Kesehatan Pria

10 Makanan Penambah Sperma, Berikut Daftar Lengkapnya!

December 26, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Jumlah sperma yang sedikit bisa menurunkan potensi pembuahan dengan sel telur. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produksi sperma. Selain olahraga, ada sejumlah makanan penambah sperma yang bisa dikonsumsi.

Lantas, apa saja makanan tersebut? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut dengan ulasan berikut ini!

Daftar makanan penambah sperma

Ada banyak makanan yang bisa meningkatkan produksi sperma di dalam testis. Mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga bahan yang biasa digunakan sebagai bumbu seperti bawang putih. Berikut daftar lengkapnya:

1. Tomat

Makanan penambah sperma yang pertama adalah tomat. Terlepas dari perdebatan buah atau sayur, tomat adalah sumber likopen yang sangat tinggi. Menurut sebuah penelitian, tomat sangat baik bagi kesuburan pria.

Tak hanya menambah volume sperma, tapi juga meningkatkan motilitas (gerakan) agar lebih cepat dan lincah. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun jika ingin memasaknya, agar penyerapan antioksidan yang dimiliki menjadi lebih optimal.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

2. Cokelat hitam

Selain rasanya yang manis, cokelat hitam juga bisa menjadi makanan penambah sperma, lho. Dark chocolate kaya akan asam amino L-arginine, yang dikenal dapat membantu meningkatkan volume cairan semen dan sperma.

Berbagai kandungan pada cokelat hitam seperti vitamin juga bisa bekerja melawan radikal bebas yang secara tidak langsung dapat memengaruhi kualitas sperma.

Sebuah riset oleh sejumlah ilmuwan di Penn State University memaparkan, satu gigitan cokelat hitam tiap hari sudah bisa berkontribusi terhadap jumlah sperma pada pria.

3. Bawang putih

Makanan penambah sperma berikutnya adalah bawang putih. Salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan alisin yang tinggi, bahan aktif yang dapat merangsang sirkulasi darah.

Aliran darah sangat dibutuhkan pria agar bisa ereksi dan melindungi sperma dari kerusakan. Bahkan, menurut sebuah kajian, bawang putih juga mempunyai selenium yang dapat meningkatkan motilitas dan vitalitas dari sperma itu sendiri.

4. Telur

Telur telah menjadi bagian penting dari banyak jenis makanan, baik sebagai menu utama atau hanya sekadar komponen dalam bahan pembuatan. Ada beberapa nutrisi penting yang terdapat pada telur, di antaranya adalah vitamin E dan protein.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, kedua zat tersebut dapat membantu merangsang produksi sel sperma. Tak hanya itu, sifat antioksidan yang dibawa vitamin E dan protein juga bisa melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

5. Wortel

Tak hanya baik untuk mata, ternyata wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan volume sperma, lho. Menurut studi yang terbit di Iranian Journal of Reproductive Medicine, kandungan beta-karoten pada wortel bisa menjaga kesehatan sperma dengan cara menetralkan radikal bebas.

Dari situ, jumlah sperma akan meningkat seiring berjalannya waktu. Senyawa antioksidan yang dimiliki wortel juga dapat mengoptimalkan gerak sperma agar bisa berenang lebih cepat menuju sel telur.

6. Ginseng

Salah satu makanan penambah sperma yang sudah cukup populer adalah ginseng. Tanaman yang tumbuh subur di beberapa negara Asia ini memiliki akar yang sangat berkhasiat untuk kejantanan para pria.

Dalam sebuah riset pada 2013 yang melibatkan 66 pria, penggunaan ekstrak ginseng dipercaya dapat meningkatkan kadar testosteron dan produksi sperma. Bahkan, ginseng juga sering dipakai untuk mengobati berbagai gangguan organ seksual pria, salah satunya adalah impotensi.

7. Pisang

Selain rasanya yang manis, pisang adalah buah yang sangat bermanfaat bagi pria. Sebab, buah berwarna kuning ini memiliki enzim langka bernama bromelain yang berperan penting dalam mengatur hormon seks.

Belum lagi vitamin A, B1, dan C yang dimilikinya bisa menambah stamina pria serta meningkatkan produksi sperma di dalam testis.

8. Sayuran berdaun hijau

Tak banyak yang tahu bahwa sayuran hijau adalah makanan yang bisa meningkatkan produksi sperma. Khasiat tersebut tak lepas dari kandungan folat yang dimiliki. Kamu bisa mendapatkannya dari bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan University of California menyebutkan, pria yang rajin mengonsumsi asam folat tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kondisi kelainan sperma.

9. Asparagus

Dikenal sebagai sayuran dengan harga tinggi, asparagus adalah makanan yang sangat baik untuk sperma. Berdasarkan penelitian pada 2014, kandungan vitamin C yang ada pada asparagus bisa meningkatkan jumlah sperma dan melindunginya dari kerusakan oksidatif.

Dengan jumlah yang meningkat, itu artinya akan semakin banyak sperma yang berenang ke sel telur dan memperbesar peluang pembuahan.

10. Kacang-kacangan

Makanan penambah sperma yang terakhir adalah kacang-kacangan. Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandung asam folat yang tinggi.

Menurut satu riset, orang yang jarang mengonsumsi asam folat sangat rentan mengalami penurunan jumlah sperma hingga kondisi kelainan kromosom.

Nah, itulah 10 daftar makanan penambah sperma yang perlu kamu tahu. Kamu bisa kombinasikan beberapa makanan di atas sebagai menu harian agar mendapat khasiat terbaiknya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Penn State University, diakses 10 Desember 2020, Effect Of Diluent Supplementation With Garlic Extract On Semen Quality Of Cocks During Liquid Storage.
  2. University of California, diakses 10 Desember 2020, Adequate folic acid in the diet may be important for both men and women of reproductive age, new UC Berkeley/U.S.D.A. study suggests.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Desember 2020, The effects of tomato juice on male infertility.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Desember 2020, Recommended foods for male infertility in Iranian traditional medicine.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Desember 2020, A Review on Plants Used for Improvement of Sexual Performance and Virility.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Desember 2020, Low paternal dietary folate alters the mouse sperm epigenome and is associated with negative pregnancy outcomes.

    register-docotr