebagai antibakteri

Salah satu manfaat daun putri malu adalah kemampuannya sebagai antibakteri. Dalam sebuah kajian literatur yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review disebutkan kalau pasta yang dibuat dari daun putri malu ini bisa menyembuhkan luka bisul dan gatal-gatal.

Sementara itu, sebuah penelitian dari dalam negeri yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado menyebut kalau ekstrak daun putri malu bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Penelitian tersebut memakai lima bakteri yaitu Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Enterobacter cloacae, Pseudomonas aeruginosa serta Proteus stuarti.

Meskipun demikian, para peneliti menyebutkan kalau manfaat daun putri malu ini tidak bisa diaplikasikan pada pengobatan antimikroba. Karena masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek sampingnya.

2. Memiliki efek sedatif

Efek sedatif atau obat penenang juga merupakan salah satu manfaat dari daun putri malu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Penelitian ini dilakukan terhadap 30 ekor mencit yang dijadikan sampel. Sayangnya, peneliti tidak dapat menjelaskan lebih lanjut kandungan zat aktif dalam putri malu yang dapat memberikan efek sedatif ini.

Tidak adanya penelitian sebelumnya membuat efek ini tidak bisa dijelaskan lebih lanjut. Meskipun demikian, peneliti percaya efek sedatif ini diduga disebabkan oleh zat melatonin dalam daun putri malu.

Situs kesehatan Web MD menjelaskan kalau melatonin ini sendiri merupakan hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh. Di pasaran sudah ada obat melatonin yang biasa dipakai oleh orang yang mengalami insomnia dan gangguan tidur.

3. Manfaat daun putri malu sebagai larvasida

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Andalas menyebutkan daun putri malu berpotensi digunakan sebagai larvasida nabati. Dalam penelitian ini, para peneliti mengunakannya untuk menguji mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti.

Para peneliti menyebut kalau manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan dari ekstraksi daun ini. Setidaknya terdapat beberapa senyawa aktif dari golongan polifenol di dalam daun putri malu.

Senyawa tersebut di antaranya flavonoid, tanin, saponin dan alkaloid. Dalam penelitian disebut kalau masing-masing senyawa ini memiliki mekanisme yang berbeda-beda dalam membunuh larva.

4. Memiliki kandungan antioksidan

Dalam kajian Pharmacognosy Review disebutkan kalau daun putri malu memiliki potensi untuk melindungi dari racun stres oksidatif dan kerusakan lever. 

Untuk membuktikan hal itu, peneliti menggunakan ekstrak daun putri malu bersama dengan racun etanol pada beberapa tikus percobaan. 

Hasilnya, ekstrak daun putri malu memengaruhi peningkatan antioksidan di tubuh tikus tersebut.

5. Bisa menurunkan keparahan asma

Potensi lain manfaat daun putri malu adalah bisa dijadikan terapi herbal untuk asma. Hal ini berdasarkan kajian yang dilakukan di Universitas Brawijaya. Para peneliti menggunakan tikus sebagai hewan model asma yang diberikan ekstrak daun putri malu. 

Peneliti menyebut manfaat tanaman ini dalam mengurangi asma pada tikus ini dipengaruhi oleh senyawa flavonoid dari ekstrak daunnya. Senyawa ini sendiri memiliki efek anti-inflamasi yang menghambat terjadinya radang.

Apakah benar daun putri malu bisa menambah vitalitas pria?

Di beberapa situs e-commerce, kamu bisa menemukan produk-produk yang penambah vitalitas pria yang salah satunya mengandung putri malu. Apa benar ini bermanfaat?

Sebuah penelitian di India memang menyebut kalau putri malu berkhasiat dalam meningkatkan libido. Hanya saja, penelitian ini menggunakan akar, bukan daun putri malu. Peneliti melakukan uji coba ini pada tikus.

Peneliti menyebut kalau ekstrak etanol dari akar putri malu mampu meningkatkan aktivitas libido pada tikus yang normal tanpa efek samping yang merugikan.

Demikianlah berbagai manfaat daun putri malu yang perlu kamu pahami. Meskipun di antaranya masih perlu kajian lebih lanjut, tapi daun putri malu memberikan potensi yang menjanjikan untuk kesehatan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr