Kamus Penyakit

Padangan Sering Buram? Hati-hati, Bisa Jadi Gejala Katarak

April 21, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Iqbal Adi Anugra
feature image

Katarak menyebabkan kebutaan pada mata. Tanpa adanya mata tentu kamu tidak dapat melihat yang ada di sekeliling. Karena itu, mari sekilas membahas tentang penyakit tersebut.

Katarak adalah perubahan pada lensa mata yang awalnya bewarna bening berubah menjadi warna keruh.

Warna keruh pada lensa mata bisa hanya sebagian bahkan jika sudah lama bisa mencapai total. Katarak identik dengan usia lansia, tapi jangan heran di usia muda juga dapat teserang katarak juga, lho! 

Faktor-faktor penyebab katarak

Katarak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa faktor genetik atau keturunan, cedera pada mata, pengidap kencing manis, dan darah tinggi, serta gaya hidup seperti merokok.

Karena katarak dapat menyebabkan kebutaan, maka penting untuk mengetahui gejala-gejala katarak sejak dini. Gejala-gejala yang muncul di antaranya adalah pandangan buram yang merupakan gejala awal pada katarak.

Berikut faktor-faktor penyebab yang dapat membuat pandangan buram.

  • Menumpuknya protein pada bagian lensa mata
  • Perubahan warna lensa mata berupa warna kekuningan sampai kecoklatan
  • Penglihatan ganda atau diplopia yaitu kelainan mata berupa pandangan ganda terhadap suatu objek,
  • Menurunnya kepekaan terhadap cahaya terutama cahaya yang terlalu terang bahkan cahaya terlalu redup.

Bagaimana cara untuk mengobati katarak?

Salah satu pengobatan katarak yakni melalui pembedahan dengan cara mengganti lensa yang keruh dengan lensa buatan yang jernih. Saat ini yang disarankan adalah operasi katarak modern karena merupakan operasi yang efektif dan hanya memerlukan waktu kurang dari satu jam.

Cegah katarak dengan konsumsi vitamin

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, Ophthalmology, and Archives of Ophthalmology menunjukkan vitamin yang mengandung lutein dan zeaxanthin dapat berperan dalam melawan radikal bebas.

Lutein dan zeaxanthin berkaitan dengan stres oksidatif dan kerusakan retina, sehingga dapat membantu dalam mencegah katarak.

Data katarak di Indonesia

Dikutip dari okezone.com data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan sekitar 250.000 penderita katarak yang tumbuh per tahun di Tanah Air. Dari jumlah tersebut, masih banyak sejumlah pasien yang belum mampu diobati.

Penduduk Indonesia memiliki kecenderungan menderita katarak 15 tahun lebih cepat dibandingkan penduduk di daerah subtropis. Sekitar 16%-22% penderita katarak yang dioperasi berusia di bawah 55 tahun.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

DIREKTORAT PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR.”http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/katarak-kenali-gejala-dininya.”01November2016.http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/katarak-kenali-gejala-dininya. 08 Agustus 28.

RI,KEMENKES.”yankes.depkes.go.id/read-nutrisi-untuk-menjaga-kesehatan-dua-bolamata-anda-4148.html.”09052018.yankes.depkes.go.id/read-nutrisi-untuk-menjaga-kesehatan-dua-bola-mata-anda-4148.html. 28 08 2019.

    register-docotr