Kesehatan Pria

Penting untuk Pria! Ini Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Kamu

July 18, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Setiap pria harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma. Hal ini penting supaya bisa mengatasi masalah infertilitas yang mungkin saja menimpa kamu.

Kualitas sperma memainkan peranan penting untuk memperbesar peluang kehamilan dan juga kesehatan calon bayi. Faktanya, Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat mencatat jika ⅓ masalah infertilitas terjadi di pria.

Baca Juga: Moms, Jangan Khawatir ASI Tidak Keluar, Ini Dia Alternatif ASI untuk Bayi yang Bisa Dicoba!

Sudah berkualitaskah spermamu?

Kualitas sperma bukan hanya ditunjukkan oleh banyaknya sel ini yang keluar dari tubuh kamu pada saat ejakulasi. Sperma harus cukup sehat untuk melakukan pergerakan dari vagina hingga rahim dan melakukan pembuahan pada sel telur.

Ada tiga faktor utama yang menentukan kualitas dari sperma:

  • Kuantitas: jumlah yang keluar dalam setiap ejakulasi. Kamu dikatakan sehat jika mengeluarkan 15 juta sperma per milimeter (ml) dari semen
  • Pergerakan: dokter menyebutnya dengan istilah motilitas. Ini kualitasnya ditentukan dari seberapa baik dan cepatnya sperma bergerak di vagina hingga rahim dari pasangan kamu
  • Struktur: bentuk sperma yang normal adalah berkepala telur dengan buntut panjang. Sperma memakai buntut ini untuk berenang mencapai sel telur, semakin normal bentuk sperma kamu, semakin mudah dia bergerak.

Cara meningkatkan kualitas sperma

Nah, berikut ini merupakan cara meningkatkan kualitas sperma berdasarkan tiga faktor tersebut:

Rajin olahraga

Olahraga ringan sekalipun dapat meningkatkan kuantitas, pergerakan dan bentuk dari sperma. Hal ini ditopang oleh sebuah studi yang diterbitkan pada 2005.

Penelitian tersebut menemukan kombinasi antara aktivitas ringan dengan Indeks massa tubuh yang tinggi berkontribusi secara langsung pada rendahnya kualitas semen. Obesitas pun dapat memengaruhi level testosteron juga yang dapat menurunkan dorongan seksual.

Penelitian lain yang dilakukan pada 2011 mencatat olahraga dan penurunan berat badan bisa menjadi cara meningkatkan kualitas sperma dan jumlahnya. Efeknya bahkan didapat hanya dalam waktu seminggu saja. 

Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan dan olahraga ringan seperti berjalan selama 20 menit, push up, hingga melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Tapi jangan terlalu berat, karena kegiatan seperti bersepeda jogging dan naik gunung justru dapat menurunkan kualitas semen.

Cara meningkatkan kualitas sperma dengan konsumsi vitamin C

Mengonsumi antioksidan seperti vitamin C dapat melawan stres oksidatif yang berakibat buruk pada fertilitas. Vitamin C dikatakan dapat meningkatkan kualitas sperma juga, lho.

Sebuah studi yang dilakukan di Dubai menyebut konsumsi 1000 mg suplemen vitamin C dua kali sehari selama 2 bulan meningkatkan pergerakan sperma hingga 92 persen dan jumlah sperma lebih dari 100 persen.

Kurangi stres

Cara meningkatkan kualitas sperma yang lainnya yaitu dengan mengurangi stres. Stres dapat memengaruhi dorongan seksual kamu, lho. Saat stres, kepuasan berhubungan badan dan fertilitas juga akan berkurang.

Oleh karena itu, kamu harus menjadikan manajemen seks sebagai cara untuk meningkatkan sperma. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berjalan ke alam, meditasi, olahraga atau bahkan menghabiskan waktu dengan teman-teman.

Kurangi kafein dan alkohol

Dalam sebuah kajian yang dilakukan di Italia, ditemukan kaitan antara kerusakan DNA sperma dengan soda dan minum ringan. Meminum minuman berkafein baik soda, kopi, atau minuman berenergi lebih dari tiga gelas per hari juga bisa menurunkan jumlah sperma.

Sementara untuk alkohol, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2014 mencatat konsumsi lebih dari 4 hingga 5 unit alkohol per minggu dapat menurunkan jumlah dan pergerakan sperma. Dampaknya meningkat semakin sering kamu mengonsumsi alkohol.

Lima unit alkohol setara dengan 1,1 liter bir dan 0,7 liter wine. Kurangi konsumsi alkohol kamu di bawah batas jumlah tersebut bisa jadi cara meningkatkan kualitas sperma, lho.

Baca Juga: Ampuh Atasi Kerontokan, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Konsumsi suplemen sebagai cara untuk meningkatkan kualitas sperma

Salah satu cara meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengonsumsi vitamin dan mineral penting melalui asupan makanan. Kamu pun bisa mendapatkan vitamin dan mineral ini melalui beberapa suplemen.

Pastikan suplemen atau makanan kamu mengandung beberapa komponen ini:

  • Vitamin C untuk meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma
  • Vitamin D untuk meningkatkan testosteron
  • Zat besi untuk kesehatan sperma secara keseluruhan
  • Ekstrak akar ashwagandha untuk meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma
  • Coenzyme Q10 untuk meningkatkan kualitas semen.

Tanyakan kondisi kesehatan kamu dan keluarga secara lebih lanjut dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses 14 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/mens-health/mens-guide-healthy-fertile-sperm
  2. Healthline.com (2020) diakses 14 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/boost-male-fertility-sperm-count
  3. Webmd.com (2018) diakses 14 Juli 2020. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/guide/sperm-count#2
  4. Acadeic.oup.com (2005) diakses 14 Juli 2020. https://academic.oup.com/humrep/article/20/1/208/671585
  5. Ncbi.nlm.nih.gov (2011) diakses 14 Juli 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3177768/
  6. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2006) diakses 14 Juli 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17004914/
  7. Ncbi.nlm.nih.gov (2017) diakses 14 Juli 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5482951/
  8. Bmjopen.com (2014) diakses 14 Juli 2020. https://bmjopen.bmj.com/content/4/9/e005462
  9. Cdc.gov (2019) diakses 14 Juli 2020. https://www.cdc.gov/reproductivehealth/infertility/
    register-docotr