Kamus Penyakit

Jangan Dianggap Sepele, Kenali Penyebab Lidah Putih!

June 29, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Lidah merupakan salah satu bagian organ tubuh yang sering dilupakan kesehatannya. Padahal sadarkah kamu bahwa beberapa orang memiliki lidah berwarna putih? Nah walaupun tidak berbahaya, kamu wajib tahu ternyata ini penyebab lidah putih. 

Lidah berwarna putih 

Dilansir dari healthline.com, lidah putih mengacu pada lapisan lidah kamu. Kondisi ini bisa membuat seluruh lidah kamu berubah menjadi putih, atau bisa saja memiliki bintik-bintik putih serta bercak pada lapisan lidah..

Walaupun lidah putih biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi ada kemungkinan menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius seperti adanya infeksi atau kanker.

Hal itu menjadi alasan penting untuk kamu tetap memperhatikan tiap perubahan atau timbulnya gejala lain. 

Baca juga: Jangan Diabaikan! Inilah Seluk Beluk Penyakit Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai

Penyebab lidah putih 

Penjelasan dari healthline.com, lidah putih memang sering dikaitkan dengan kebersihan mulut. Lidah bisa memutih ketika timbulnya sebuah benjolan kecil atau disebut papilla yang membengkak atau meradang.

Bakteri, jamur, kotoran, makanan, dan sel-sel mati semuanya bisa terperangkap di antara papilla yang membesar tersebut. Kotoran-kotoran mulut yang terkumpul inilah akan membuat lidah menjadi berubah warna putih.

Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab lidah putih: 

1. Dehidrasi

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan lidah berwarna putih yaitu ketika kamu mengalami dehidrasi. Kondisi ini di mana tubuh mengalami lebih banyak cairan keluar daripada masuk. 

Tak melulu karena kekurangan minum air putih, dehidrasi bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti diare, muntah, berkeringat, dan diabetes.

Perlu kamu ketahui bahwa tingkat dehidrasi rendah bahkan dapat menyebabkan sakit kepala, lesu, dan sembelit. 

2. Mulut kering

Kondisi ini juga sering disebut dengan istilah xerostomia. Mulut kering ini disebabkan karena kelenjar ludah di mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah. 

Pada umumnya kamu yang mengalami mulut kering seperti ini bisa karena banyak faktor seperti sedang mengonsumsi obat-obatan, usia, tembakau serta dehidrasi. Tentu saja hal ini bisa menjadi penyebab lidah putih. 

Gejala lain dari mulut kering biasanya kamu mengalami bau mulut, sariawan, dan rasa sakit di bagian lidah. 

3. Sariawan

Sariawan pada mulut disebabkan karena adanya infeksi jamur oleh ragi Candida. Sariawan oral ini menyebabkan timbulnya bercak berwarna putih yang berkembang pada mulut. 

Jika kamu mengalami hal seperti ini sebaiknya segera diobati atau konsultasi dengan dokter. Kamu juga ada kemungkinan mengalami rasa sakit saat makan atau minum loh. 

Sariawan oral dapat disebabkan oleh penggunaan kortikosteroid inhalasi untuk mengobati penyakit asma. Namun kondisi tertentu juga meningkatkan risiko infeksi, termasuk diabetes.

4. Leukoplakia

Kondisi ini menyebabkan bercak putih terbentuk di bagian dalam pipi, sepanjang gusi, dan kadang-kadang ada pada bagian lidahmu. Kamu bisa mendapatkan leukoplakia jika aktif merokok atau mengunyah tembakau. 

Tak hanya itu saja, kamu yang berlebihan dalam mengonsumsi alkohol juga bisa menjadi penyebabnya. Bercak putih biasanya tidak berbahaya. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, leukoplakia dapat berkembang menjadi kanker mulut.

5. Sifilis 

Sifilis ini merupakan salah satu jenis penyakit akibat hubungan seksual yang menular, biasanya terjadi ketika kamu melakukan hubungan seks melalui mulut. 

Biasanya lidah akan berubah menjadi warna putih setelah 10 hari hingga 3 bulan kamu terinfeksi bakteri. Selain lidah putih, penderita sifilis juga akan mengalami beberapa gejala lain seperti sakit kepala, nyeri sendi, demam, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening

Cara mengatasi lidah putih 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan membersihkan lidah. Mengerik lidah secara lembut dari arah belakang ke depan. 

Cara tersebut juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri dan kotoran yang mengendap di mulut. 

Alatnya pun cukup mudah kamu temukan, saat ini sudah ada beberapa produk sikat gigi juga menyertakan komponen pembersih lidah loh.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. mayoclinic.org (2018) diakses 23 Juni 2020. White tongue
  2. healthline.com (2019) diakses 23 Juni 2020. What Causes a White Tongue and How to Treat It
  3. nhs.uk (2020) diakses 23 Juni 2020. Sore or white tongue

 

    register-docotr