Kesehatan Pria

Apakah Kanker Prostat Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya

August 14, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang umum menyerang kaum adam. Lalu pertanyaannya, apakah kanker prostat ini bisa sembuh?

Untuk perawatannya sendiri, ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengatasi kanker prostat. Kabar baiknya, kanker prostat bisa sembuh.

Kenapa bisa begitu? Simak ulasan mengenai kanker prostat dan juga berbagai jenis perawatannya di bawah ini.

Mengenal kanker prostat

Prostat adalah kelenjar yang berbentuk seperti kacang kenari di bagian panggul pria. Letaknya di sebelah kandung kemih dan dapat diperiksa dengan menjalani pemeriksaan colok dubur. 

Nah kanker prostat sendiri adalah salah satu bentuk kanker yang berkembang di kelenjar prostat tersebut. Melansir Urology Health, kanker ini jadi penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di Amerika.

Penyebab utama kanker prostat sebagian besar tidak diketahui. Tetapi hal-hal tertentu dapat meningkatkan risiko kamu mengembangkan kondisi tersebut.

Kemungkinan terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia. Kebanyakan kasus berkembang pada pria berusia 50 atau lebih.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 6 Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda yang Sering Diabaikan

Mendiagnosis kanker prostat

Untuk mendiagnosis kondisi kanker prostat pada seseorang, diperlukan beberapa serangkaian tes. Berikut beberapa tes yang mungkin harus kamu jalani:

  • Tes darah
  • Pemeriksaan fisik pada area prostat atau dikenal dengan pemeriksaan rektal digital (DRE)
  • MRI scan
  • Tes biopsi

Apakah kanker prostat bisa sembuh?

Melansir Pasadena Cyberknife, jawaban singkatnya adalah bisa. Selama kanker terdiagnosis dan diobati sejak masih di stadium awal.

Sebagian besar kasus kanker prostat (lebih dari 90 persen) ditemukan pada tahap awal, membuat tumor lebih mungkin merespons pengobatan.

Perawatan juga tidak selalu harus berarti operasi atau kemoterapi. Terapi radiasi non-invasif dapat secara efektif mengobati kanker prostat.

Namun, sayangnya jika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain maka kanker tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan biasanya difokuskan pada memperpanjang hidup dan menghilangkan gejala.

Baca Juga : Beberapa Gejala Kanker Prostat yang Harus Kamu Tahu dan Waspadai

Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker prostat

Terlepas dari jenis kankernya, dokter menganggap kanker “sembuh” jika pasien tetap bebas kanker selama jangka waktu tertentu setelah pengobatan.

Semakin tinggi jumlah pasien yang tetap bebas kanker selama lima tahun atau lebih, semakin tinggi kesembuhan penyakit tersebut. Kanker prostat memiliki tingkat kesembuhan tertinggi dari semua jenis kanker, sebagian besar berkat standar deteksi dini dan kemajuan teknologi pengobatan.

Tingkat kelangsungan hidup menurun secara signifikan ketika kanker terdeteksi pada tahap yang sudah parah. Namun, kabar baiknya adalah hanya sekitar lima persen pria yang didiagnosis setelah kanker menyebar ke seluruh tubuh. 

Intinya, lebih dari 90 persen pria yang didiagnosis dengan kanker prostat hidup selama lima tahun atau lebih setelah pengobatan. Ini menjadikan kanker prostat jadi salah satu bentuk kanker yang paling dapat disembuhkan.

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh, Ini Bahaya Kanker Prostat pada Pria

Tahapan stadium kanker

Semakin cepat terdeteksi, maka kemungkinan kanker bisa disembuhkan juga meningkat. Memangnya, ada berapa tahapan kanker prostat sih?

Berikut penjelasan mengenai stadium kanker prostat berdasarkan American Joint Committee on Cancer (AJCC) melansir dari Pasadena Cyberknife:

1. Tahapan T

Stadium T ini mengevaluasi tingkat lokal kanker. Pada stadium ini dinilai dari skala T1 sampai T4.

T1 menunjukkan bahwa tumor hanya dapat dideteksi melalui pencitraan atau biopsi, sedangkan T4 menunjukkan kanker yang telah menyebar ke jaringan lokal.

2. Tahapan N

Stadium N ini mengevaluasi tingkat penyebaran ke kelenjar getah bening. Pada stadium ini dinilai dengan skala X, 0, dan 1.

Nilai X berarti kelenjar getah bening tidak diperiksa, 0 berarti kanker belum menyebar, dan 1 menunjukkan kanker di kelenjar getah bening terdekat.

3. Tahapan M

Stadium M ini mengevaluasi bagaimana kanker telah bermetastasis atau menyebar ke seluruh tubuh. Pada stadium ini dinilai dari skala M0, atau M1a, M1b, atau M1c.

M0 menunjukkan bahwa kanker belum menyebar ke luar kelenjar getah bening regional. M1a menunjukkan penyebaran ke kelenjar getah bening, M1b menunjukkan penyebaran ke tulang, dan M1c berarti kanker ada di organ lain.

Kanker prostat mungkin bisa sembuh dengan perawatan ini

Setelah pertanyaan apakah kanker prostat bisa sembuh terjawab, kini pertanyaan lainnya adalah, apa saja metode perawatan untuk kanker jenis ini?

Perawatan kanker prostat tergantung dengan kondisi kesehatan pasien dan juga sejauh mana keparahan kanker prostat yang dialami.

Berikut beberapa perawatan yang biasanya diberikan kepada pasien kanker prostat melansir American Cancer Society::

  • Observasi atau surveilans aktif
  • Operasi 
  • Terapi Radiasi
  • Cryotherapy
  • Terapi Hormon
  • Kemoterapi
  • Imunoterapi 
  • Terapi Target untuk kanker prostat

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Pasadena Cyperknife. Diakses pada 13 Agustus 2020. How Curable is Prostate Cancer

American Cancer Society. Diakses pada 13 Agustus 2020. Treating Prostate Cancer

NHS. Diakses pada 13 Agustus 2020. Treatment Prostate cancer

Urology Care Foundation. Diakses pada 13 Agustus 2020. What is Prostate Cancer?

    register-docotr