Kamus Penyakit

Sering Kencing di Malam Hari Waspadai Tanda-Tanda Awal Diabetes

April 18, 2020 | Santi Andriani | dr. Ghifara Huda
feature image

Ditulis oleh : dr. Ghifara Huda

Si manis penyebab amputasi istilah ini cocok digunakan untuk penyakit yang sudah tidak asing bagi kita semua yaitu diabetes. Sama seperti penyakit lainnya, seseorang yang terkena diabetes akan menunjukkan tanda-tanda awal diabetes.

Penyakit yang katanya adalah raja dari segala penyakit karena mampu menyebabkan komplikasi pada badan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, mulai dari yang ringan sampai yang berat semisal amputasi.

Baca Juga: Mulai Suka Lupa? Konsumsi 10 Makanan untuk Mencegah Demensia

Penyebab utama kematian di dunia

Diabetes melitus menurut WHO merupakan 7 penyebab utama kematian pada tahun 2016 di seluruh dunia. Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes melitus terbanyak yang dialami masyarakat dunia saat ini.

Penderitanya merupakan orang yang menjalankan pola hidup tidak sehat. Oleh karena itu kamu harus mengetahui gejala umum diabetes melitus. Jangan sampai kamu  “jadian” dengan kencing manis.

Tanda-tanda awal diabetes

Perhatikan 10 tanda kamu “jadian” dengan si manis penyebab amputasi ini.

1. Sering kencing

Kenali tanda-tanda awal diabetes salah satunya sering kencing. Foto: https://www.healthline.com/

Sering kencing di malam hari? kamu harus waspada biasanya hal ini disebabkan oleh kadar gula darah yang meningkat. Hingga ginjal akan berusaha keras menyaring dan mengeluarkan gula dari dalam darah.

2. Sering haus

Kecing yang terlalu sering membuat cairan tubuh berkurang, sehingga haus pun kerap dirasakan orang yang diduga terkena diabetes. Foto:https://www.shutterstock.com/

Karena sering kencing, sudah pasti cairan dalam tubuh berkurang. Jangan bingung karena hal ini adalah hal yang wajar. Isyarat untuk minum sebagai bentuk kompensasi cairan yang terbuang hingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

3. Sering lapar

Tubuh merasa makanan yang dimakan tidak ada maknanya sehingga sering merasa lapar. Foto:https://www.shutterstock.com/

Pada diabetes melitus tipe dua terdapat kesalahan dalam pendistribusian sel gula ke dalam otot. Tubuh merasa makanan yang telah dikonsumsi tidak ada maknanya akibatnya akan sering merasa lapar.

4. Sering merasa lelah

Sering merasa lelah juga menjadi tanda -tanda awal diabetes. Foto:https://www.shutterstock.com/

Dampak sering merasa lelah ini merupakan ujung dari ketidakmampuan sel otot dalam menyerap makanan hingga, tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas.

5. Pandangan kabur

Seseorang yang menderita diabetes melitus dapat mengalami penurunan kemampuan untuk melihat. Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan pembuluh darah yang mengaliri mata sehingga mata mengalami kerusakan.

Adapun mekanisme yang lain adalah terjadinya kekeruhan lensa yang mengakibatkan pandangan seseorang menjadi kabur secara bertahap hingga timbulnya katarak.

6. Luka sulit sembuh

Gejala umum penderita diabetes adalah terjadi gangguan dalam proses penyembuhan luka. Proses penyembuhan ini memakan waktu lebih lama daripada orang normal.

Hal ini akan menjadi lebih serius ketika luka tak kunjung sembuh hingga timbul nanah dan membusuk. Jika ini sudah terjadi dokter akan menyarankan amputasi.

7. Mudah gatal

Penderita diabetes kerap mengalami gangguan kulit sehingga sering marasa gatal. Foto:https://www.shutterstock.com/

Efek ini terjadi karena umumnya penderita diabetes melitus mengalami gangguan pada kulit. Kulit akan menjadi kering akibatnya sering merasa gatal dan mudah terjadi infeksi jamur pada kulit.

8. Timbulnya warna kulit kehitaman

Merupakan tanda bahwa seseorang berisiko terkena diabetes melitus. Efek ini biasanya timbul pada bagian ketiak, leher dan bagian genital atau kemaluan.

9. Berat badan menurun

menambah berat badan
Berat badan berkurang drastis menjadi tanda tanda awal diabetes. Foto https://www.shutterstock.com/

Meskipun makan dalam jumlah yang banyak dan sering namun, berat badan makin lama makin menurun hal ini merupakan salah satu tanda kamu ‘‘sudah jadian dengan si manis‘‘.

Baca Juga: Sering Muncul, Sayangnya 9 Gejala Kanker Serviks Ini Tidak Disadari

10. Kesemutan pada tangan maupun kaki

Muncul kesemutan di tangan dan kaki menjadi tanda awal diabetes .Foto:https://www.shutterstock.com/

Kesemutan pada tangan maupun kaki sering terjadi, hal ini dikarenakan terjadinya komplikasi berupa gangguan pada syaraf.

Diabetes melitus merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikelola dengan baik sehingga, tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Mengenali tanda awal kemungkinan seseorang terkena diabetes melitus membuat pengelolaan diabetes menjadi lebih baik. Kamu juga perlu melakukan pencegahan sejak dini agar terhindar dari diabetes melitus.

Ingin tahu lebih banyak soal diabetes? Langsung tanyakan kepada dokter terpercaya di Good Doctor, yuk langsung coba konsultasi.

Reference

Mayer-Davis EJ, Lawrence JM, Dabelea D, et al.; SEARCH for Diabetes in Youth Study. Incidence trends of type 1 and type 2 diabetes among youths, 2002–2012. N Engl J Med 2017; 376:1419–1429

Arslanian S, Bacha F, Grey M, Marcus MD, White NH, Zeitler P. Evaluation and management of youth-onset type 2 diabetes: a position statementby the American Diabetes Association. Diabetes Care 2018;41:2648–2668

Medscape (2019) diakses 19 Oktober 2019. Type 2 Diabetes Mellitus.

Medical News Today (2018) diakses 19 Oktober 2019. What are the early signs of type 2 diabetes?

    register-docotr