Kamus Penyakit

Jangan Sepelekan, Inilah Penyebab Sakit Punggung yang Bisa Jadi Masalah Kesehatan Serius

July 21, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Jika kamu sering mengalami sakit punggung, ini bisa menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Agar tidak terlambat mengetahuinya, berikut ini adalah penyebab sakit punggung yang sering terjadi. Apa saja?

Baca Juga: Berikut 10 Makanan Pencegah Sakit Punggung yang Perlu Kamu Tahu Khasiatnya

Penyebab sakit punggung

Ketika nyeri punggung melanda, membuat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Inilah beberapa penyebab nyeri punggung yang bisa menjadi masalah serius, antara lain:

Posisi duduk yang tidak tepat

Penyebab sakit punggung biasanya dikarenakan posisi duduk yang kurang tepat. Misalnya kamu duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Bayangkan bila posisi duduk kamu tidak tepat maka otot tubuh akan bekerja lebih keras.

Posisi duduk yang tidak tepat dapat menimbulkan tekanan berlebihan pada tulang dan sendi di bagian punggung dan pinggang, sehingga menyebabkan nyeri punggung.

penyebab sakit punggung
Kondisi punggung yang sakit. Foto: https://redefinehealthcare.com

Kurang olahraga

Jika kamu kurang berolahraga dapat membuat otot tubuh menjadi lemah, sehingga tidak mampu menopang tubuh dengan baik. Hal ini menyebabkan tubuh akan mudah merasakan sakit punggung, baik sakit punggung atas maupun bawah.

Penyebab sakit punggung yakni stres

Penyebab sakit punggung lainnya juga dapat disebabkan karena kamu sedang mengalami stres. Ketika kamu stres, otot pada leher belakang dan pundak akan menegang hingga menyebabkan rasa sakit. 

Apalagi ditambah jika tubuh kamu terlalu lelah dengan aktivitas, rasa nyeri tersebut akan dengan cepat menjalar ke bagian punggung kamu. 

Tempat tidur yang kurang tepat

Pemilihan tempat tidur yang kurang tepat bisa jadi penyebab sakit punggung. Hal ini dikarenakan kasur tersebut tidak dapat menahan struktur tulang belakang dengan baik.

Radang sendi bisa jadi penyebab sakit punggung

Biasanya rasa sakit di punggung yang datang juga disebabkan oleh gangguan pada sendi. Maka dari itu, kamu harus waspada jika terjadi terus-menerus, karena bisa jadi itu merupakan gejala radang sendi. 

Jika rasa sakit tersebut tak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter untuk mendeteksi dan ditangani sedini mungkin agar tidak semakin parah.

Tumor tulang belakang

Mungkin ada beberapa orang yang tidak bisa mengatasi nyeri punggung dengan mengatur posisi sehingga akan terus terasa nyeri sepanjang malam. Jika hal tersebut terjadi, waspadai kemungkinan adanya tumor di tulang belakang atau infeksi pada tulang belakang.

Serangan jantung

Penyebab sakit punggung yang lebih serius terjadi saat kamu merasakan nyeri pada punggung dan terjadi secara tiba-tiba bisa jadi tanda serangan jantung. 

Segeralah periksakan ke dokter jika kamu mengalami nyeri punggung yang menjalar dari dada hingga ke punggung dan disertai sesak napas, mual, nyeri di rahang, dan rasa kelelahan yang luar biasa.

Penyebab sakit punggung seperti cidera otot

Cidera otot atau ligamen yang dikaitkan dengan otot punggung bisa menjadi penyebab sakit punggung yang utama.

Kamu akan merasakan sakit yang menyebar lebih banyak di sekitar tulang belakang dan otot-otot punggung menyebabkan sakit punggung yang tak tertahankan.

Baca Juga: Awas, Kelamaan Kerja Depan Komputer Sebabkan Sakit Punggung Belakang

Cara mengatasi sakit punggung

Sebelum kamu mengatasinya secara medis, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi sakit punggung, antara lain seperti:

Kompres es dan air hangat

Mengompres es secara teratur pada bagian punggung yang sakit dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. 

Caranya bungkus kompres es dengan handuk tipis untuk melindungi kulit kamu. Setelah beberapa hari, ganti menjadi kompres air hangat. Kompres air hangat dapat membantu mengendurkan otot dan meningkatkan aliran darah ke area yang sakit. Lakukan cara ini selama 20 menit setiap kali.

Ubah posisi tidur yang baik

Posisi tidur yang buruk juga dapat memperparah nyeri punggung. Cobalah berbaring miring, kemudian tempatkan bantal di antara lutut untuk menjaga tulang belakang 

Jika kamu tidur dalam posisi netral akan meredakan ketegangan di punggung. Jika kamu tidur telentang, geser bantal ke bawah lutut. Pastikan untuk tidur di kasur yang nyaman.

Rutin berolahraga

Selain olahraga baik untuk kesehatan, ternyata dengan melakukan olahraga kau dapat memperbaiki kesehatan punggung. Kamu bisa melakukan olahraga seperti yoga, pilates, berenang, berjalan kaki, dan bersepeda. Hindari olahraga yang banyak membuat tubuh membungkuk.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. mayoclinic.org (2018) diakses 15 Juli 2020. Back pain. 15 Juli 2020 pukul 20.30.
  2. medicalnewstoday.com (2017) diakses 15 Juli 2020. What is causing this pain in my back?. 15 Juli 2020 pukul 21.20.
  3. spine-health.com (2020) diakses 15 Juli 2020. 7 Ways to Relieve Back Pain Naturally. 15 Juli 2020 pukul 21.45.
    register-docotr