Kamus Penyakit

Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Hati-hati Gejala Kanker Mulut

October 23, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tahukah kamu kalau kanker mulut merupakan satu dari sepuluh jenis kanker paling banyak menyerang manusia? Kanker mulut dapat menyerang bagian mulut seperti bibir, gusi, lidah, kerongkongan, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, dan bagian bawah mulut. 

Nah, salah satu gejala dari kanker mulut yang mungkin terdengar tidak asing adalah munculnya sariawan. Namun tidak berarti semua sariawan menandakan adanya penyakit kanker mulut. Lalu bagaimana cara membedakan sariawan biasa dengan sariawan gejala kanker mulut? 

Baca juga: 14 Obat Sariawan Alami yang Bisa Diracik Sendiri di Rumah, Ampuh Lho!  

Ciri-ciri sariawan gejala kanker mulut

Sariawan adalah luka kecil di dalam mulut yang sangat umum terjadi. Biasanya sariawan terjadi karena tergigit atau adanya kesalahan saat menyikat gigi dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun di sisi lain, sariawan juga adalah gejala dari kanker mulut. Berikut cara membedakannya. 

Waktu penyembuhan

Ciri paling utama dari sariawan sebagai gejala kanker mulut adalah sariawan yang sulit untuk sembuh. Jika pada sariawan biasa, lesi bisa hilang dalam waktu kurang lebih dua minggu, sariawan pada kanker mulut tidak akan kunjung sembuh meski sudah memakan waktu berminggu-minggu. 

Bentuk dan warna sariawan

Pada sariawan biasa, lesi biasanya berbentuk oval atau bulat dengan pinggiran yang berwarna merah. Sedangkan pada bagian tengah, lesi berwarna putih atau putih kekuningan dan terasa halus bila disentuh dengan lidah.

Lesi pada sariawan biasa juga umumnya muncul sesaat setelah ada cedera seperti tergigit saat makan. Sementara itu pada gejala kanker, lesi dapat berupa plak atau bercak berwarna putih yang muncul secara tiba-tiba.

Lesi juga bisa memiliki warna campuran antara putih dengan merah. Tekstur lesi akan terasa kasar, keras, dan tidak mudah terkikis. Sariawan juga mungkin berarah dan bentuknya menjadi berupa bintil-bintil. 

Sariawan diiringi gejala lain 

Pada kondisi sariawan biasa, sariawan akan terjadi tanpa gejala lain. Namun pada kondisi sariawan yang parah gejala seperti demam dan lemas mungkin terjadi.

Sedangkan pada penyakit kanker mulut biasanya gejala tidak hanya ditandai dengan kemunculan sariawan yang susah sembuh. Sariawan juga umumnya muncul bersama gejala kanker mulut lainnya, seperti: 

  • Kesulitan mengunyah atau menelan
  • Muncul benjolan atau area sakit di mulut, tenggorokan atau di bibir
  • Adanya bercak putih atau merah di mulut
  • Kesulitan menggerakkan lidah atau rahang
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Nyeri di area mulut termasuk bibir 
  • Gigi tanggal
  • Sakit telinga

Beberapa penyakit lain seperti alergi atau infeksi mungkin memiliki gejala yang mirip dengan kanker mulut. Untuk itu, segeralah konsultasikan kondisi kesehatanmu ke dokter bila menemukan sariawan yang tidak kunjung sembuh disertai gejala-gejala seperti di atas. 

Baca juga : 5 Jenis Obat Sariawan Anak yang Bisa Dibeli di Apotek, Ini Daftarnya!

Cara mencegah kanker mulut 

Faktanya, tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker mulut. Namun kamu dapat mengurangi risiko penyakit kanker mulut dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini. 

  • Jangan merokok atau berhenti merokok. Kalau kamu selama ini adalah seorang perokok, berhentilah secepat mungkin. Konsumsi tembakau, baik dengan cara dihisap atau dikunyah, akan membuat sel-sel di mulut terpapar bahan kimia berbahaya yang kemudian menyebabkan kanker.
  • Batasi jumlah konsumsi alkohol.  Konsumsi alkohol berlebih dapat mengiritasi sel-sel di mulut dan membuat mulut rentan terkena kanker. Untuk itu, selalu batasi jumlah alkohol yang kamu minum agar tubuh tidak gampang terkena penyakit. 
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan pada bibir. Ketika beraktivitas di luar ruangan pastikan kamu menggunakan topi yang dapat menutupi wajah dengan sempurna dari paparan sinar matahari. 
  • Kunjungi dokter gigi secara berkala. Selain untuk mengontrol kesehatan gigi, kunjungan rutin ke dokter gigi juga dapat membantumu memastikan kondisi kesehatan mulut secara keseluruhan. 

Itu dia beberapa tanda dari sariawan yang bisa jadi gejala dari penyakit kanker mulut. Perlu diingat, kanker mulut merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan karena bisa berakibat fatal sehingga deteksi dini sangatlah penting. 

Bila kamu mengalami sariawan yang tidak kunjung hilang dan terasa mengganggu, segeralah temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut . 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr