Kesehatan Pria

5 Penyebab Sperma Tiba-Tiba Keluar Tanpa Rangsangan Seksual

November 20, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Apa yang ada di pikiran kamu saat mendengar kata ‘sperma bocor’? Cukup mengerikan, bukan? Tapi tenang dulu, kondisi ini lumrah terjadi karena berbagai macam faktor.

Saat pria berejakulasi, penisnya akan mengeluarkan cairan keputihan yang disebut air mani. Sebagian kecil kandungannya terdiri dari sperma.

Selama ini, air mani dianggap hanya keluar saat berhubungan seks atau masturbasi. Tapi terkadang, ini juga bisa keluar tanpa diawali adanya rangsangan seksual sama sekali. Kok, bisa?

Baca juga: Penis Bengkok Bisa Diluruskan Kembali? Berikut Prosedur Medisnya!

Penyebab sperma keluar tanpa rangsangan seksual

Dilansir Healthline, kebocoran air mani termasuk sperma di dalamnya, adalah hal yang umum terjadi.

Kondisi ini bisa sangat berpengaruh pada kesehatan sistem reproduksi seorang pria. Jadi penting untuk kamu mengetahui beberapa penyebabnya berikut ini:

Buang air kecil

Sperma di dalam air mani bisa tiba-tiba keluar saat kamu sedang buang air kecil. Ini dapat terjadi jika air mani tetap berada di uretra, setelah kamu mengalami ejakulasi.

Kebocoran sperma setelah ejakulasi sendiri bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Jika ini jarang terjadi, kamu mungkin tidak memerlukan perawatan apa pun.

Tetapi apabila ini disebabkan oleh ejakulasi retrograde dan kamu sedang berupaya memiliki anak, maka ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa diambil untuk mengatasinya.

Beberapa di antaranya adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah rendah, dan obat alergi seperti chlorpheniramine.

Mimpi basah

Menurut Medical News Today, kebocoran air mani selama tidur atau juga dikenal dengan istilah medis emisi nocturnal, sering terjadi pada remaja yang mengalami masa puber.

Gesekan penis dengan selimut atau pakaian selama tidur juga dapat menyebabkan gairah dan ejakulasi air mani beserta sperma.

Kebanyakan pria dan anak laki-laki tidak memerlukan perawatan apa pun untuk mengatasi hal ini.

Baca juga: 6 Penyebab Sakit Selangkangan pada Pria dan Cara Mengatasinya

Prostatitis

Prostatitis adalah peradangan yang terjadi di kelenjar prostat. Ini merupakan kelenjar kecil di antara kandung kemih dan penis yang berfungsi menghasilkan air mani.

Saat kamu mengalami prostatitis, kondisi ini dapat menyebabkan gejala sebagai berikut:

  1. Keluarnya cairan dari penis yang terlihat seperti air mani
  2. Nyeri di alat kelamin, perut bagian bawah, atau punggung bawah
  3. Timbul keinginan mendesak, atau sering buang air kecil
  4. Gejala seperti flu

Antibiotik mungkin diperlukan untuk mengobati prostatitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Adapun pembedahan untuk mengangkat prostat dan pilihan pengobatan lainnya, mungkin juga direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi kondisi ini.

Cedera sistem saraf

Merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari saraf dan sel, sistem ini bertugas mengirimkan pesan antara otak dan bagian tubuh lainnya. Ini juga berperan dalam mengontrol semua fungsi tubuh, termasuk ejakulasi.

Kerusakan sistem saraf dapat menyebabkan kebocoran air mani atau perubahan ejakulasi lainnya.

Cedera saraf akibat peradangan atau infeksi, mungkin akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Namun jika kerusakan saraf terjadi akibat tindakan pembedahan, pengobatan kanker, atau penyakit sistem saraf lainnya, kemungkinan ini akan menjadi jauh lebih sulit untuk diobati.

Efek samping pengobatan

Meminum obat-obatan juga dapat menyebabkan perubahan pada ejakulasi. Misalnya, beberapa obat dapat menyebabkan kebocoran air mani, kurangnya hasrat seksual, atau disfungsi ereksi. Contoh obat tersebut meliputi:

  1. Inhibitor reuptake serotonin selektif, yang merupakan kelas antidepresan
  2. Obat-obatan penenang yang berfungsi memperbaiki suasana hati
  3. Perawatan hormon

Jika efek samping seksual ini lebih banyak daripada manfaat obat antidepresan yang kamu konsumsi saat ini, maka kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

Dalam beberapa kasus, kamu akan disarankan untuk menyesuaikan dosis obat, atau beralih ke kelas obat yang berbeda namun cukup untuk mengatasi efek samping yang muncul.

Masih punya pertanyaan seputar sperma atau air mani? Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

What to know about semen leakage, https://www.medicalnewstoday.com/articles/326393#causes diakses pada 20 November 2020

What Causes Semen Leakage and How to Treat It, https://www.healthline.com/health/mens-health/semen-leakage diakses pada 20 November 2020

    register-docotr