Kesehatan Pria

Bingung Cari Makanan agar Sperma Sehat? Ini 8 Daftar Lengkapnya!

July 24, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Memiliki sperma sehat adalah idaman bagi kebanyakan pria. Sebab, faktor kesehatan sperma sangat berpengaruh pada proses pembuahan sel telur. Kamu bisa memilikinya dengan rajin mengonsumsi sejumlah makanan agar sperma sehat.

Sebagian besar makanan tersebut tak sulit ditemukan, bahkan mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar makanan agar sperma sehat

Daftar makanan agar sperma sehat tak lepas dari kandungan dan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti vitamin, seng, zat besi, protein, asam amino, dan masih banyak lagi. Ini dia delapan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan sperma.

1. Pisang sebagai makanan agar sperma sehat

Pisang adalah buah yang bisa menjadi makanan agar sperma sehat. Kandungan vitamin A, B1, dan C berperan penting dalam kuantitas sperma. Belum lagi, terdapat bromelain yang dikenal sebagai enzim pengontrol hormon seks.

Selain itu, kadar potasium yang tinggi pada pisang diyakini bisa melancarkan sirkulasi darah menuju testis. Asupan darah yang cukup akan memaksimalkan proses produksi sperma. Seng (zinc) kemudian menjalankan fungsinya untuk menjaga kualitas dari sperma itu sendiri.

Berbagai kandungan di dalam pisang juga dapat membentuk antioksidan yang dapat melindungi sperma dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Jadi, jangan pernah bosan untuk makan pisang, ya.

2. Cokelat hitam

Selain rasanya yang manis, dark chocolate adalah makanan yang bisa menyehatkan sperma. Asam amino turunan yang ada padanya bisa melipatgandakan volume sperma dan cairan semen yang dihasilkan sistem reproduksi pria.

Makanan ini juga memengaruhi kelincahan sperma. Sehingga, ia akan lebih cepat mencapai sel telur setelah proses ejakulasi. Hasilnya, peluang terjadinya kehamilan semakin tinggi.

Tapi, tetap sesuaikan porsi-nya, ya. Sebab, kalori yang tinggi pada dark chocolate bisa meningkatkan risiko obesitas jika dikonsumsi berlebihan.

Baca juga: Tak Hanya Manis, Ini 6 Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan

3. Daging merah

Daging merah adalah salah satu sumber terbaik dari protein, zat besi, dan seng. Ketiga nutrisi tersebut dapat menjaga kualitas dan kuantitas sperma. Mengutip dari Medical News, daging merah merupakan makanan yang cocok untuk pria yang memiliki sedikit sperma.

Seng yang ada pada daging merah memiliki sifat antioksidan, mampu mencegah paparan radikal bebas yang bisa mengontaminasi atau merusak sperma. Jika sperma sudah rusak, proses pembuahan akan sulit terjadi.

Sayangnya, menurut American Heart Association, beberapa daging merah memiliki lemak jenuh yang tinggi. Ini bisa memicu berbagai penyakit di dalam tubuh. Oleh karena itu, pilih daging tanpa lemak yang ditandai dengan tidak adanya garis-garis putih saat belum dimasak.

4. Bayam sebagai makanan agar sperma sehat

Pada umumnya, sayuran hijau bisa dijadikan makanan agar sperma sehat, salah satunya adalah bayam. Sayuran ini memiliki asam folat yang tinggi, cocok untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma di dalam testis.

Asam folat juga dapat menjaga bentuk sperma agar tetap sempurna. Sehingga, akan lebih mudah menjangkau sel telur untuk mempercepat proses pembuahan. Struktur sperma sangat berpengaruh pada kelincahan geraknya saat memasuki vagina.

5. Tanaman ginseng

Sudah menjadi rahasia umum, ginseng memiliki khasiat untuk meningkatkan aspek kejantanan pria.

Tanaman ginseng berperan aktif dalam menjaga tingkat kesuburan pria, yaitu dengan mengirim impuls menuju bagian otak bernama hipotalamus untuk meningkatkan produksi sperma.

Tanaman ini juga dapat menjaga kesehatan jantung, sehingga sirkulasi darah akan tetap berjalan optimal. Dengan mendapat asupan darah yang cukup, organ reproduksi pria akan bekerja dengan baik.

6. Buah mangga

Di beberapa negara Asia, terutama India, mangga dikenal sebagai makanan yang bisa mengatasi disfungsi ereksi. Pria yang memakannya diyakini akan memiliki libido atau gairah seksual lebih tinggi.

Hal tersebut tak lepas dari kandungan vitamin E yang mampu menjaga keseimbangan hormon testosteron. Belum lagi, terdapat beta-karoten yang bisa bisa melindungi sperma dari kerusakan-kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Mangga, Jaga Kesehatan Kulit hingga Cegah Kanker

7. Kunyit sebagai makanan agar sperma sehat

Selain menjadi bumbu dapur, ternyata kunyit dapat digunakan untuk menjaga kesehatan sperma, lho. Kurkumin, senyawa pemberi warna kuning, dipercaya bisa meningkatkan jumlah sperma pada pria, serta memulihkan fungsi reproduksi.

Kandungan tersebut juga mampu mencegah menempelnya antar sel sperma yang akan menyulitkan gerakan menuju sel telur. Tentu saja, ini sangat berpengaruh pada proses pembuahan.

8. Ikan laut

Pertimbangkan untuk menjadikan ikan laut sebagai makanan agar sperma sehat. Sejumlah ilmuwan di Argentina membuktikan adanya keterkaitan antara kandungan omega-3 pada ikan dengan kualitas cairan semen.

Semen adalah cairan yang membawa sperma untuk masuk ke dalam vagina. Tanpa cairan ini, sperma akan kesulitan menjangkau sel telur. Akibatnya, proses pembuahan akan menjadi lebih sulit.

Nah, itulah delapan makanan agar sperma sehat yang perlu kamu tahu. Beberapa di antaranya memerlukan pembatasan konsumsi, karena bisa memicu gangguan kesehatan jika dimakan berlebihan. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Medical-news.org, diakses 18 Juli 2020, 18 Foods to Eat for Elevating Sperm Count.
  2. Healthline, diakses 18 Juli 2020, 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.
  3. EatThis.com, diakses 18 Juli 2020, 16 Best Foods To Increase Sperm Count And Health.
  4. American Hearth Association, diakses 18 Juli 2020, Meat, Poultry, and Fish: Picking Healthy Proteins.
  5. Harvard School of Public Health, diakses 18 Juli 2020, Dark chocolate.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 18 Juli 2020, Effect of Long-Term Fish Oil Supplementation on Semen Quality and Serum Testosterone Concentrations in Male Dogs.

    register-docotr