Kesehatan Pria

Rendahnya Dorongan Seksual hingga Rambut Rontok, Berikut 8 Ciri-Ciri Testosteron Rendah pada Pria!

November 9, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Berbagai ciri-ciri testosteron rendah pada pria dapat muncul seiring dengan menurunnya produksi hormon ini di dalam tubuh. Beberapa tanda di antaranya tidak terlihat dan cenderung halus, tapi ada juga yang mengganggu kualitas hubungan seksual kamu dengan pasangan.

Testosteron sendiri merupakan hormon yang dihasilkan dalam tubuh manusia. Hormon testosteron umumnya dihasilkan oleh pria dalam testis mereka.

Baca Juga: Kekurangan Hormon Testosteron, Penyebab Utama Pria Mengalami Menopause!

Ciri-ciri testosteron rendah pada pria

Produksi testosteron biasanya menurun seiring dengan pertambahan usia. American Urological Association menyatakan level hormon ini rendah kalau kamu memiliki kurang dari 300 nanogram per deciliter (ng/dL) hormon testosteron di dalam darah.

Setidaknya 2 dari 10 pria yang masuk usia lanjut atau 60 tahun ke atas akan mengalami testosteron rendah. Angka ini akan meningkat menjadi 3 dari 10 pria ketika untuk usia 70 sampai 80 tahun.

Lalu, apa saja ciri-ciri pria memiliki testosteron yang rendah? Simak uraiannya berikut ini:

1. Dorongan seksual yang rendah

Testosteron merupakan hormon yang memengaruhi penampilan dan perkembangan seksual pria. Karena itu, tidak heran kalau ciri-ciri testosteron rendah pada pria yang utama adalah menurunnya dorongan seksual.

Hormon ini memiliki fungsi sebagai stimulan produksi sperma dan juga memiliki peranan penting dalam libido pria. 

Beberapa pria biasanya akan mengalami penurunan dorongan seksual seiring dengan pertambahan usia. Meskipun demikian, kamu yang memiliki testosteron rendah biasanya akan mengalami penurunan dorongan seksual yang sangat drastis.

2. Kesulitan ereksi

Jika kamu kesulitan ereksi, bisa jadi itu adalah ciri-ciri testosteron rendah yang kamu alami. 

Salah satu kerja testosteron adalah menstimulasi jaringan-jaringan penis untuk menghasilkan oksida nitrat yang akan menghasilkan berbagai reaksi, salah satunya adalah ereksi. 

Jika kamu memiliki hormon testosteron yang rendah, maka kamu akan kesulitan ereksi. Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan kesulitan ereksi adalah:

  • Diabetes
  • Masalah pada tiroid
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Merokok
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Depresi
  • Stres
  • Keresahan.

3. Volume semen yang rendah

Testosteron memiliki peranan penting dalam produksi semen, yang merupakan faktor penting untuk memungkinkan sperma bergerak. Ciri-ciri testosteron rendah pada pria ini dapat kamu lihat ketika volume semen yang kamu keluarkan saat ejakulasi mengalami penurunan.

4. Rambut rontok termasuk ciri-ciri testosteron rendah pada pria

Hormon testosteron memiliki peran dalam produksi rambut di seluruh tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri testosteron rendah pada pria adalah rambut yang rontok.

Meskipun kebotakan ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan, tapi kamu yang memiliki testosteron rendah juga bisa mengalami kerontokan rambut di tubuh dan bagian wajah.

5. Penurunan massa otot

Hormon testosteron memiliki peranan penting dalam pembentukan massa otot, karena itu penurunan level hormon ini juga bisa menyebabkan penurunan massa otot secara signifikan.

Meskipun demikian, sebuah kajian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One menyebut penurunan massa otot ini tidak serta-merta menurunkan fungsi dan kekuatan otot.

6. Meningkatnya lemak tubuh

Sudah jatuh tertimpa tangga, bisa saja itu yang kamu alami ketika hormon testosteron kamu rendah. Karena, selain massa otot turun, kamu juga akan mengalami peningkatan lemak tubuh.

Pada beberapa kasus, pria yang mengalami penurunan hormon testosteron akan mengalami gynecomastia yang dapat menyebabkan pembengkakan payudara.

Baca Juga: Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

7. Turunnya level energi

Kamu yang memiliki testosteron rendah akan cenderung mengalami penurunan level energi. Tidak heran kalau ciri-ciri dari testosteron rendah adalah mudahnya kamu mengalami keletihan.

Ketika kamu mengalami kondisi ini, maka kamu akan mudah lelah sekalipun kamu sudah banyak beristirahat. Kamu pun bisa saja kehilangan semangat atau keinginan untuk berolahraga atau bergerak.

8. Ciri-ciri testosteron rendah pada pria yakni penurunan massa tulang

Osteoporosis atau menipisnya massa tulang merupakan kondisi yang biasa dikaitkan pada wanita. Meskipun demikian, pria yang mengalami penurunan level testosteron juga bisa mengalami kondisi ini.

Salah satu fungsi dari testosteron adalah membantu produksi tulang dan meningkatkan kekuatan tulang. Jadi, salah satu ciri-ciri testosteron rendah pada pria adalah turunnya volume tulang dan kamu akan mudah mengalami patah tulang.

Itulah beberapa ciri dari rendahnya testosteron yang wajib kaum pria ketahui. Selalu jaga kondisi tubuh dan perhatikan perubahan kesehatan yang kamu alami, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline, diakses 02 November 2020. 12 Signs of Low Testosterone
  2. MedicalNewsToday, diakses 02 November 2020. What are the symptoms of low testosterone?
  3. Urology Care Foundation, diakses 02 November 2020. What is Low Testosterone?
  4. US National Library of Medicine, diakses 02 November 2020. Treatment of Men for “Low Testosterone”: A Systematic Review
    register-docotr