Kamus Penyakit

Sering Disepelekan, Ini Faktor-faktor Penyebab Kanker Otak

May 3, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kanker otak adalah pertumbuhan sel tidak normal (tumor) pada otak yang bersifat ganas. Lalu apa penyebab kanker otak sendiri?

Pada dasarnya, kanker adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan di dalam tubuh. Bisa menyebabkan kematian, ternyata beberapa penyebabnya seringkali kita temui.

Baca juga: ‘Saya Sering Sakit Kepala Berat, Apakah Ini Kanker Otak?’ Kenali Gejalanya di Sini

Mengenal penyakit kanker otak

Banyak orang mengenal kanker sebagai tumor, padahal perlu kamu ketahui bahwa tidak semua jenis tumor adalah kanker. Tumor sendiri dibagi menjadi 2 bagian, ada tumor jinak dan tumor ganas. Kanker sendiri merupakan istilah untuk jenis tumor ganas.

Sama seperti kanker otak, penyakit ini disebabkan karena tumbuhnya tumor ganas dalam otak. Tumor ganas penyebab kanker otak ini tentunya dapat menyebar secara tidak terkendali ke bagian tubuh dekat otak dan mengambil tempat, darah dan juga nutrisi yang ada di jaringan tersebut.

Terjadinya kanker otak sendiri karena berubahnya salah satu tipe sel dari karakteristik normalnya.

Penyebab kanker otak

Penyakit mematikan, kanker otak tak memandang usia maupun jenis kelamin. Kamu perlu sekali berhati-hati dan lebih waspada terhadap beberapa penyebabnya ya.

Berikut ini sejumlah faktor kuat yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit kanker otak:

1. Kepala yang terkena radiasi

penyebab kanker otak
Radiasi CT scan. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Kamu yang pernah terkena paparan radiasi seperti radioterapi atau CT scan sebaiknya lebih berhati-hati, ya. Hal itu ternyata menyebabkan seseorang lebih berisiko menderita kanker otak, terutama glioma ganas.

2. Penyakit genetik

Kamu yang memiliki penyakit genetik, seperti sindrom Gorlin, sindrom Turner, Von Hippel-Lindau, Li-Fraumani, tuberous sclerosis, atau neurofibromatosis tipe 1 dan 2 bisa menjadi penyebab kanker otak.

Tak hanya itu saja, jika keluarga kamu memiliki riwayat kanker sebaiknya kamu lebih menjaga pola hidup sehat dan rajin melakukan konsultasi dengan dokter ya.

3. Menderita obesitas

Obesitas adalah suatu kondisi di mana berat badan seseorang berlebihan yaitu indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 30. Hal tersebut sangat meningkatkan risiko terjadinya beberapa jenis kanker otak.

4. Kebiasaan merokok

International Agency for Research into Cancer (IARC) telah menyatakan bahwa asap rokok ternyata mengandung lebih dari 70 zat kimia yang dapat menyebabkan kanker. 

5. Polusi dan pencemaran lingkungan

Kamu yang tinggal di daerah dengan polusi dan pencemaran lingkungan yang tinggi juga sebaiknya hati-hati. Tak hanya mengganggu sistem pernapasan, hal ini juga dapat memicu timbulnya kanker otak secara cepat.

Jenis-jenis kanker otak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kanker otak berasal dari jenis tumor yang sudah ganas. Lalu apa saja jenis-jenis tumor otak? Dilansir Mayo Clinic, terdapat beberapa jenis tumor otak yaitu:

1. Tumor otak metastasis atau sekunder

Tumor otak jenis ini berasal dari kanker di bagian lain tubuh dan akan menyebar ke bagian otak.

2. Tumor otak primer

kanker otak
Jenis kanker otak. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Tumor otak primer mulai terjadi ketika sel-sel normal mengalami kesalahan mutasi dalam DNA mereka. Mutasi ini memungkinkan sel untuk tumbuh dan membelah dengan laju yang meningkat sehingga sel yang sehat akan mati.

Ketika hal tersebut sudah terjadi, hasilnya akan membentuk sel abnormal yang membentuk tumor. Berikut beberapa jenis lainnya tumor otak primer:

Glioma

Tumor jenis ini akan dimulai dari otak atau sumsum tulang belakang dan termasuk astrositoma, ependymoma, glioblastoma, oligoastrocytomas, serta oligodendroglioma.

Meningioma

Tumor ini muncul dari selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang atau meninges.

Neuroma akustik atau schwannomas

Berbeda dengan tumor lainnya, tumor jenis ini tergolong jinak yang berkembang pada saraf. Tumor ini mengontrol keseimbangan dan pendengaran yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak.

Adenoma hipofisis

Sama dengan jenis tumor neuroma akustik, termasuk tumor jinak yang berkembang di kelenjar hipofisis di dasar otak. Namun dapat menganggu hormon hipofisis dengan efek di seluruh bagian tubuh.

Medulloblastomas

jenis kanker otak
Jenis kanker otak. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Seperti kita ketahui bahwa kanker tidak memandang usia, salah satunya adalah tumor otak kanker jenis ini paling umum menyerang anak-anak. Walaupun jarang menyerang golongan orang dewasa, tapi bisa saja terjadi.

Tumor ini dimulai di bagian belakang bawah otak dan cenderung menyebar melalui cairan tulang belakang.

Tumor sel germinal

Jenis ini dapat berkembang selama masa kanak-kanak di mana testis atau ovarium akan terbentuk dan mempengaruhi bagian lain dari tubuh, seperti otak.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. who.int (2018) diakses 29 April 2020. Cancer
  2. webmd.com (2019) diakses 29 April 2020. Brain Cancer
  3. mayoclinic.org (2019) diakses 29 April 2020. Brain Tumor
  4. healthline.com (2016) diakses 29 Apri 2020. Brain Cancer
  5. cancer.gov (2017) diakses 29 April 2020. Tobacco
    register-docotr