Kamus Penyakit

Hati-hati! Inilah Berbagai Penyebab Kanker Kulit yang Harus Kamu Waspadai

August 30, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kanker kulit merupakan permasalahan serius yang seringkali terjadi. Kanker kulit biasanya menyerang sel kulit yang terpapar sinar matahari. Untuk itu, mari kita pahami penyebab kanker kulit berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Melanoma, Salah Satu Jenis Kanker Kulit Serius

Penyebab kanker kulit

Penyebab kanker kulit paling umum disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Sinar UV ini dapat menyebabkan rusaknya sel pada kulit, hingga menimbulkan kanker kulit.

Berikut adalah penyebab kanker kulit, antara lain:

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dapat menyebabkan kulit terbakar, hal tersebut bisa memicu timbulnya kanker kulit di tubuh seseorang.

Selain itu, orang yang sering terpapar sinar matahari terutama yang tidak menggunakan tabir surya, lebih berisiko terkena kanker kulit. Kondisi ini seringkali terjadi pada orang yang tinggal di daerah beriklim tropis atau dataran tinggi.

Usia

Bertambahnya usia, ternyata memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Hal ini terjadi karena akumulasi dari paparan sinar matahari yang terkena lebih banyak dibandingkan dengan usia yang lebih muda.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah memiliki risiko lebih besar terkena kanker kulit. Kondisi ini termasuk orang yang hidup dengan HIV/AIDS dan orang yang memakai obat penekan kekebalan setelah transplantasi organ.

Kulit putih

Pada dasarnya kanker kulit dapat menyerang tiap orang terlepas dari warna kulitnya. Namun, orang berkulit putih memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit, sehingga perlindungan terhadap sinar ultraviolet lebih lemah.

Jika kulit kamu terbakar sinar matahari dengan mudah, maka kamu kemungkinan akan lebih mudah untuk terkena kanker kulit daripada orang dengan kulit yang lebih gelap.

Riwayat keluarga

Kanker kulit juga bisa disebabkan oleh faktor riwayat keluarga, misalnya orang tua atau saudara kandung yang menderita kanker kulit. Selain riwayat keluarga, kanker kulit juga bisa kembali menyerang apabila kamu sendiri memiliki riwayat penyakit ini.

Iklim

Kanker kulit juga lebih berisiko terhadap orang yang tinggal di iklim cerah dan terpapar lebih banyak sinar matahari, daripada orang-orang yang tinggal di daerah beriklim lebih dingin.

Selain itu, hidup di tempat yang lebih tinggi, tempat sinar matahari paling kuat, juga membuat kamu terkena radiasi matahari lebih banyak.

Pengobatan kanker kulit

Secara umum, pengobatan kanker kulit tergantung pada jenis kanker yang diderita. Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker kulit, antara lain:

Operasi

Operasi pembedahan dilakukan untuk mengangkat jaringan abnormal pada kulit dan mengangkat sel kanker dan mencegahnya agar tak menyebar. Pembedahan ini dikenal dengan nama eksisi.

Pada pembedahan eksisi, tak jarang prosedur pencangkokan kulit akan direkomendasikan, terutama jika pembedahan tersebut meninggalkan bekas luka.  

Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan cara menggunakan obat untuk membunuh sel kanker. Namun pengobatan hanya terbatas pada lapisan kulit atas menggunakan krim atau lotion yang mengandung agen anti-kanker.

Ada juga pengobatan kemoterapi sistemik yang digunakan untuk mengobati kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Operasi eksisi

Operasi ini dilakukan untuk memotong lapisan kulit atau bagian kulit yang terserang kanker. Pada beberapa kasus, operasi eksisi dapat direkomendasikan untuk menghilangkan kulit normal di sekitar tumor.

Terapi biologis

Terapi biologis ini dilakukan dengan cara memberikan obat atau zat yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker.

Operasi mohs

Operasi ini dilakukan untuk mengatasi kanker kulit yang lebih besar, berulang atau sulit diobati, seperti karsinoma sel basal dan skuamosa. 

Selama operasi mohs ini, dokter akan menghapus lapisan pertumbuhan kulit, memeriksa setiap lapisan di bawah mikroskop, sampai tidak ada sel abnormal yang tersisa.

Operasi mohs ini memungkinkan sel-sel kanker untuk dihapus tanpa mengambil jumlah berlebihan dari kulit sehat di sekitarnya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. mayoclinic.org (2019) diakses 27 Agustus 2020. Skin cancer. 27 Agustus 2020 pukul 18.00.
  2. webmd.com diakses 27 Agustus 2020. What Causes Skin Cancer?. 27 Agustus 2020 pukul 18.30.
  3. cancercenter.com diakses 27 Agustus 2020. Skin cancer. 27 Agustus 2020 pukul 19.00.
    register-docotr