Kamus Penyakit

Hati-hati! Konsumsi Makanan Ini, Bisa Jadi Penyebab Amandel Bengkak

July 14, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Makan dengan lahap bagi orang-orang yang memiliki penyakit amandel tentu agak sedikit sulit. Mereka harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman agar tidak terjadi peradangan. Lalu apa sebenarnya penyebab amandel bengkak?

Penyebab amandel bengkak

Dilansir dari Healthline, amandel adalah massa jaringan lunak berbentuk oval yang terletak di setiap sisi tenggorokan. Amandel adalah bagian dari sistem limfatik.

Sistem limfatik membantu kamu menghindari penyakit dan infeksi. Lebih tepatnya amandel berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke mulut.

Namun amandel dapat terinfeksi oleh virus dan bakteri. Ketika amandel memang sudah terinfeksi virus dan bakteri tersebut, pada umumnya kamu akan merasakan radang atau terjadinya pembengkakan pada bagian amandel. Amandel yang bengkak disebut juga sebagai tonsilitis.

Tonsilitis yang membengkak ini dikenal sebagai hipertrofi tonsil, dan dapat disebabkan oleh kondisi jangka panjang atau kronis yang mendasarinya.

Berikut ini beberapa penyebab amandel bengkak: 

1. Virus 

Penjelasan dari laman Healthline, bahwa amandel yang bengkak bisa juga disebabkan karena beberapa virus, seperti:

  • Adenovirus

Virus ini menyebabkan flu biasa, sakit tenggorokan, dan bronkitis.

  • Virus Epstein-Barr (EBV)

Virus Epstein-Barr menyebabkan mononukleosis. Penyakit ini menyebar melalui air liur yang terinfeksi.

  • Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1)

Virus ini juga disebut sebagai herpes oral. Kondisi ini dapat menyebabkan retak, lepuh yang terjadi pada bagian amandel.

  • Sitomegalovirus (CMV, HHV-5)

CMV adalah virus herpes yang biasanya tidak aktif di dalam tubuh. Virus ini dapat muncul pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan pada saat seorang wanita dalam masa kehamilannya.

  • Virus campak (rubeola)

Virus yang sangat menular ini mempengaruhi sistem pernapasan melalui saliva dan lendir yang terinfeksi.

2. Bakteri

Amandel yang bengkak juga bisa disebabkan oleh beberapa strain bakteri. Jenis bakteri yang paling umum yang menyebabkan tonsil bengkak adalah Streptococcus pyogenes (streptokokus grup A).

Ini adalah bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Sekitar 15 hingga 30 persen dari semua kasus tonsilitis disebabkan oleh bakteri.

Baca juga: Kamu Sakit Tenggorokan, Bisa Jadi Itu Ciri-ciri Radang Amandel

3. Asam lambung 

Perlu kamu ketahui bahwa makanan yang kamu konsumsi, akan masuk melalui tenggorokan untuk menuju ke bagian lambung. Tentu saja hal tersebut harus melewati suatu tabung panjang yang menjadi penghubung dan dinamakan sebagai kerongkongan. 

Otot berupa katup pada bagian kerongkongan ini yang mencegah agar tidak terjadi arus balik pada makanan dari lambung ke tenggorokan. Namun pada beberapa kasus, sebagian orang mengalami katup pada otot kerongkongan ini tidak bekerja dengan baik. 

Kondisi ini yang lebih dikenal sebagai penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). 

4. Alergi

Kamu yang memiliki alergi pada debu dan polusi juga bisa menjadi salah satu penyebab amandel bengkak. Hal tersebut terjadi karena kedua faktor itu dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di tenggorokan. 

Walaupun terkadang hal ini tidak terlalu mempengaruhi amandel hingga sakit serius, namun iritasi yang terjadi bersama alergi tersebut dapat memicu terjadinya peradangan di bagian pernapasan, kerongkonan hingga amandel bengkak. 

5. Radang tenggorokan 

Tentu saja semua orang pasti pernah mengalami sakit radang tenggorokan. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi bakteri. 

Pada umumnya ketika amandel kamu bengkak akan merasakan sulit menelan, sulit membuka mulut dan mengalami bau mulut. 

Jika kamu mengalami hal ini sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter. Ketika mengalami radang tenggorokan, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan. 

Tak hanya itu saja dokter juga dapat menyarankan operasi pengangkatan amandel, tapi hal itu dilakukan bila infeksi sangat parah, sering kambuh, atau menimbulkan gangguan pernapasan pada anak.

6. Makanan pedas 

Sering disepelekan oleh sebagian besar para pecinta makanan pedas, ternyata hal ini dapat menyebabkan amandelmu bengkak lho. Perlu kamu ketahui bahwa tak hanya makanan saja, beberapa rempah yang menjadi pantangan amandel sebaiknya juga dihindari.

Sebagai salah satu cara alternatifnya kamu bisa menambahkan jahe sebagai penambah rasa pada masakan rumah. Tak hanya itu saja, bawang putih juga baik untuk radang tenggorokan dan amandel. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2018) diakses 9 Juli 2020. Tonsillitis
  2. Healthline.com (2019) diakses 9 Juli 2020. Everything You Want to Know About Swollen Tonsils
  3. Healthline.com (2019) diakses 9 Juli 2020. Everything You Need to Know About Tonsillitis
  4. Webmd.com (2019) diakses 9 Juli 2020. Tonsillitis

 

    register-docotr