Kamus Penyakit

Jangan Sampai Keliru! Inilah Perbedaan Maag dan Asam Lambung

June 18, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Seringkali orang menyangka bahwa kedua penyakit ini adalah penyakit yang sama. Ternyata maag dan asam lambung berbeda lho. Agar tidak keliru, berikut penjelasan mengenai perbedaan maag dan asam lambung.

Perbedaan maag dan asam lambung

Meski memiliki gejala yang hampir sama, ternyata kedua penyakit ini memiliki kondisi yang berbeda lho. Berikut beberapa perbedaan maag dan asam lambung, antara lain:

Pengertian penyakit maag dan asam lambung

Perbedaan maag dan asam lambung, maag merupakan kondisi di mana ketika volume lapisan lendir tebal yang melindungi lambung mengalami penurunan, sehingga asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi perut.

Penyakit asam lambung merupakan kondisi di mana ketika asam yang diproduksi oleh lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti dada yang sakit sampai mulas. 

Gejala penyakit maag dan asam lambung

Berikut beberapa gejala yang antara penyakit maag dan asam lambung antara lain:

Maag

  • Biasanya akan mengalami radang perut.
  • Merasakan mual dan muntah.
  • Terjadinya gangguan pencernaan.
  • Perut terasa kembung dan sakit.
  • Perasaan terbakar saat waktu makan atau malam hari.
  • Cegukan.
  • Lebih parahnya lagi akan keluar darah saat buang air besar.

Asam lambung

  • Rasa asam di dalam mulut.
  • Mengalami batuk kering.
  • Merasakan sakit tenggorokan.
  • Akan merasakan kesulitan menelan.
  • Masing sering merasa lapar meski sudah kenyang.
  • Akan merasakan dada seperti terbakar.
  • Penyebab penyakit maag dan asam lambung

Penyebab penyakit maag dan asam lambung

Beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit maag dan asam lambung, antara lain:

Maag

Sakit maag terjadi ketika lapisan perut mengalami luka dan kondisi ini bisa diperburuk dengan asam lambung.

Tidak hanya itu saja, peyebab maag lainnya adalah iritasi pada lambung karena gangguan muntah kronis, penggunaan alkohol berlebihan, stres, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Maag juga dapat disebabkan oleh bakteri dan infeksi, seperti refluks empedu, infeksi bakteri H. pylori, dan anemia pernisiosa. Bahkan jika terus dibiarkan dapat menyebabkan kanker perut.

Asam lambung

Penyakit asam lambung disebabkan oleh asam lambung itu sendiri. Di mana asam lambung keluar dari perut dan masuk ke kerongkongan. Penyebab utamanya adalah bakteri H. pylori. 

Bakteri ini dapat hidup dan berkembang biak pada lapisan mukosa yang berguna untuk melindungi jaringan pelapis lambung dan usus kecil.

Hal ini dapat terjadi karena pelapis lambung tersebut semakin sedikit, bakteri dengan mudah menyerang dan menimbulkan penyakit.

Makanan penyebab maag dan asam lambung tinggi

Selain beberapa penyebab yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa makanan penyebab yang memicu penyakit maag dan asam lambung yang tinggi, antara lain:

Junk food

Meski rasanya nikmat, tetapi makanan yang satu ini membahayakan kesehatan kita lho. Salah satu penyakit yang ditimbulkan dari makan junk food adalah sakit maag dan asam lambung.

Kandungan lemak yang tinggi pada junk food dapat membuat asam lambung kamu meningkat.

Makanan pedas

Meski makan dengan makanan pedas menggugah selera, ternyata makanan pedas menjadi pemicu timbulnya penyakit maag lho. Makan pedas dapat menambah tumpukan asam yang menyebabkan naiknya asam lambung.

Gorengan

Gorengan mengandung banyak lemak jenuh yang bisa menimbukan sakit maag. Makanan yang mengandung banyak lemak juga lebih susah dicerna sehingga akan menumpuk di lambung dan usus yang dapat menyebabkan sakit maag.

Cokelat

Cokelat mengandung kafein yang merupakan salah satu pemicu munculnya sakit maag karena dapat meningkatkan kadar asam lambung. Jadi sebaiknya kamu mengonsumsi cokelat jangan terlalu berlebihan ya.

Makanan asam

Sebaiknya kamu menghindari makanan yang asam agar terhindar dari penyakit asam lambung dan maag. Kamu juga sebaiknya hindari buah asam seperti nanas karena memiliki kandungan alkohol yang dapat memicu asam lambung meningkat.

Daging merah

Sebaiknya kamu jangan terlalu banyak mengonsumsi banyak daging merah. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang tinggi yang menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr