Kamus Penyakit

Jangan Sepelekan Sakit Kepala setelah Makan Daging, Simak Beberapa Penyebabnya

July 26, 2020 | Dani Kosasih
feature image

Sakit kepala setelah makan daging bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah zat tiramin yang terkandung dalam daging yang dapat memicu migrain dan sakit kepala karena tegang.

Jika kamu memiliki kondisi sakit kepala, maka tiramin akan semakin memperburuk kondisi sakit kepala kamu. Selain itu, zat tiramin yang terkandung dalam daging juga akan memperparah gejala sakit kepala yang kamu alami.

Penyebab sakit kepala setelah makan daging

Bila keluhan sakit kepala yang kamu alami muncul usai mengonsumsi daging, maka kemungkinan hal tersebut berkaitan dengan beberapa kondisi seperti:

Hipertensi

Sakit kepala setelah makan daging bisa terjadi karena kondisi hipertensi. Dalam beberapa studi, konsumsi daging merah mampu meningkatkan risiko tekanan darah yang dikaitkan dengan hipertensi.

Melansir laman everydayhealth.com Gang Liu dari departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health mengatakan bahwa mengonsumsi daging merah memiliki risiko lebih tinggi terhadap hipertensi dibandingkan daging ayam atau ikan.

“Konsumsi daging merah memiliki risiko lebih tinggi terhadap hipertensi dibandingkan mengonsumsi daging ayam atau ikan,” kata Gang.

Hematokromatosis

Hematokromatosis merupakan kondisi di mana tubuh menyerap terlalu banyak zat besi. Kelebihan zat besi yang diserap ini disimpan di beberapa organ terutama hati, jantung, dan pankreas. Hematokromatosis membuat kepala terasa pusing dan sakit.

Sedangkan daging mengandung zat besi yang cukup tinggi. Jika kamu terlalu sering mengonsumsi daging, ada kemungkinan risiko sakit kepala yang kamu alami adalah karena kamu mengalami hematokromatosis.

Sebuah penelitian yang melibatkan 51.272 orang menunjukkan bahwa 80 persen wanita mengalami sakit kepala akibat kelebihan zat besi.

Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia merupakan kondisi tingginya kadar kolesterol dalam darah. Hiperkolesterolemia dianggap cukup berbahaya karena mampu memicu penyakit jantung koroner.

Salah satu penyebab hiperkolesterolemia adalah konsumsi makanan yang tinggi kolesterol seperti daging dan sakit kepala juga merupakan salah satu gejalanya.

Jadi, jika kamu sakit kepala setelah makan daging, ada kemungkinan kamu mengalami hiperkolesterolemia.

Intoleransi tubuh pada makanan tertentu

Intoleransi dan alergi pada makanan merupakan kondisi yang berbeda meskipun memiliki gejala yang sedikit mirip. Apabila kamu mengalami sakit kepala setelah makan daging, maka kemungkinan kamu mengalami intoleransi pada daging.

Menurut sebuah penelitian diperkirakan hingga 20 persen populasi di dunia mengalami kondisi intolernasi pada makanan.

Kondisi intoleransi pada makanan ini memiliki gejala yang biasanya muncul beberapa jam setelah mengonsumsi makanan yang tidak kamu toleran, salah satunya seperti daging.

Gejala paling umum akibat intoleransi makanan hampir selalu bersifat pencernaan. Namun, dalam beberapa kasus, gejala yang dapat muncul juga berupa sakit kepala setelah makan.

Alergi pada makanan

Alergi makanan adalah suatu kondisi di mana makanan tertentu memicu respon imun abnormal. Salah satu kondisinya adalah reaksi sakit kepala setelah makan daging.

Selain intoleransi tubuh pada makanan, jika kamu mengalami sakit kepala setelah makan daging, bisa jadi kamu juga memiliki kondisi alergi pada daging.

Pada banyak kasus, alergi makanan selalu membawa gejala yang mirip dengan rinitis alergi, seperti bersin atau pilek. Namun faktanya, alergi makanan juga dapat menyebabkan sejumlah reaksi, termasuk sakit kepala.

Jika kamu mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi daging, maka kemungkinan kamu memiliki alergi terhadap daging dan tidak menyadari bahwa kamu memiliki alergi tersebut.

Reaksi nitrit pada daging olahan

Apabila kamu mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi daging olahan, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh reaksi nitrit yang terkandung dalam daging olahan tersebut.

Biasanya nitrit digunakan sebagai pengawet pada daging olahan seperti sosis atau bacon. Reaksi nitrit ini dapat melebarkan pembuluh darah dan memicu sakit kepala setelah mengonsumsinya.

Menurut American Headache Society banyak orang memiliki intoleransi terhadap zat tertentu seperti nitrit pada daging olahan hingga memicu sakit kepala.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. livestrong.com. Diakses 22 Juli 2020. https://www.livestrong.com/article/485021-headaches-from-eating-meat/

2. healthline.com (2019). Diakses 22 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/headache-after-eating#outlook

3. healthline.com (2017). Diakses 22 Juli 2020. https://www.healthline.com/nutrition/common-food-allergies#section1

4. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2014). Diakses 22 Juli 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23229594/

5. ncbi.nlm.nih.gov (2009). Diakses 22 Juli 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2695393/

6. firstaidcprvictoria.ca. Diakses 22 Juli 2020. https://firstaidcprvictoria.ca/why-do-i-have-a-headache-after-eating-meat/

7. everydayhealth.com (2018). Diakses 22 Juli 2020. https://www.everydayhealth.com/headache-pictures/8-foods-that-trigger-headaches.aspx#:~:text=Processed%20Meats%20May%20Cause%20Headaches%20After%20Eating&text=%22There%20are%20no%20good%20studies,after%20eating%20in%20some%20people.

8. austinpublishinggroup.com (2015). Diakses 22 Juli 2020. https://austinpublishinggroup.com/pulmonary-respiratory-medicine/fulltext/ajprm-v2-id1019.php#:~:text=In%20many%20clinical%20studies%2C%20red,recently%20linked%20to%20cardiovascular%20disease.

9. everydayhealth.com (2018). Diakses 22 Juli 2020. https://www.everydayhealth.com/hypertension/diet/high-grilled-meat-intake-may-up-risk-high-blood-pressure/

10. mayoclinic.org. Diakses 22 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemochromatosis/symptoms-causes/syc-20351443

11. researchgate.net. Diakses 22 Juli 2020. https://www.researchgate.net/publication/11266673_High_headache_prevalence_among_women_with_hemochromatosis_The_Nord-Trondelag_Health_Study#:~:text=Phenotypic%20hemochromatosis%20and%20the%20C282Y,headache%20by%20disturbing%20neuronal%20function.

12. news-medical.net. Diakses 22 Juli 2020. https://www.news-medical.net/health/What-is-Hypercholesterolemia.aspx

13. health.harvard.edu (2019). Diakses 22 Juli 2020. https://www.health.harvard.edu/a_to_z/high-cholesterol-hypercholesterolemia-a-to-z

14. healthline.com (2019). Diakses 22 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/blood-pressure-after-eating

    register-docotr